Aquascape

Aquascape Bebas Alga, Berikut Tips dan langkahnya

Cara Agar Aquascape bebas Alga

Aquascape Bebas Alga, Berikut Tips dan langkahnya. Akar dari semua masalah alga adalah adanya nutrisi yang berlebihan di dalam tangki, di luar yang bisa dimanfaatkan tanaman. Paling umum, pelakunya adalah kelebihan fosfat atau limbah nitrogen.

Bahan-bahan ini umumnya ada dalam pupuk industri dan akuarium, itulah sebabnya limpasan pupuk dari pertanian menyebabkan ganggang mekar di kolam dan bahkan lautan. Sementara itu Alga membutuhkan cahaya untuk tumbuh, dan memang akan tumbuh lebih kuat di bawah cahaya terang yang berkelanjutan, Kombinasi Kelebihan Nutrisi ditambah pencahayaan yang berlebihan menjadikan aquascape surga bagi algae.

  • Hindari menambahkan terlalu banyak pupuk (terutama pada tahap awal umur tangki). Jika Anda dapat menghindari kesalahan umum ini dan menjaga rutinitas perubahan air yang stabil, Anda biasanya dapat menghindari kelebihan nutrisi kelebihan alga, terutama saat tangki matang.
  • Sesuaikan jumlah tanaman saat awal set up, lebih banyak tanaman lebih baik agar nutrisi bisa terserap dengan sempurna.
  • Menghindari cahaya yang berlebihan, biasanya aquascaper pemula selalu menyukai lampu yang sangat terang dengan harapan tanaman membutuhkan cahaya berlebih. padahal cahaya berlebih bisa memicu alga bermunculan.
Baca Juga:  Suhu Aquascape, Pentingnya Monitoring Temperatur Aquascape

Kunci aquascape bebas alga adalah keseimbangan ekosistem dan penggunaan pupuk maupun cahaya yang tidak berlebihan.

 

Solusi Aquascape Bebas Alga

  • Kurangi pencahayaan: Jangan letakkan tangki di tempat yang terkena sinar matahari langsung bahkan untuk sebagian hari. Sinar matahari dapat, dan akan, mempromosikan pertumbuhan ganggang. Saat menggunakan cahaya buatan, pastikan itu tidak lebih kuat dari yang diperlukan dan tidak lebih dari sekitar delapan hingga sepuluh jam setiap hari. Gunakan timer untuk menghidupkan dan mematikan lampu setiap hari.
  • Pakan lebih sedikit: Mayoritas pemilik memberi makan ikan berlebihan, yang meningkatkan kadar fosfat di air. Beri makan porsi kecil dan perhatikan ikannya makan. Jika semua makanan tidak dimakan dalam lima menit, Anda makan terlalu banyak. Selalu singkirkan makanan yang tidak dimakan dengan segera.
  • Perubahan air: Satu-satunya cara terpenting untuk menghindari alga adalah dengan melakukan perubahan air secara teratur. Ubah 10 hingga 15 persen air akuarium Anda setiap minggu agar nutrisi dalam air tetap rendah. Ini akan menghilangkan nitrat yang menumpuk di akuarium, salah satu pupuk utama tanaman!
  • Kenali air Anda: Uji sumber air Anda. Jika tinggi fosfat, Anda harus mempertimbangkan untuk menggunakan bahan kimia penghilang fosfat yang tersedia di toko akuarium, atau menemukan sumber air lain, seperti air yang disaring. Juga, bijaksana untuk menguji nitrat, karena beberapa sumber air telah meningkatkan kadar nitrat.
  • Bersihkan: Jika Anda melihat ganggang mulai tumbuh di kaca, batu, atau permukaan keras lainnya dari tangki, lepaskan. Gosok kaca, singkirkan batu, dan gosok. Bersihkan kerikil saat Anda melakukan penggantian air.
  • Jaga tanaman hidup: Tanaman hidup akan menyerap banyak nutrisi yang tumbuh subur oleh ganggang. Lebih sedikit nutrisi dalam air berarti lebih sedikit bahan bakar untuk pertumbuhan berlebih alga.
  • Pelihar ikan pemakan ganggang: Memelihara SEA, otocinclus, plecostomus, atau ikan pemakan alga lainnya akan membantu mengurangi sebagian ganggang di dalam tangki.
Baca Juga:  Parameter Air Aquascape, Pemahaman Tentang PH, KH, GH, dan TDS Air

Incoming search terms:

aquascape
Show More

Aquatic ID

Aquatic ID merupakan situs rintisan yang berusaha memberikan informasi detail mengenai berbagai seluk beluk aquascape dan segala peralatan pendukungnya. Semoga memberi manfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detect

Kami tumbuh dan besar dari advertising, Mohon non aktifkan adblocker pada browser.