Tanaman

Cryptocoryne Crispatula var. Balansae Tanaman Aquascape dari Thailand

Harga Cryptocoryne crispatula var. balansae

Cryptocoryne crispatula var. balansae ditemukan di sungai dan anak sungai di Thailand selatan, di mana varietas C. crispatula ini berbentuk padat, sebagian besar populasi terendam dengan daun seperti pita mengambang di arus. Ketika airnya rendah, beberapa tanaman ini jatuh kering dan kemudian membentuk bunga. Habitat Cryptocoryne ini sering ditemukan di daerah dengan batu kapur, sehingga airnya keras dan kaya akan kalsium.

C. crispatula var. balansae telah menjadi tanaman aquascape untuk waktu yang lama, mudah untuk menumbuhkan dan sangat mudah beradaptasi. Tingginya bisa mencapai lebih dari 50 cm. Ada berbagai bentuk var. balansae, salah satu yang paling umum memiliki daun sekitar 2 cm. Namun, lebar daun dapat bervariasi dari 1,5 hingga 4 cm, dan warnanya bisa antara hijau dan rona perunggu yang atraktif.

Baca Juga:  Bucephalandra Merah, Tanaman Asli Kalimantan Favorit Aquascaper

Karakteristik khas Cryptocoryne crispatula var. balansae adalah daun bulosa dengan tampilan tempa. Varietas C. crispatula var. flaccidifolia, sangat mirip dengan C. crispulata var. balansae, berbeda darinya dengan lebih sempit (lebarnya 0,5 hingga 1,2 cm), daun yang tak ditenggelamkan.

 

Plant info

Type: Rosulate
Origin: Asia
Country or continent where a plant is the most common. Cultivars arise or are bred in cultivation.
Growth rate: Medium
Growth rate of the plant compared to other aquatic plants.
Height: 20 – 30+
Average height (cm) of the plant after two months in the tank.
Light demand: Low
The average or medium light demand of an aquarium plant is 0,5 W/L.
CO2 : Low
A medium need in CO2 is 6-14 mg/L. A high demand in CO2 is approx. 15-25 mg/L.
Baca Juga:  Anubias Caladiifolia, Anubias Berdaun Raksasa yang Eksotik

 

Perawatan Cryptocoryne Crispatula

Seperti semua varietas dari kelompok Cryptocoryne crispatula, tanaman ini lebih menyukai tempat di bawah cahaya sedang hingga tinggi. Di bawah cahaya yang cukup, pola daun yang “ditempa” berkembang lebih jelas.

Penambahan CO2 meningkatkan pertumbuhan tetapi tidak mutlak diperlukan. Ketika terus menerus diberikan nutrisi yang cukup melalui air atau substrat, C. crispatula var. balansae berkembang menjadi tanaman yang indah. Tumbuh tercepat dan paling subur ketika pasokan nutrisi cukup, terutama nitrat, fosfat dan zat besi.

Varietas ini lebih menyukai air yang keras, oleh karena itu persediaan kalsium yang baik juga penting – karena bagi sebagian besar perwakilan kelompok Cryptocoryne crispatula. Kekurangan kalsium menyebabkan cacat, daun melengkung.

Baca Juga:  Pogostemon erectus, Tanaman favorit Background Aquascape

Pastikan bahwa C. crispatula var. balansae tumbuh dalam kondisi stabil; perubahan lingkungan yang tiba-tiba dapat menyebabkan Crypt melt (seperti halnya sebagian besar spesies Cryptocoryne).

Harga Cryptocoryne crispatula

Cryptocoryne crispatula banyak dijual di tanah air baik melalui online shop, Forum facebook, dan berbagai toko aquascape. Harga di pasaran cukup murah berkisar antara Rp. 15.000 – Rp. 25.000 tergantung kualitas tanaman dan perawatannya.

Show More

Aquatic ID

Aquatic ID merupakan situs rintisan yang berusaha memberikan informasi detail mengenai berbagai seluk beluk aquascape dan segala peralatan pendukungnya. Semoga memberi manfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detect

Kami tumbuh dan besar dari advertising, Mohon non aktifkan adblocker pada browser.