Tips & Trick

Cara Memelihara Ikan Koi Agar Tidak Mati Untuk Pemula

Memelihara ikan koi di rumah pastinya menyenangkan. Ikan koi merupakan ikan hias yang berasal dari Jepang dan menjadi salah satu ikan hias paling populer hingga sekarang. Ikan koi memiliki banyak motif dan corak yang membuat siapa saja ingin memeliharanya.

Bagi Anda yang baru kali ini memelihara ikan koi, perlu memperhatikan beberapa tips yang akan kami bagikan di bawah ini. Dengan begitu, ikan koi yang Anda pelihara selalu dalam kondisi sehat.

Cara Memelihara Ikan Koi Bagi Pemula

cara memelihara ikan koi

1. Pilih Kolam

Cara pertama yaitu Anda harus memilih kolam ikan koi yang sesuai. Anda bisa menggunakan material apapun namun pastikan bahwa kedalamannya minimal 50 cm. Akan lebih baik jika Anda membuat kedalamannya hingga mencapai 1 meter sehingga mampu menampung air sebanyak 100 ml untuk masing-masing ikan. Untuk lebarnya menyesuaikan karena yang terpenting ikan koi dapat bergerak dengan bebas.

Baca Juga:  Aquascape Tanpa Filter Apakah Bisa Tumbuh Baik?

2. Gunakan Air Bersih

Ingat, jangan langsung memasukkan ikan bersama air. Anda harus mengisi kolam tersebut dengan air yang bersih. Tunggu beberapa hari sampai nanti ikan koi dimasukkan ke dalam air tersebut. Ini penting agar menghindarkan ikan koi dari terkena senyawa kimia yang kemungkinan menempel di permukaan kolam. Setelah beberapa hari, Anda bisa menguras air tersebut dan ganti dengan air baru.

Di sinilah baru Anda bisa mulai memasukkan ikan koi. Masukkan satu persatu. Jika tidak ada kendala, Anda bisa memasukkan sisa ikan koi yang tersedia.

3. Pasang Filter Air

Cara memelihara ikan koi yang ketiga adalah memasang filter air. Cara ini sangat penting karena filter air akan menjaga kualitas air di dalam kolam. Filter air akan menyaring kotoran serta mengurangi racunĀ ammonia yang berasal dari sisa proses pencernaan ikan.

Baca Juga:  Tips Memilih Ikan Koi yang Bagus dan Berkualitas

4. Lengkap dengan Tanaman Air

Untuk membuat ikan koi semakin betah, Anda harus melengkapi kolam dengan tanaman air. Tanaman air tersebut nantinya juga akan berperan sebagai sumber nutrisi alami. Anda bisa memasukkan tanaman duckweed atau alga.

5. Jangan Sering Memberi Makan

Untuk membuat ikan koi tumbuh dengan baik memang Anda wajib memberinya makan. Akan tetap, jangan sampai Anda memberi makan terlalu banyak dan sering. Makanan yang berlebih bisa mengakibatkan peningkatan amonia dalam kolam. Sebagai contoh, untuk kolam berukuran 1,5 meter dengan populasi yang maksimal, sebaiknya Anda beri pakan ikan sebanyak 100 gram/hari.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detect

Kami tumbuh dan besar dari advertising, Mohon non aktifkan adblocker pada browser.