Aquascape

Carbon Cair untuk Aquascape, Apakah Bermanfaat untuk Tanaman?

Fungsi Karbon Cair atau Liquid Carbon untuk Aquascape

Carbon Cair untuk Aquascape, Apakah Bermanfaat untuk Tanaman?. Karbon adalah salah satu elemen terpenting yang dibutuhkan oleh tanaman air Anda untuk pertumbuhan. Alasan nomor 1 gagal menumbuhkan tanaman air adalah karena kurangnya karbon. Bahkan sedikit tambahan CO2 dapat membantu.

Banyak tanaman air yang dibudidayakan dan dibudidayakan oleh produsen. Konsentrasi CO2 di udara jauh lebih besar daripada di akuarium, menghasilkan pertumbuhan tanaman yang lebih cepat, sehat & subur. Ketika Anda meletakkan tanaman di bawah air, CO2 menjadi terbatas, yang membatasi kesehatan dan pertumbuhan tanaman.

Oleh karena itu, Kita dapat melihat mengapa penting untuk menyediakan karbon agar tanaman tumbuh di akuarium dengan konsentrasi CO2 yang jauh lebih rendah. Ini sangat penting jika Anda memiliki pencahayaan sedang hingga tinggi. Dengan lebih banyak cahaya menjadi permintaan yang lebih tinggi akan nutrisi dan CO2 untuk mendorong pertumbuhan tanaman.

Baca Juga:  PH Air Aquascape, Konsep Dasar dan Panduan PH yang Tepat

Karbon dapat ditambahkan dengan dua cara dengan: menyuntikkan CO2 bertekanan ke dalam air atau dengan memberi dosis Carbon cair.

Jika Anda baru mengenal tanaman akuarium, Carbon cair menawarkan solusi sempurna untuk menyediakan karbon di akuarium. Ini tidak seefektif menyuntikkan gas CO2 ke dalam akuarium Anda, tetapi biaya awalnya jauh lebih sedikit. Ini sangat ideal adalah akuarium yang ditanam dengan pencahayaan rendah dan tanaman yang mudah dirawat. Yang dibutuhkan hanyalah dosis kecil sekali sehari.

Selain membutuhkan carbon, Seperti tanaman pada umumnya, tanaman di dalam air juga membutuhkan nutrisi yang cukup untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya. Salah satu nutrisi yang penting yakni pupuk.

Baca Juga:  Lily Pipe, Fungsi dan Berbagai Jenis Lily Pipe Aquascape

Pemberian pupuk pada aquascape juga harus sesuai dengan petunjuk. Sebab pemberian pupuk yang terlalu banyak, dapat meracuni ikan. Sedangkan pemberian yang terlalu sedikit juga bisa membuat tanaman menjadi mati.

Meski hidup di dalam air, faktor pencahayaan ini menjadi sangat penting untuk proses fotosintesis. Umumnya aquascape diletakkan di ruangan yang tak terkena sinar matahari. Sebab, jika langsung terpapar sinar matahari dapat membuat aquascape lebih cepat berlumut.

Cara terbaiknya yakni menambahkan lampu LED atau neon. Lampu neon diletakkan 10 cm di atas permukaan air, sementara LED diletakkan sekitar 10-20 cm di atas permukaan air.

Show More

Aquatic ID

Aquatic ID merupakan situs rintisan yang berusaha memberikan informasi detail mengenai berbagai seluk beluk aquascape dan segala peralatan pendukungnya. Semoga memberi manfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detect

Kami tumbuh dan besar dari advertising, Mohon non aktifkan adblocker pada browser.