Budidaya IkanIkan Hias

Cara Budidaya Ikan Guppy, Metode Mudah Keuntungan Melimpah

Cara ternak Ikan Guppy dengan Cara Mudah dan Menguntungkan

Cara Budidaya Ikan Guppy, Metode Mudah Keuntungan Melimpah. Ikan guppy (Poecilia reticulata,Peters 1860) merupakan ikan hias yang mempunyai nilai komersil tinggi baik untuk pasar dalam negeri maupun luar negeri. Berdasarkan morfologisnya, ikan guppy jantan memiliki bentuk tubuh yang lebih ramping dengan corak warna tubuh dan sirip yang lebih cemerlang dari pada guppy betina, sehingga permintaan komoditas ikan guppy jantan lebih banyak dari pada guppy betina.

Salah satu upaya untuk memenuhi tingginya permintaan terhadap ketersediaan ikan jantan tersebut adalah dengan meningkatkan populasi ikan jantan. Teknik maskulinisasi merupakan salah satu metode untuk mengarahkan kelamin ikan menjadi jantan pada masa diferensiasi kelamin. Dengan demikian diharapkan dapat memproduksiikan jantan yang lebih banyak dan keuntungan yang lebih besar.

Jenis ikan jantan dan ikan betina dapat dibedakan melalui penampakan morfologi luar, yaitu jantan memiliki ukuran yang lebih kecil dari betina, warna jantan memiliki variasi warna yang lebih menarik, sedangkan betina memiliki warna yang hampir selalu sama dan tidak menarik. Pada ikan Guppy liar yang umum dijumpai, adalah memakan segalanya termasuk jenis alga bentik dan serangga air.

 

Panduan Cara Budidaya Ikan Guppy

Budidaya ikan guppy terbilang mudah karena tidak memerlukan perlakuan khusus sehingga Anda bisa melakukannya sendiri di rumah.

Peralatan yang dibutuhkan juga tidak begitu rumit dan mahal sehingga Anda bisa membudidayakan ikan guppy skala rumah tangga. Kegiatan budidaya ini tentunya sangat bermanfaat, bisa dijadikan sebagai ladang bisnis atau sekadar menyalurkan hobi ikan hias.  Berikut ini langkah-langkah budidaya ikan guppy di rumah.

  • Persiapan
Baca Juga:  Teknik Pemupukan Kolam & Tambak Ikan Budidaya

Peralatan yang perlu dipersiapkan adalah wadah pemijahan seperti akuarium berukuran 30 sampai 60 liter. Siapkan alat pendukung seperti filter dan aerator serta tanaman air seperti java moss atau hydrilla untuk mendorong indukan agar cepat kawin.

  • Induk ikan guppy

Indukan yang sudah siap dipijah minimal berumur 4 bulan. Induk betina yang siap pijah akan terlihat membulat dengan warna yang cenderung kusam dan sirip tidak merekah. Sementara itu, induk jantan yang sudah siap pijah akan memiliki warna tubuh yang kontras dan terang, tubuhnya terlihat lebih langsing dari sirip yang merekah.

Induk yang akan dipijahkan harus ditempatkan pada wadah yang terpisah. Air bersih di dalam wadah perlu diganti setiap 1—3 hari sekali. Anda cukup mengeluarkan sepertiga airnya dan memasukkan sepertiga air baru. Pakan yang diberikan adalah daphnia atau moina sebanyak 2 kali sehari.

  • Proses pemijahan

Proses pemijahan ikan guppy dapat dilakukan secara massal atau satu per satu. Namun, sebaiknya Anda lakukan pemijahan secara massal agar proses pemijahan berlangsung lebih cepat dan praktis. Perbandingan anatra ikan jantan dan betina di dalam kolam pemijahan sebesar 1:5. Proses pemijahan akan berlangsung selama 4—7 hari. Betina yang sudah dibuahi harus segera dipindahkan ke wadah penetasan yang sudah dilengkapi dengan aerasi.

  • Penetasan benih
Baca Juga:  Budidaya Ikan Mujair, Panduan Lengkap Hingga Panen

Kualitas air di dalam wadah penetasan perlu dijaga dengan cara mengganti sepertiga airnya setiap 1—3 hari sekali. Masa kehamilan induk guppy berlangsung selama 3—4 minggu setelah pemijahan. Pada masa itu, induk perlu diberikan pakan dua hari sekali berupa daphnia  atau moina.

  • Pendederan

Satu induk guppy dapat menghasilkan 30—100 ekor benih. Benih yang sudah keluar harus dipindahkan ke tempat pedederan yang terbuat dari bak semen. Benih ikan guppy tidak perlu diberikan pakan selama 3—5 hari setelah menetas karena benih masih memiliki cadangan makanan. Setelah satu minggu, benih dapat diberikan pakan artemia atau kutu air.

Cara budidaya ikan guppy tersebut merupakan panduan awal. pada akhirnya pengalaman dari budidaya akan menghasilkan variasi metode yang efektif. Cara amannya adalah mulailah budidaya dengan sedikit karena pengalaman akan menentukan keberhasilan peternak guppy.

Aspek Bisnis Ikan Guppy

Tren penjualan ikan hias terus meningkat baik dari segi kuantitas maupun harga, kondisi tersebut dirasakan para anggota komunitas budidaya ikan Guppy Soloraya. Bahkan omzet yang diperolehnya bisa mencapai lebih dari 15 juta rupiah per bulannya.

Dilansir dari Detik.Com. Ketua Komunitas Ikan Guppy Soloraya, Angga Rustam, ditemui di pertemuan Komunitas Guppy di rumahnya sekaligus Workshopnya di Pandawa 17 Aquatic Farm Kepuhsari, RT.2 RW.38, Mojosongo, Jebres, Solo Minggu (13/09/20) mengatakan Guppy adalah salah satu ikan alternatif yang banyak disukai pecinta ikan hias.

Baca Juga:  Ciri-Ciri Ikan Cupang Terbaik Harga Mahal

“Di komunitas kami berdiri sejak 2016 dunia per-Guppy-an permintaan semakin meningkat. Kami melihat dari trend Guppy nasional, Guppy cenderung trennya meningkat. Banyak orang bekerja dari rumah, butuh hiburan dan usaha guppy ini menarik digeluti,” jelasnya.

Menurutnya, harga ikan guppy rata-rata berkisar antara 50-250 rb per pasang dengan mengacu standar strain yang benar. Ikan guppy yang tidak masuk klasifikasi strain disebut sebagai cendolan dengan harga jual 5 ribu sampai maksimal 25 ribu per pasang.

“Ikan guppy dengan standar strain yang benar dan memiliki garis keturunan juara kontes atau membawa genetik langka harganya bisa mencapai hingga 2jt rupiah per pasang. Ikan standar kontes seperti albino yellow cobra delta tail, tuxedo white delta tail, emerald bottom sword, dan yang lainnya”, jelas Angga.

Sementara, trend baru yang langka seperti albino tuxedo big red ear, king koi red ear, tuxedo koi balon bubble eye, singa blue tail. Ikan ini menjadi mahal karena kepemilikannya masih jarang, tambahnya.

Salah satu anggota komunitas yang kebanjiran permintaan selama pandemi ini adalah. Muhammad Bayu Rendra. Mahasiswa yang semua biaya kuliahnya diambilkan dari keuntungan berjualan ikan ini, mengatakan awalnya hanya mempunyai dua kolam berisikan ikan Guppy yang murah

Dari berbagai info tersebut budidaya ikan hias sama prospeknya dengan ikan budidaya konsumsi. Target marketnya jelas kalangan hobiis maupun pemilik aquarium yang bisa juga dijadikan aksen dalam interior rumah.

Show More

Aquatic ID

Aquatic ID merupakan situs rintisan yang berusaha memberikan informasi detail mengenai berbagai seluk beluk aquascape dan segala peralatan pendukungnya. Semoga memberi manfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detect

Kami tumbuh dan besar dari advertising, Mohon non aktifkan adblocker pada browser.