Aquarium Laut

Cara Budidaya Karang Akuarium Laut di Rumah dengan Cepat

Tips memeperbanyak Tunas Karang Aquarium laut

Cara Budidaya Karang Akuarium Laut di Rumah dengan Cepat. Seiring dengan popularitas akuarium laut, jumlah pengetahuan tentang pemeliharaan karang terus meningkat, mengembangkan teknik yang lebih baik dan lebih berhasil. Namun, pemahaman dan replikasi kondisi yang mendorong budidaya karang masih merupakan aspek perawatan karang yang sulit dipahami. Terumbu karang masih jarang bertelur di akuarium laut rumahan.

Untungnya, karang menggunakan lebih dari satu strategi reproduksi untuk berkembang biak. Meskipun reproduksi seksual masih jarang, reproduksi aseksual sangat umum di akuarium terumbu karang rumahan yang terawat dengan baik.

Dengan memanfaatkan strategi propagatif unik ini, dengan kesabaran, penghobi akuarium laut yang berdedikasi pada dasarnya dapat mengisi akuarium hanya dengan beberapa induk koral. Perbanyakan karang adalah cara yang hemat biaya untuk mendapatkan lebih banyak karang, tetapi yang lebih penting, ini membantu mengurangi permintaan terhadap karang yang dipanen dari laut.

Baca Juga:  Suhu Akuarium Air Laut yang Ideal Agar Karang dan Ikan Sehat

Reproduksi aseksual

Ketika kondisi lingkungan sesuai (misalnya, parameter air yang sesuai, pergerakan air, suhu air, kondisi pencahayaan, tingkat kalsium, dll.), Karang tumbuh subur dan berkembang biak secara alami di akuarium rumah. Bentuk reproduksi aseksual yang paling umum ditunjukkan oleh karang adalah “budding”, di mana cabang terbentuk dari karang induk.

Selama proses pertunasan, karang baru (kuncup) dihasilkan, biasanya di tepi karang induk yang sedang tumbuh. Saat cabang tumbuh dan proses pertumbuhan berlanjut, koloni kecil karang baru mulai berkembang dan tumbuh dari karang induk.

Di laut, lepasnya tunas karang yang baru terbentuk sering kali disebabkan oleh arus air yang kuat, trauma fisik, atau pemicu biologis. Lamanya waktu yang tepat bervariasi dari spesies ke spesies, tetapi kuncup, atau cabang, akhirnya terlepas dari karang induk dan mengendap di lokasi baru.

Baca Juga:  Lampu UV Aquarium Laut, Fungsi dan Cara Pakainya

Cara Budidaya Karang Akuarium : Intervensi manusia

Pembagian dan pemisahan kuncup terjadi secara alami di akuarium terumbu yang terawat dengan baik. Namun, prosesnya bisa panjang dan agak tidak terduga. Penghobi berpengalaman atau berdedikasi dapat menangani sendiri dan membelah karang yang ada. Karang Jamur dan Polip koloni seperti Xenia merupakan salah satu karang yang paling mudah berkembang biak karena tempat berkembang dan melekatnya setiap tunas terlihat jelas.

Potongan yang bersih dibuat untuk memotong kuncup dari karang induk dengan menggunakan gunting tisu atau pemotong tulang yang tajam.

Pemotongan harus dilakukan pada bagian dasar kuncup karang yang menempel pada karang induk. Jika perbedaan induk dan kuncup tidak jelas dan Anda tidak nyaman, tunggulah hingga kuncup matang dan perbedaannya jelas.

Baca Juga:  Mengubah Aquascape Tawar Menjadi Aquarium Laut, Apa Bisa?

cara budidaya karang akuarium laut

Tunas yang terputus kemudian dapat ditempelkan pada sepotong kecil batu hidup. Gunakan tali pancing monofilamen atau nilon untuk dengan lembut, namun erat, mengamankan karang ke batuan hidup. Posisikan karang di lokasi yang sesuai dengan pencahayaan dan pergerakan air.

Menyediakan dan memelihara kondisi air yang ideal untuk memastikan pertumbuhan yang sehat. Pada waktunya, karang baru akan matang dan terisi dengan baik. Selama terumbu karang tersedia, proses ini dapat diulang tanpa batas – menghasilkan akuarium terumbu yang terisi dengan baik hanya dari beberapa induk koral.

Show More

Aquatic ID

Aquatic ID merupakan situs rintisan yang berusaha memberikan informasi detail mengenai berbagai seluk beluk aquascape dan segala peralatan pendukungnya. Semoga memberi manfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detect

Kami tumbuh dan besar dari advertising, Mohon non aktifkan adblocker pada browser.