Ikan Hias

Ciri-Ciri Ikan Cupang Terbaik Harga Mahal

Anda pecinta ikan hias? Pasti asing dengan ikan cupang. Ikan cupang menjadi salah satu ikan hias terbaik yang banyak dipelihara dan dibudidayakan. Bagi Anda yang ingin memiliki ikan ini, Anda perlu mengetahui apa saja ciri-ciri ikan cupang terbaik agar Anda tidak salah pilih.

Ciri-Ciri Ikan Cupang Kualitas Terbaik

ciri-ciri ikan cupang

1. Pilih Ikan Cupang Bermental Bagus

Ciri-ciri ikan cupang yang memiliki kualitas bagus salah satunya adalah ikan tersebut memiliki mental yang bagus. Cupang tersebut memiliki tempramen yang tinggi dibandingkan dengan ikan cupang lainnya. Jadi, Anda bisa membandingkan mana cupang yang lebih sensitif atau lebih tempramen dibandingkan cupang yang lain. Memiliki cupang bermental bagus akan membuat Anda bisa menikmati keindahannya.

Baca Juga:  9 Jenis Ikan Botia yang Banyak Dicari untuk Dipelihara

2. Pilih Ikan Cupang yang Aktif

Sebelum Anda memutuskan membeli ikan cupang, Anda harus mengecek apaka ikan yang akan Anda beli tersebut bergerak aktif atau hanya diam saja. Ikan cupang yang bergerak aktif menandakan bahwa ikan tersebut memiliki kualitas yang bagus. Anda bisa mengetesnya dengan melihat dan mendekatinya. Jika ikan tersebut memang benar-benar aktif, maka Anda tidak salah membeli ikan.

3. Sirip Ekornya Berwarna Terang

Ciri-ciri ikan cupang kualitas terbaik yang ketiga bisa Anda lihat dari sirip ekornya, Sirip ekor ikan cupang kualitas terbaik adalah mereka yang memiliki sirip ekor berwarna terang. Selain itu, cupang yang berkualitas adalah cupang yang memiliki sirip terbuka sempurna. Di bagian ujung sirip dan ekornya juga tidak ada bayangan.  Bukan hanya itu, cupang yang bagus adalah cupang tidak ada jarak antara sirip bawah dengan ekor atau jarak antara sirip punggungnya.

Baca Juga:  Jenis Ikan Arwana dengan Harga dan Nilai Ekonomis Tinggi

4. Memiliki Tubuh Normal

Ciri yang keempat adalah ikan cupang yang berkualitas mempunyai tubuh yang normal. Jadi, sebelum Anda membeli ikan cupang maka Anda harus memperhatikan bentuk tubuhnya. Cupang berkualitas ditandai dengan ekornya yang mengembang sempurna. Selain itu, ikan cupang berkualitas memiliki sisik yang rapih dan postur tubuh yang lonjong.

5. Warna Cerah dan Sisik Mengkilap

Ciri yang terakhir adalah ikan cupang yang bagus memiliki warna cerah dan sisik yang mengkilap. Warna ikan cupang memang menjadi salah satu pertimbangan untuk menentukan apakah ikan tersebut layak dibeli atau tidak. Untuk itu, silakan Anda perhatikan kecerahan warnanya dan juga sisiknya. Jika warna tidak kusam, kemungkinan ikan tersebut merupakan ikan cupang berkualitas.

Baca Juga:  Cara Pemijahan Ikan Arwana Super Red Secara Alami
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detect

Kami tumbuh dan besar dari advertising, Mohon non aktifkan adblocker pada browser.