Aquascape

Aquascape Biotope, Membangun Aquarium Mendekati Habitat Aslinya

Apa Itu Biotope Aquascape? Bagaimana cara Membuat Biotope?

Aquascape Biotope, Membangun Ekosistem Aquarium Mendekati Aslinya. Aquascaping biasanya dianggap sebagai varietas independen dari aquaristics. Aquascape adalah seni menciptakan lanskap di akuarium. Hewan penghuni, tanaman dan bahan dekoratif, berpadu secara harmonis untuk membentuk karya seni yang lengkap dan ekosistem yang terkontrol.

Akuarium biotope memiliki pendekatan yang sangat berbeda. Di sini prioritasnya pada kesejahteraan hewan penghuninya. Tujuan utamanya adalah mendekati habitat alami ikan atau invertebrata, terutama terkait dengan parameter air.

Dalam bentuknya yang paling murni, biotope aquascape adalah representasi mikroskopis dari area geografis tertentu yang terjadi secara alami di alam liar.

aliran aquarium biotope

Biotope sendiri memiliki arti yaitu suatu satuan geografi terkecil habitat yang seragam, misalnya biotope hulu sungai maka gambaranya adalah sebuah komunitas flora dan fauna yang terletak pada geografi di hulu sungai tersebut. Untuk penjelasan lebih sederhana lagi yaitu para penghobi aquascape mencoba memasukkan suasana dalam hulu sungai tersebut ke dalam akuarium.

Baca Juga:  Aquascape Tema Jungle, Basic lay Out dan Perawatannya

Dalam proses mendesain aquascape bergaya naturalist ini kita harus benar-benar memahami kehidupan flora dan fauna yang ada dihabitat aslinya, jadi kita tidak bisa sembarang menempatkan flora dan fauna ke dalam akuarium.

Sebagai contoh misalnya kita akan meniru suasana hulu sungai batanghari maka flora dan fauna yang sesuai adalah :

  • Untuk Fauna/ikan kita bisa memilih Sphaerichthys osphromenoides (ikan Chocolate gourami ), Parosphromenus sumatranus, betta falx (ikan cupang) atau bisa juga ikan clown loach (sejenis ikan badut)
  • Untuk Flora/tanaman air bisa memilih seperti Cryptocoryne cordata, Riccia fluitan

Lalu kemudian untuk aliran sungainya airnya berwarna agak kecoklatan karena banyak daun yang jatuh dan membusuk di dasar sungai serta arus airnya tidak terlalu kencang, disini kreatifitasmu di asah untuk membuat suasana tersebut masuk ke dalam akuarium.

Baca Juga:  Lily Pipe, Fungsi dan Berbagai Jenis Lily Pipe Aquascape

 

Tantangan Aquascape Biotope

Aspek desain biotope yang membuatnya menyenangkan adalah menantang. Membuat Aquascape biotope membutuhkan pengetahuan dan pemeliharaan yang signifikan untuk mempertahankan lingkungan yang sehat. Pemahaman yang mendalam tentang ekosistem diperlukan untuk membuat biotope yang dapat hidup secara harmonis dan mempertahankan kehidupan.

Di atas semua fakta ini, peralatan yang dibutuhkan juga bisa unik dan mahal. Namun, hal ini tergantung pada lingkungan yang dimaksudkan untuk diciptakan kembali, mengingat biotope rawa atau stagnan tidak akan memerlukan sebanyak mungkin filtrasi tambahan seperti tangki lainnya.

gaya biotope

Di luar tantangan yang ditemukan dalam pemeliharaan dan pemahaman mendalam tentang ekosistem yang diciptakan kembali, gaya biotope juga memberikan manfaat yang signifikan dalam pelestarian ekosistem ini.

Baca Juga:  Aquascape Low Tech, Tips Sukses Aquascape Tanpa Injeksi CO2

Biotop sejati akan dapat menciptakan kembali ekosistem dan juga dapat menyediakan perlindungan untuk mempertahankan spesies yang terancam punah, sehingga gaya aquascaping ini lebih dari sekadar tujuan estetika. Tantangan yang jelas dari gaya aquascaping ini membutuhkan pengetahuan dan keterampilan yang signifikan, tetapi imbalan dalam membuat biotope seperti itu akan menjadi representasi akurat dari keterampilan dan komitmen aquascaper.

Show More

Aquatic ID

Aquatic ID merupakan situs rintisan yang berusaha memberikan informasi detail mengenai berbagai seluk beluk aquascape dan segala peralatan pendukungnya. Semoga memberi manfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detect

Kami tumbuh dan besar dari advertising, Mohon non aktifkan adblocker pada browser.