Tanaman

Cryptocoryne Wendtii, Tanaman Mudah Tumbuh di Aquascape

Jenis Cryptocoryne wendtii dan Harganya di Pasaran

Cryptocoryne wendtii ‘Hijau ‘cocok untuk akuarium kecil dengan ketinggian 10-15 cm dan roset dari lebar 8-15 cm. Ketika tumbuh di ruang terbuka, daunnya akan terbentang di bawah. Seperti kebanyakan Cryptocorynes Sri Lanka lainnya, tanaman ini tumbuh dengan baik dalam air yang keras.

Asli dari Pulau Sri Lanka, Cryptocoryne wendtii adalah salah satu tanaman akuarium yang paling umum dan banyak digunakan saat ini. Salah satu spesies yang paling bervariasi, dengan beberapa variasi warna termasuk merah, coklat, hijau, dan beberapa campuran dari mereka. Untuk menambah variasi, tekstur daun dapat sangat bervariasi dalam spesies, seperti halnya ukuran daun, mulai dari 5 hingga 18 inci.

Baca Juga:  Anubias Pinto, Hasil Seleksi Genetik yang Menawan

Salah satu tanaman termudah untuk tumbuh bahkan jika itu memang memiliki saat-saat rewel. Cryptocoryne wendtii dapat mentolerir cahaya rendah atau cahaya tinggi, dan tampaknya merespons dengan dedaunan yang lebih lama dalam kondisi cahaya yang lebih rendah. Tanaman tahan tanpa injeksi CO2.

 

Plant info Cryptocoryne wendtii

Type: Rosulate
Origin: Asia
Country or continent where a plant is the most common. Cultivars arise or are bred in cultivation.
Growth rate: Medium
Growth rate of the plant compared to other aquatic plants.
Height: 10 – 30+
Average height (cm) of the plant after two months in the tank.
Light demand: Low
The average or medium light demand of an aquarium plant is 0,5 W/L.
CO2 : Low
A medium need in CO2 is 6-14 mg/L. A high demand in CO2 is approx. 15-25 mg/L.
Baca Juga:  Cryptocoryne usteriana, Tanaman Aquascape yang Eksotik

Penggunaan dalam Aquascape

Cryptocoryne wendtii yang bervariasi ini dapat digunakan sebagai tanaman latar di tangki yang lebih besar dengan cahaya yang baik, dengan asumsi varietas dipilih yang cenderung tidak tumbuh terlalu besar (seperti varietas hijau), atau sebagai titik fokus yang bagus di tengah-tengah akuarium berukuran sedang. Dalam tangki yang lebih kecil dapat digunakan sebagai tanaman latar belakang yang berbeda di mana daunnya dapat mencapai bagian atas dan membungkuk untuk mengapung di sepanjang permukaan air.

Bentuk pertumbuhan rosetnya memberikan kontras dengan rumpun tanaman batang dan dapat digunakan untuk memisahkan aquascape menjadi kelompok atau bagian yang jelas. Pengelompokan Cryptocoryne wendtii yang terencana dengan baik dapat digunakan untuk membuat titik fokus yang menarik.

Baca Juga:  Crinum calamistratum, Tanaman Umbi yang Anggun di Aquascape

Cryptocoryne wendtii bisa sangat mudah diperbanyak. Penanam hanya membutuhkan sebagian akar dengan tunas hidup untuk menumbuhkan tanaman baru. Namun, pertumbuhan umumnya lambat dan bisa memakan waktu beberapa bulan untuk menjadi tanaman yang full daun.

 

Show More

Aquatic ID

Aquatic ID merupakan situs rintisan yang berusaha memberikan informasi detail mengenai berbagai seluk beluk aquascape dan segala peralatan pendukungnya. Semoga memberi manfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detect

Kami tumbuh dan besar dari advertising, Mohon non aktifkan adblocker pada browser.