Tips & Trick

Cara Merawat Ikan Hias yang Baik dan Benar Agar Tidak Mati

Anda pecinta ikan hias? Sudah berapa banyak ikan hias yang Anda punya? Akhir-akhir ini banyak orang yang mulai berburu ikan hias. Ada banyak alasan mengapa mereka memilihara ikan hias. Ada yang karena hobi, ingin mempercantik ruangan, sampai ada yang hanya sekadar ingin mengisi waktu luang. Bagi Anda yang berencana memelihara ikan hias, Anda harus tahu bagaimana cara merawat ikan hias tersebut.

Tentu Anda tidak ingin ikan hias yang sudah Anda beli tidak bahagia bersama Anda, terutama jika Anda membelinya dengan harga mahal. Maka dari itu, di bawah ini kami akan memberikan tips penting tentang cara merawat ikan hias dengan benar.

Cara Merawat Ikan Hias Agar Tidak Stress

cara merawat ikan hias

1. Ganti Air Secara Berkala

Cara merawat ikan hias yang pertama adalah pastikan Anda mengganti air secara berkala. Air yang ada di akuarium harus selalu terjaga kualitasnya. Air yang berkualitas akan membuat ikan hias betah dan tidak stress. Sebaliknya, jika air tersebut jarang Anda ganti, maka bisa membuat ikan stress, sakit, dan bahkan bisa mati.

Baca Juga:  Menjaga Akuarium dari Serangan Alga dengan 8 Langkah

Untuk waktu ideal mengganti air yaitu setiap 3 sampai 5 hari sekali dan paling lambat seminggu sekali. Namun hal ini bergantung pada tingkat kekeruhan air dan seberapa kotor air di akuarium. Hal lain yang tidak kalah penting adalah jangan sampai menghabiskan semua air ketika menguras akuarium. Sisakan kurang lebih 25% di akuarium menggunakan selang berukuran kecil.

2. Pilih Pakan Berkualitas dan Tepat

Cara kedua yaitu Anda harus memilih makanan untuk ikan yang tepat dan tentunya berkualitas. Ada banyak pakan ikan yang dijual di toko ikan. Ada yang bersifat campuran dan ada juga pakan ikan organik. Untuk pakan organik bisa berupa cacing, kutu air, nyamuk, dan lain-lain. Kelebihan pakan ikan organik adalah tidak membuat air di akuarium menjadi cepat keruh atau kotor. Anda tinggal menyesuaikan dengan jenis ikan hias yang Anda rawat.

Baca Juga:  Aquascape Tanpa Filter Apakah Bisa Tumbuh Baik?

3. Pelengkap Akuarium

Untuk membuat ikan hias Anda nyaman dan tidak mati, Anda harus membuat akuarium menjadi tempat tinggal yang senyaman mungkin untuk ikan. Anda perlu menambahkan perlengkapan akuarium seperti pompa air, aerator. Dua hal ini merupakan perlengkapan wajib yang harus ada di akuarium. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan beberapa aksesoris seperti batu-batuan, tanaman air, dan sebagainya. Dengan begitu, ikan hias yang Anda pelihara akan selalu bahagia.

4. Ajak Interaksi

Cara merawat ikan yang terakhir adalah dengan mengajaknya berinteraksi. Beberapa jenis ikan diketahui seperti merespon atau tahu ketika diajak berinteraksi. Salah satunya adalah ikan louhan. Anda perlu mengajak ikan hias Anda berinteraksi, minimal setiap kali Anda memberinya makan.

Baca Juga:  5 Tips Merawat Ikan Louhan Agar Warnanya Tetap Bagus

Demikian informasi yang bisa kami berikan. Semoga bermanfaat.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detect

Kami tumbuh dan besar dari advertising, Mohon non aktifkan adblocker pada browser.