Tanaman

Bucephalandra Merah, Tanaman Asli Kalimantan Favorit Aquascaper

Bucephalandra adalah salah satu endemik tanaman asli Kalimantan dan saat ini menjadi favorit para hobiis aquascape di dalam dan luar negeri.

Bucephalandra sangat mirip dengan Anubias dan harus diperlakukan dengan cara yang sama. Tanaman ini biasanya tumbuh epifit di dalam atau di dekat air.

Bucephalandra sp. ‘Merah’ paling baik pada tingkat pencahayaan rendah dan sangat mudah tumbuh. Daunnya berwarna hijau sangat gelap atau merah kasar. Sejumlah kecil, titik-titik putih dan kadang-kadang warna biru pudar, metalik, akan muncul pada daun yang tenggelam. Ukuran daunnya 2-4 cm, panjang 4-6 cm dan biasanya tepi-tepi bergelombang.

Jangan tutup rimpang yang merayap saat tanam. Ini akan menyebabkan tanaman membusuk dan mati.

Baca Juga:  Bacopa Australis, Tipe Tanaman dan Metode Perawatannya

 

Info Tanaman Bucephalandra

Type: Rhizomatous
Asal: Asia Indonesia
Country or continent where a plant is the most common. Cultivars arise or are bred in cultivation.
Kecepatan Tumbuh: Slow
Growth rate of the plant compared to other aquatic plants.
Tinggi: 5 – 10+
Average height (cm) of the plant after two months in the tank.
Kebutuhan cahaya: Low
The average or medium light demand of an aquarium plant is 0,5 W/L.
CO2 : Low
A medium need in CO2 is 6-14 mg/L. A high demand in CO2 is approx. 15-25 mg/L.

 

Penanaman dan Perawatan

Untuk menanam Bucephalandra di akuarium kita membutuhkan batu, kayu apung, atau jenis substrat berbutir besar. Tanaman ini secara alami adalah rheophyte, artinya ia menggunakan sistem akarnya yang kuat untuk melabuhkan dirinya dalam aliran air yang kuat dan tidak beradaptasi dengan baik untuk tumbuh di tanah.

Baca Juga:  Alternanthera Reineckii Pink, Ciptakan Kontras Menarik di Aquascape

Sebaliknya, akarnya sangat efektif untuk melabuhkannya pada permukaan yang mereka temui. Semakin berpori semakin baik: Saya lebih suka menanam Bucephalandra di atas batu lava.

Untuk menambatkan buce, cukup ikat dengan Sebuah karet gelang, beberapa lem super atau kawat pancingĀ  untuk mengamankan akar tanaman pada substrat. Setelah hanya beberapa minggu, setelah akar cukup kuat mencengkeram kita bisa memotong benang atau kawat pengikat.

 

Harga BuchePalandra dan Panduan Membeli

Meskipun tanaman ini relatif baru namun beberapa tahun terakhir mulai banyak tersedia dipasaran dengan harga beragam. Biasanya dijual per rizome atau ada juga yang sudah posisi tertempel di media batuan dalam beberapa rizome. Harganya cukup bervariasi mulai dari harga Rp. 10.000 – Rp. 35.000 tergantuang besar kecilnya dan juga kualitasnya.

Baca Juga:  Bucephalandra Mulai Dikembangkan Oleh Balitbang Pertanian
Show More

Aquatic ID

Aquatic ID merupakan situs rintisan yang berusaha memberikan informasi detail mengenai berbagai seluk beluk aquascape dan segala peralatan pendukungnya. Semoga memberi manfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detect

Kami tumbuh dan besar dari advertising, Mohon non aktifkan adblocker pada browser.