Aquascape

Aquascape Dutch Style Gaya Belanda, Lay out dan Perawatannya

Cara membuat Aquascape Gaya Belanda (Dutch Style)

Aquascape Dutch Style Gaya Belanda, Lay out dan Perawatannya. Dalam dunia aquascaping, dua gaya yang paling umum diterapkan adalah gaya aquascaping Alam dan gaya aquascaping Belanda. Gaya aquascaping Iwagumi perlahan mendapatkan popularitas.

Sebagai gaya aquascaping tertua, gaya Belanda berfokus terutama pada pertumbuhan dan penataan tanaman air. Memanfaatkan banyak tanaman air, aquascape Belanda yang indah menerapkan kontras yang kaya menggunakan warna dan tekstur yang halus, tetapi juga mempertahankan kepadatan tanaman yang tinggi.

Seorang aquascaper yang ingin mendesain aquascape gaya belanda harus dapat melihat dan memelihara pertumbuhan tanaman agar hasil akhirnya sesuai dengan niatnya, yang membutuhkan pemahaman yang kuat tentang cara membudidayakan tanaman air.

Selain budidaya tanaman, ada banyak aspek penting lainnya yang perlu dipertimbangkan seperti kesehatan aquascape Anda, pemilihan tanaman, dan tata letak keseluruhan.

Tanaman airĀ  Anda adalah titik fokus aquascape Belanda. Oleh karena itu, sangat penting bagi aquascaper untuk memahami cara menanam, menggabungkan, dan mengatur kehidupan tanaman sehingga penataan akhirnya estetis dan seimbang.

Tidak seperti aquascape gaya Nature, aquascape Belanda tidak dirancang untuk meniru suasana alam atau ekosistem tertentu.

Baca Juga:  Pemupukan Pada Aquascape, Kapan Waktu yang Tepat?

Perkembangan gaya ini adalah bukti kerumitan dalam membayangkan produk akhir Anda dan mengembangkan sistem untuk melihatnya tumbuh dan menjadi seperti yang dibayangkan semula.

 

Basic Desain dan lay Out Aquascape Dutch Style ( Gaya Belanda)

Menetapkan keseimbangan kepadatan tanaman, varietas, warna, dan kesederhanaan sangat penting untuk menciptakan aquascape Belanda.

Pembuatan terasering adalah praktik umum yang memungkinkan aquascaper menyampaikan kedalaman dalam menggunakan tanaman air.

Aquascape gaya Belanda me4ngandalkan kontrast tanaman

Dengan menciptakan level dan area spesies tertentu, aquascape diatur lebih efisien dan, pada gilirannya, menciptakan kontras dan estetika lainnya.

 

70% Tanaman Air

Lebih dari 70% akuarium harus ditanami berbagai spesies tanaman air. Namun, perlu diingat bahwa kesederhanaan adalah tema umum dalam aquascape Belanda; Memiliki terlalu banyak variasi atau warna dapat berdampak negatif pada hasil akhirnya.

Memanfaatkan “aturan sepertiga” dan membuat titik fokus tunggal adalah praktik terbaik dalam menjaga kepadatan, minimalis, dan pengaturan di aquascape Anda.

Terakhir, warna, kontras, dan ruang juga harus diperhatikan saat menanam aquascape Anda. Kontras antara objek sangat penting untuk keseluruhan estetika dan penggunaan ruang menciptakan organisasi di antara tanaman Anda.

Baca Juga:  Ukuran PAR (Radiasi Aktif Fotosintesis) dalam Pencahayaan Aquascape

Aturan umum saat memilih tanaman Anda adalah menerapkan tiga spesies tanaman per 20 cm. Ini menciptakan kontras dan variasi warna yang diperlukan dalam gaya Belanda. Tanaman batang direkomendasikan karena laju pertumbuhan, ukuran, dan warnanya yang cepat.

 

Tanaman dalam Gaya Aquascape Dutch Style

Spesies yang paling umum digunakan dalam aquascaping Belanda adalah:

  • Saurus Cernuus dan Lobelia Cardinalis
    Tanaman ini tumbuh rendah dan dekat dengan lapisan substrat di akuarium Anda. Selain itu, mereka membantu menciptakan jalur, sudut, dan kedalaman.
  • Hygrofilia Corymbosa dan Limnophila Aquatica
    Spesies ini memberikan estetika visual yang berani pada aquascape Anda. Sebagai tanaman yang tumbuh dengan cepat dan dengan batang yang besar, memberikan bentuk dan ukuran yang berbeda pada pemandangan keseluruhan.
  • Cryptocoryne
    Tanaman kecil bersahaja sering digunakan sebagai latar depan aquascape.
  • Alternanthera Reineckii, Ammania, Rotala, atau Tiger Lotus
    Besar dan berwarna-warni, spesies ini bertindak sebagai titik kontras utama dalam desain Belanda.
  • Java Moss
    Spesies yang biasa digunakan untuk membuat kontras dan titik fokus di seluruh desain, biasanya ditempatkan di antara spesies tanaman dalam upaya menciptakan transisi yang mulus antara elemen-elemen dalam aquascape Anda. Ini juga merupakan tanaman air yang mudah dirawat.
Baca Juga:  Aquascape Low Tech, Tips Sukses Aquascape Tanpa Injeksi CO2

 

Ikan dalam Gaya Aquascaping Belanda

Ikan juga digunakan dalam aquascape Belanda, tetapi sedikit. Ikan berkelompok direkomendasikan, meskipun tetra Kongo dan Angelfish juga merupakan pilihan yang baik untuk aquascape Belanda.

 

Tantangan Gaya Aquascaping Belanda

Aquascaping Belanda ditentukan oleh keragaman, kontras, dan kekacauannya yang terorganisir. Setiap tanaman yang digunakan dalam aquascape Belanda memiliki tujuan dalam menciptakan lapisan warna dan titik fokus yang bervariasi tanpa hardscape apa pun.

Akibatnya, tantangan utama seputar gaya aquascaping ini berasal dari pengetahuan yang dibutuhkan untuk menciptakan visi desain Anda dan memelihara tanaman air hidup ini.

Peralatan diperlukan untuk memantau dan memelihara siklus hidup tanaman air Anda serta pemberian pupuk cair harian dan pemangkasan tanaman untuk menjaga kesehatan ekosistem.

Show More

Aquatic ID

Aquatic ID merupakan situs rintisan yang berusaha memberikan informasi detail mengenai berbagai seluk beluk aquascape dan segala peralatan pendukungnya. Semoga memberi manfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detect

Kami tumbuh dan besar dari advertising, Mohon non aktifkan adblocker pada browser.