Tanaman

Bacopa Monnieri Tanaman Aquascape Berkhasiat Herbal Kuat

Harga Bacopa Monnieri

Bacopa Monnieri adalah tanaman batang hijau terang yang menarik yang dapat tumbuh emersed dan terendam. Secara alami ditemukan di sepanjang tepi sungai, danau, dan genangan air lainnya. Ini sebenarnya salah satu tanaman termudah untuk tumbuh karena hanya membutuhkan sedikit perhatian, menjadikannya sempurna untuk pemula.

Bacopa Monnieri adalah tanaman batang yang populer karena akan mengisi ruang tangki dengan aksen yang meriah. Jika Anda mencari beberapa dedaunan unik untuk menambah kepribadian pada tangki Anda, Bacopa adalah tanaman yang tepat. Tanaman batang ini akan menumbuhkan sepasang daun hijau muda yang tumbuh dari pangkal ke ujung tangkai.

 

Spesifikasi tanaman Bacopa Monnieri

Monnieri diperbanyak melalui stek yang mudah berakar di substrat. Tanaman ini bahkan akan menghasilkan tunas samping yang dapat dipotong dan diperbanyak juga. Jika membiarkan batang mengambang secara horizontal di dekat permukaan, akan menumbuhkan banyak batang vertikal baru.

Baca Juga:  Bucephalandra Merah, Tanaman Asli Kalimantan Favorit Aquascaper

Bacopa Monnieri menjadikannya tanaman mid-to-background yang populer. Pemangkasan biasa akan membuat Bacopa Monnieri pendek dan kompak. Setelah ditanam, ia akan terus tumbuh secara vertikal bahkan di bawah kondisi cahaya tertinggi.

Saat terendam, daun cenderung tumbuh lebih besar dan lebih panjang. Jika Anda membiarkannya terus tumbuh tanpa pemangkasan, tanaman ini akan tumbuh sampai menembus permukaan air.

Saat emersed, daun akan lebih kecil dan lebih kompak. Tanaman dewasa dapat menumbuhkan bunga putih, merah muda atau ungu yang indah yang akan mencerahkan tangki Anda. Tumbuhan tingkat pemula ini hanya membutuhkan sedikit perhatian, tetapi daunnya rapuh dan harus ditangani dengan hati-hati.

 

Perawatan Tanaman

Meskipun menambahkan CO2 ke tangki Anda bermanfaat bagi Monnieri, itu tidak mutlak diperlukan. Sangat cocok untuk akuarium non-CO2.

Baca Juga:  Bacopa Compact, Tanaman Aquascape Hijau Segar yang Mudah Tumbuh

Tanaman ini suka lingkungan yang kaya nutrisi dan air bersih. Anda akan melihat pertumbuhan mulai melambat jika tanaman tidak menerima nutrisi yang cukup.

Perlu cahaya sedang-tinggi. Disarankan untuk memberi tanaman ini sekitar 6-8 jam cahaya sehari.

Jika penerangan tidak cukup kuat, maka daun di bagian bawah batang akan mulai membusuk. Pastikan untuk mengawasi ini.

Anda akan menghasilkan pertumbuhan terbaik dengan kombinasi nutrisi mikro dan makro yang sempurna, air bersih, dan pencahayaan yang cukup.

 

Fakta menyenangkan:

Bacopa Monnieri juga telah digunakan sebagai ramuan obat dalam tradisi holistik Ayurveda India. Penelitian telah menunjukkan bahwa tanaman ini memiliki banyak manfaat.

  • Dapat mengurangi peradangan
  • Dapat menurunkan kadar tekanan darah
  • Dapat meningkatkan fungsi otak
  • Mengandung antioksidan kuat
Baca Juga:  Jenis Moss Aquascape dan Metode Perawatan Moss Agar optimal

Praktisi medis bahkan menggunakannya untuk berbagai alasan termasuk: untuk mengurangi kecemasan, meningkatkan daya ingat, dan bahkan mengobati epilepsi. Gila, kan?

 

Harga Bacopa Monnieri

Seperti tanaman stem lainnya, bacopa monnieri dijual per cup dengan harga yang cukup murah sekitar Rp. 15.000 – Rp. 20.000/cup. Ada juga yang menjual per batang.

Show More

Aquatic ID

Aquatic ID merupakan situs rintisan yang berusaha memberikan informasi detail mengenai berbagai seluk beluk aquascape dan segala peralatan pendukungnya. Semoga memberi manfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detect

Kami tumbuh dan besar dari advertising, Mohon non aktifkan adblocker pada browser.