Aquascape

Aquarium Nano, Aquascape dalam Ekosistem Mini dan Seimbang

Mengenal Aquascape Tangki Nano dan Cara Perawatannya

Aquarium Nano, Aquascape dalam Ekosistem Mini dan Seimbang. Pernahkah kita memperhatikan akuarium kecil yang tampaknya memiliki dunia lain di dalamnya? Akuarium Nano merupakan akuarium komunitas invertebrata ikan yang kapasitasnya kurang dari 20 galon misalnya tank ukuran 40x24x24 cm.

Bagi orang-orang yang tertarik dengan aquascape dan kehidupan air, ini bisa menjadi tantangan menarik. Semakin kecil tangki semakin sulit untuk menjaga semuanya seimbang. Perubahan sekecil apa pun pada suhu atau senyawa kimia air dapat berpengaruh buruk terdapat perkembangan tanaman, ikan, atau bahkan tumbuhnya alga yang tidak terkendali.

Meskipun minimalis, berkat tangan-tangan terampil dalam memadukan unsur ikan, tanaman atau terumbu karang, tampilah akuarium kecil persis seperti memakai akuarium besar. Sudah begitu akuarium nano  mempunyai sejumlah keunggulan seperti mudah dipindahkan atau menjadi bagian interior meja.

Baca Juga:  Water Change Pada Aquascape, Manfaat dan Fungsi WC Rutin

 

Perawatan dan Teknologi Aquarium Nano

Sama dengan aquarium ukuran lainnya, aquascape nano tank juga bisa dilengkapi dengan teknologi terdepan untuk menjaga pertumbuhan ekosistem ikan, dan tanaman di dalamnya. Bagi pengguna aquascape, tank nano juga bisa dilengkapi dengan sistem filtrasi meskipun bentuknya kecil.

Biasanya sistem filtrasi tank nano membutuhkan sirkulasi aliran yang tidak terlalu kencang. Selain itu sistem lighting juga tersedia dengan beragam cahaya mulai dari low light hingga high lighting. Asupan carbon, terutama CO2 juga bisa diinjeksi dengan diffuser yang lebih kecil.

aquascape tangki nano

Satu hal lagi yang harus diperhatikan pada aquascape nano adalah perawatan untuk water change (WC) harus rutin dilakukan minimal semingu sekali dengan penggantian air minimal 20%.

Baca Juga:  Peralatan Aquascape Basic yang Wajib Dimiliki Aquascapper

 

Ikan dan Tanaman untuk Aquascape Nano Tank

Agar memperoleh komposisi yang tepat aquascape nano tank sebaiknya diiisi dengan ikan yang kecil, uadang, dan juga keong untuk kontrol alga. Invertebrata kecil ini penting untuk menjaga keseimbangan dimensi visual dari aquarium nano.

untuk tanaman, sebaiknya memilih tanaman yang mudah dirawat dan low maintenane. Tanaman karpet semacam sagitaria subulata, monte carlo, dan cuba juga cocok untuk aquascape nano.

Banyak penggemar akuarium yakin bahwa sistem biologis lebih stabil di tangki yang lebih besar. Karena itu, cukup sering, pemula diberikan saran untuk memulai hobi mereka dengan tangki yang lebih besar.

Namun, ide ini benar-benar usang saat ini: Ekosistem dapat berjalan dengan baik atau buruk di tangki yang besar juga, karena ini tidak ada hubungannya dengan ukuran sebenarnya dari akuarium. Peralatan teknis untuk akuarium dengan ukurankecil tersedia begitu banyak dalam beberapa tahun terakhir sehingga dapat dengan mudah digunakan dalam akuarium nano. Peralatan khusus seperti sistem pencahayaan, filter, pemanas dan perangkat lain untuk akuarium kecil telah tersedia selama bertahun-tahun.

Baca Juga:  Mendesain Aquascape, Panduan Membuat Layout Aquascape Pemula
Show More

Aquatic ID

Aquatic ID merupakan situs rintisan yang berusaha memberikan informasi detail mengenai berbagai seluk beluk aquascape dan segala peralatan pendukungnya. Semoga memberi manfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detect

Kami tumbuh dan besar dari advertising, Mohon non aktifkan adblocker pada browser.