Alat

Filter Canister, Mengenal Fungsi dan Cara Kerja Filter Tabung Canister

Harga Filter Canister DIY dan Build UP untuk Aquascape

Filter Canister atau bisa juga disebut filter tabung adalah filter akuarium yang mengeluarkan air dari akuarium melalui Input tabung canistrer, masuk ke saringan atau katup, melalui media filter dalam tabung bertekanan, dan kemudian air akuarium yang disaring kembali ke tangki ikan melalui cara tumpahan atau semprotan batang.

Pompa pada filter canister terdapat di bagian atas tabung/ember filter. Sedangkan bagian-bagian lainnya berisikan media filter.

Kelebihan dari filter canister yaitu hemat ruang, mudah diinstall, harga relative lebih murah dibandingkan sump filter. Kekurangannya adalah, tingkat supply oksigen yang kurang, mudah pecah/rusak ketika dibersihkan, aliran air masuk (inlet) perlu dimodifikasi untuk kebutuhan aquascape (agar bisa menyaring permukaan air dan juga kolom air), sering kemasukan angin (seperti pompa air rumah), volume media filter kurang banyak, dan pembersihannya yang tidak praktis.

Sistem tertutup pada filter canister membuat media filter nya miskin udara segar, ini berdampak pada aktifitas bakteri pengurai yang bersifat aerob. Kapasitas media filter yang terbatas, tidak memungkinkan aquarist menambah volume media filternya, padahal semakin banyak isi aquarium, maka media filtrasi nya harusnya lebih banyak volumenya. Media filter canister bawaan seringkali dimodifikasi sesuai kebutuhan untuk aquascape anda, sehingga perlu biaya ekstra.

Baca Juga:  Lampu UV Aquarium Laut, Fungsi dan Cara Pakainya

Bagaimana Cara Kerja Filter Canister?

Filter tabung menarik air keluar dari akuarium ke dalam ruang filter eksternal atau tabung di mana air didorong melalui serangkaian media filter untuk membersihkan air akuarium. Arah diagram aliran Canister Filter bervariasi antara model dan merek filter tabung, dan dapat dari bawah ke atas, dari atas ke bawah, dari belakang ke depan, ke tengah, ke luar, atau ke luar, tergantung pada merek atau model filter tabung.

Media filter akuarium ini menyediakan filtrasi kimia, biologis, dan / atau mekanis, tergantung pada jenis media filter yang Anda pilih untuk digunakan dalam filter tabung.

cara kerja filter canister

Setelah air melewati media filter dalam tabung yang disegel kemudian dipompa kembali ke tangki ikan. Filter tabung selalu menggunakan pompa air untuk memindahkan air. Sebagian besar model filter tabung memiliki pompa air terletak di dalam, biasanya dletakkan di tutup atau dibangun di dasar, tetapi beberapa model filter tabung memerlukan pompa air eksternal yang terpisah.

Baca Juga:  Regulator CO2, Fungsi dan Panduan Membeli Regulator CO2

 

Perawatan Canister

Bergantung pada merek dan model filter, serta jenis media yang digunakan, persyaratan perawatan filter tabung akan bervariasi. Secara umum, filter tabung memungkinkan Anda untuk menggunakan berbagai media filter.

terdapat kartrid, kantong media, atau ruang terisolasi yang bisa digunakan untuk memasukkan media favorit Anda untuk menyediakan jenis filtrasi yang tepat. Beberapa media perlu dicuci secara teratur, sementara media lainnya perlu diganti. Periksa rekomendasi produsen untuk jenis media filter yang Anda gunakan untuk lebih memahami pemeliharaan yang diperlukan untuk media filter tersebut.

Selain perawatan yang diperlukan untuk media filter, kita juga harus membersihkan tabung dan pompa secara berkala pada filter canister. Ini dapat dilakukan dengan mudah dengan kit pembersih tabung akuarium yang dijual di sebagian besar toko hewan peliharaan.

 

Kelebihan Filter Canister

Filter tabung adalah filter yang sangat efisien jika digunakan dan dirawat dengan benar. Filter tabung yang baik memberi keuntungan memilih jenis filtrasi yang sesuai dengan menyesuaikan media filter. Filter tabung biasanya memiliki persyaratan perawatan yang lebih rendah daripada filter lain yang setara, karena air dipaksa melalui media filter, daripada dibiarkan mengalir di atas atau di sekitar media.

Baca Juga:  Lily Pipe, Fungsi dan Berbagai Jenis Lily Pipe Aquascape

Ingat, dengan filter tabung, seperti filter lainnya, Kita harus sering mengganti karbon dalam filter, karena karbon yang telah menjadi jenuh dengan limbah dapat mulai melepaskan racun.

Filter tabung sangat baik untuk tangki menengah hingga besar, karena dapat menyaring air dengan volume besar secara efisien.

Filter tabung dapat dikonfigurasi untuk memberikan filtrasi biologis, kimia, dan / atau mekanis tergantung pada merek filter dan kebutuhan aquaris.

Harga Filter

Harga Filter Canister sangat bervariasi tergantung merek, buatan pabrik atau buatan sendiri (DIY) harga Filter canister buatan Pabrik bisa mulai Ratusan Ribu hingga jutaan. Sementara jika ingin membeli dengan harga terjangkau dan menyesuaikan kebutuhan bisa membeli yang model DIY.

 

Incoming search terms:

filter canister,fungsi canister,cara kerja filter canister,fungsi canister aquarium,arti canister dalam aquarium,berapa lama membersihkan filter canister,filter canister terbaik,Filter Gantung Aquarium mini
Show More

Aquatic ID

Aquatic ID merupakan situs rintisan yang berusaha memberikan informasi detail mengenai berbagai seluk beluk aquascape dan segala peralatan pendukungnya. Semoga memberi manfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detect

Kami tumbuh dan besar dari advertising, Mohon non aktifkan adblocker pada browser.