Alat

Akuarium Kaca Vs Akrilik, Mana yang Paling Bagus Buat Aquascape?

harga Akuarium Kaca vs Akrilik

Akuarium Kaca Vs Akrilik, Mana yang paling bagus Buat Aquascape. Saat ini ada dua jenis tangki akuarium yang banyak beredar dipasran. Yaitu tangki akuarium berbahan kaca dan berbahan akrilik. Masing-masing akuarium ini mempunyai kelebihan dan kekurangan sendiri. berikut ini adalah uraian singkatnya:


 

Ketahanan Gores Akuarium Kaca Vs Akrilik

  • Kaca:

Kaca sangat sulit tergores. Gores kaca biasanya membutuhkan bahan yang relatif keras dan tekanan yang cukup besar. Anda dapat menggores kaca jika Anda mengambil sepotong kerikil akuarium atau batu yang tidak dilapisi dan menggosoknya ke kaca, atau jika Anda mengambil sepotong logam dan dengan sengaja menggaruknya. Namun ini tidak mungkin.

  • Akrilik:

Akrilik sangat mudah tergores. Tangki dapat tergores oleh seseorang yang menyikatnya dengan pakaian, perhiasan, dompet, tas punggung, atau tas ketika berjalan santai melewatinya di toko, dan tangki dapat dengan mudah tergores ketika orang bergerak, memuat, atau menurunkannya.

Baca Juga:  Jenis Filter Aquarium yang Ada di Pasaran dan Cara Memilihnya

Karena akrilik mudah tergores, sangat penting menggunakan scrubber alga yang aman saat membersihkan Aquarium Akrilik, dan pastikan Anda tidak mengambil kerikil akuarium di bantalan scrub secara tidak sengaja saat Anda menggunakannya.

Tentu saja, akrilik juga lebih mudah diperbaiki ketika tergores. Kit pemoles akrilik tersedia di banyak tempat, dan ini dapat digunakan untuk menghilangkan goresan di bagian luar tangki. Poles ini tidak boleh digunakan di bagian dalam akuarium, karena dapat meninggalkan residu beracun yang bisa membuat tangki tidak bisa dihuni.

 

Berat Jenis Akuarium Kaca Vs Akrilik

  • Kaca:

Kaca lebih padat dan karenanya lebih berat dari akrilik. Sebuah tangki kaca akan memiliki berat 4-10 kali lipat dari tangki akrilik dengan volume yang sama.

  • Akrilik:

Akuarium akrilik lebih ringan dari tangki kaca. Jika kita harus memindahkan tangki akrilik untuk beberapa alasan, akan jauh lebih mudah untuk dilakukan begitu air sudah habis.

Baca Juga:  Filter Canister, Mengenal Fungsi dan Cara Kerja Filter Tabung Canister

 

Pecah dan Retak

  • Kaca:

Kaca lebih mudah pecah jika terjadi benturan atau terjatuh. Namun hampir jarang terjadi insiden besar yang mampu memecahkan kaca jika tidak terjadi kelalaian atau ketidaksengajaan.

  • Akrilik:

Akrilik cukup tangguh jika terjadi benturan atau terjatuh. Namun akrilik juga mudah meninggalkan bekas jika tergores permukaannya.

 

Bentuk

  • Kaca

Kaca relatif kaku dan rapuh. Karena itu, sulit untuk membuat tangki ikan dari kaca yang tidak berbentuk persegi panjang. Tangki kaca yang melengkung memiliki kecenderungan untuk membelokkan cahaya, membuat benda-benda di sisi lain dari kaca melengkung tampak lebih besar atau lebih kecil dari yang sebenarnya. Namun, beberapa tangki kaca dengan sisi melengkung tersedia saat ini.

  • Akrilik

Akrilik mudah dibentuk dan dicetak menjadi beragam bentuk. Akrilik juga memiliki sedikit kecenderungan untuk mendistorsi hal-hal yang berada di belakang kurva. Karena dua faktor ini, akuarium akrilik tersedia dalam beragam bentuk.

Baca Juga:  Regulator CO2, Fungsi dan Panduan Membeli Regulator CO2

 

Kejernihan Akuarium Kaca Vs Akrilik

  • Kaca

Kaca mempertahankan kejernihannya dari waktu ke waktu. Bahkan kaca yang lama dan berkerak juga bisa dibersihkan untuk dibuat akuarium tapi harus dibersihkan dengan teiliti bahkan beberapa memerlukan cairan kimia khusus.

  • Akrilik

Banyak jenis akrilik akan menguning seiring bertambahnya usia, terutama jika disimpan di bawah sinar spektrum penuh atau terkena sinar matahari langsung. Ini adalah reaksi kimia normal pada bahan yang terbuat dari akrilik.

 

Untuk aquascape berkualitas tinggi lebih disarankan menggunakan aquarium kaca karena selain tampilannya yang jernis juga relatif tahan dari gores dan mudah dibersihkan. Apalagi saat ini juga mulai banyak bentuk akuarium dari kaca.

 

Incoming search terms:

aquarium kaca dan akrilik,lebih bagus aquarium kaca atau akrilik,aquarium arkilik bagus merk apa,Aquarium kaca vs,aquarium mika dan kaca,bikin akuarium yang bagus,kelebihan dan kekurangan aquarium akrilik dan kaca,kelebihan dan kelemahan aquarium akrilik
Show More

Aquatic ID

Aquatic ID merupakan situs rintisan yang berusaha memberikan informasi detail mengenai berbagai seluk beluk aquascape dan segala peralatan pendukungnya. Semoga memberi manfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detect

Kami tumbuh dan besar dari advertising, Mohon non aktifkan adblocker pada browser.