Ikan Hias

Inilah 5 Fakta Ikan Buntal yang Jarang Diketahui

Pernah mendengar ikan buntal? Ikan buntal merupakan ikan yang tergolong ke dalam famili tetraodontidae. Di Jepang, ikan buntal ini dinamakan fugu fish dan menjadi salah satu hidangan favorit karena memiliki rasa yang lezat. Akan tetapi, tidak sembarang orang bisa menyajikan ikan ini. Hanya koki yang berpengalaman saja yang diperbolehkan menyajikannya.

Salah satu alasannya adalah ikan buntal mempunyai racun. Selain beracun, ternyata ada beberapa fakta ikan buntal lainnya yang mungkin beberapa di antaranya baru Anda ketahui.

Fakta Ikan Buntal yang Belum Banyak Diketahui

fakta ikan buntal

1. Racunnya Bisa Membunuh 30 Orang

Mungkin Anda sudah tahu bahwa ikan buntal merupakan ikan yang beracun. Namun ada fakta menarik di balik racun dari ikan tersebut. Ternyata racun yang dimiliki ikan buntal mampu membunuh setidaknya 30 orang. Racun tetrodotoxin yang dimiliki ikan ini bahkan 1.200 lebih kuat dibandingkan racun sianida. Racun ikan buntal mampu merusak sistem saraf dan selanjutnya akan menyumbat saluran antara tubuh dengan otak hanya dalam waktu singkat.

Baca Juga:  9 Jenis Ikan Botia yang Banyak Dicari untuk Dipelihara

2. Bisa Mengembangkan Tubuhnya 3 Kali Lipat

Fakta ikan buntal yang kedua ini mungkin sudah sering Anda ketahui. Ketika ikan buntal merasa terancam, tubuhnya akan mengembang hingga mencapai 3 kali lipat dibandingkan tubuh normalnya. Ikan buntal menggembungkan tubuhnya dengan cara menghisap air serta udara dari mulutnya. Ikan buntal juga akan mengeluarkan duri-duri tajam yang sangat beracun.

3. Gigi yang Terus Tumbuh

Fakta yang ketiga dari ikan bunta adalah giginya terus tumbuh. Ikan buntal mempunyai 4 gigi yang akan terus tumbuh. Empat gigi ikan buntal terdiri dari dua yang ada di bagian atas dan dua di bagian bawah. Gigi yang terdapat pada ikan buntal mempunyai karakter seperti hewan pengerat yang bisa tumbuh memanjang. Untuk menjaga agar giginya tetap pendek, biasanya ikan buntal akan menggunakan giginya untuk membuka dan memakan karang.

Baca Juga:  Cara Budidaya Ikan Guppy, Metode Mudah Keuntungan Melimpah

4. Tubuhnya Bisa Tumbuh Mencapai 2 Meter

Fakta ikan buntal yang keempat adalah berkaitan dengan ukuran tubuhnya. Ikan ini mampu tumbuh sepanjang 2 meter atau melebihi tubuh dari seekor bayi buaya. Ikan buntal dengan tubuh sepanjang itu bisa Anda temukan di Afrika, Australia, dan juga Jepang.

5. Lebih dari 100 Spesies

Sekarang, tidak kurang dari 121 spesies ikan buntal yang tersebar di seluruh dunia. Anda bisa menemukan ikan ini baik di perairan ikan tawar maupun perairan ikan asin. Ikan yang terkenal tidak mempunyai sisik ini ternyata bisa berenang mundur..

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detect

Kami tumbuh dan besar dari advertising, Mohon non aktifkan adblocker pada browser.