AquascapeTips & Trick

Aquascape Tanpa Filter Apakah Bisa Tumbuh Baik?

Apakah Filter sangat penting untuk aquascape?

Aquascape Tanpa Filter Apakah Bisa Tumbuh Baik?. Jika Anda adalah penghobi akuarium berpengalaman, Anda pasti memahami pentingnya memiliki sistem filtrasi berkualitas tinggi yang dipasang di akuarium Anda. Memiliki filter sangat penting untuk menjaga kualitas air yang tinggi karena filter menghilangkan zat berbahaya dari air akuarium dan membantu menjaga tingkat oksigen tetap tinggi untuk ikan Anda.

Namun, jika ini adalah hal utama yang dilakukan filter, Anda mungkin bertanya-tanya apakah tanaman hidup di tangki Anda sudah cukup jika tanpa ada ikan.

Apa yang Dilakukan Tanaman di Akuarium?

Tanaman hidup tidak hanya mempercantik akuarium, tetapi juga memberikan beberapa manfaat yang sangat penting. Tanaman akuarium hidup melalui proses fotosintesis di siang hari (atau saat lampu tangki Anda dinyalakan) untuk tumbuh.

Baca Juga:  Tanaman Aquascape In Vitro Tissue Culture, Pengenalan Dasar

Tanaman menyerap karbon dioksida dari air (ini diproduksi oleh ikan sebagai produk sampingan dari respirasi) dan mereka menggunakan cahaya sebagai energi untuk mengubah karbon dioksida menjadi oksigen.

Tumbuhan hidup juga mengekstrak polutan tertentu dari air akuarium termasuk amonia, nitrat, dan nitrit – semua zat ini berbahaya bagi ikan Anda sehingga harus dikeluarkan dari akuarium. Tanaman air juga dapat membantu mencegah pertumbuhan alga karena mereka bersaing untuk mendapatkan nutrisi yang sama dengan yang dibutuhkan ganggang untuk tumbuh.

Aquascape Tanpa Filter?

Tanaman akuarium hidup menyaring zat berbahaya dari air dan mengubah karbon dioksida menjadi oksigen. Dengan informasi ini, Anda mungkin bertanya-tanya apa yang membuat tanaman hidup berbeda dengan filter akuarium?. Keduanya tampaknya melakukan fungsi yang sama. Jadi, apakah Anda benar-benar perlu menggunakan filter di aquascape? Jawaban atas pertanyaan ini akan berbeda tergantung pada beberapa faktor termasuk ukuran tangki, jumlah tanaman yang Anda miliki, dan jumlah serta jenis penghuni akuarium.

Baca Juga:  Menjaga Akuarium dari Serangan Alga dengan 8 Langkah

Anda tidak dapat menambahkan satu atau dua tanaman ke aquascape dan berharap itu menjadi pengganti yang memadai untuk filter. Jika kita memiliki akuarium besar atau penghuni dalam jumlah besar, kemampuan beberapa tanaman tersebut untuk menyaring racun dan menghasilkan oksigen mungkin tidak akan cukup untuk memenuhi beban biologis di akuarium.

Sebaliknya, jika Kita memiliki akuarium berukuran sedang yang berisi banyak tanaman hidup dan Anda hanya memiliki sedikit ikan, tanaman tersebut mungkin dapat mengimbangi produksi limbah dan karbon dioksida.

Namun pada set up awal filter sangat penting bukan hanya karena untuk menyaring kotoran namun media filter juga sebagai rumah bagi bakteri yang sangat bermanfaat untuk memecah amonia dan menjaga kestabilan biologis.

Baca Juga:  Driftwood Membuat Aquascape Semakin Natural dan Atraktif

 

 

Show More

Aquatic ID

Aquatic ID merupakan situs rintisan yang berusaha memberikan informasi detail mengenai berbagai seluk beluk aquascape dan segala peralatan pendukungnya. Semoga memberi manfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detect

Kami tumbuh dan besar dari advertising, Mohon non aktifkan adblocker pada browser.