Aquascape

Filtrasi Aquascape yang Tepat Agar Tanaman Tumbuh Optimal

Sistem Filter Aquascape yang Tepat untuk Aquascape

Filtrasi Aquascape yang Tepat Agar Tanaman Tumbuh Optimal. Akuarium atau akuarium tanaman memiliki persyaratan yang berbeda dalam hal kinerja filter dan peralatan dibandingkan dengan aquarium yang khusus untuk ikan.

Sirkulasi

Aliran dalam akuarium yang ditanami dengan padat harus cukup untuk memastikan transportasi nutrisi yang baik untuk tanaman air. Sebagai panduan minimum, kami merekomendasikan sirkulasi tiga kali lipat dari kapasitas kotor akuarium per jam. Misalnya: tangki standar 54 liter harus diedarkan tiga kali per jam. 3 x 54 memerlukan kapasitas pompa minimal 162 liter per jam.

Karena informasi pabrikan sering diberikan hanya untuk kondisi ideal, kita harus meningkatkan nilainya sedikit untuk cadangan tambahan. Seiring waktu, kotoran menumpuk tidak hanya di filter, tetapi juga di selang dan filter inlet dan outlet. Ini mengurangi aliran sirkulasi. Isi akuarium juga penting: struktur tinggi, hardscape yang  padat, tanaman lebat mengurangi sirkulasi di dalam tangki.

 

Filtrasi Aquascape: material Filter

Ada banyak beragam media filter. Ini secara kasar dibagi menjadi substansi filter mekanis, biologis dan kimia. Filtrasi aquascape mekanis berhubungan dengan penyaringan partikel tersuspensi, sebagian besar oleh prefilters dalam bentuk spons, kapas atau bulu.

Baca Juga:  CO2 Aquascape, Kenapa Tanaman Aquascape Perlu Injeksi CO2?

Prinsip filtrasi aquascape biologis adalah, bakteri mengkolonisasi bahan filter yang sesuai, memecah zat-zat tertentu dari air akuarium oleh aktivitasnya. Dalam penyaringan kimia, bahan khusus secara aktif mempengaruhi air melalui proses kimia dan dengan sengaja mengikat zat yang tidak diinginkan. Ini termasuk bahan filter seperti karbon aktif atau penyerap fosfat.

Saat Anda membeli filter baru, biasanya sudah ada berbagai bahan filter yang disertakan. Tidak semua dari mereka diperlukan untuk pengoperasian akuarium tanaman, dan beberapa bahkan mungkin agak kontraproduktif.

  • Karbon aktif

Penggunaan karbon aktif (permanen) sebagai media filter dalam akuarium tanaman yang diberi makan pupuk cair sesuai dengan kebutuhan tanaman, tidak cocok digunakan. Meskipun karbon aktif memastikan air jernih, sayangnya juga mengikat logam yang merupakan nutrisi penting bagi tanaman.

Baca Juga:  Mendesain Aquascape, Panduan Membuat Layout Aquascape Pemula

Besi dan elemen lainnya yang diumpankan melalui pupuk lengkap dihilangkan oleh karbon aktif. Dalam hal ini, seseorang harus menggunakan karbon aktif dalam akuarium tanaman hanya dalam kondisi tertentu, misalnya, hanya untuk jangka waktu singkat, untuk menghilangkan residu dari air setelah penggunaan obat terhadap penyakit ikan.

 

  • Media filter berkinerja tinggi

Yang disebut media filter berperforma tinggi adalah substrat filter dengan luas permukaan yang sangat besar untuk penumpukan bakteri, terbuat dari beragam, sebagian besar bahan berpori (keramik, bola plastik, kaca sinter).

Ini berfungsi untuk mengontrol dan mengurangi akumulasi air dengan senyawa nitrogen. Ini berada di bawah prinsip penyaringan biologis. Media filter berperforma tinggi masuk akal di akuarium dengan stok ikan tinggi dan polusi air yang sesuai, tetapi tidak di akuarium aquascape atau tanaman.

filter dengan penyaringan rendah cukup untuk pengoperasian akuarium tanaman untuk melengkapi filter hanya dengan beberapa spons filter. Banyak aquascaper sukses menggunakan filter yang hanya setengah atau sepertiga diisi dengan media filter. Ini juga memiliki efek positif pada sirkulasi air, karena ada lebih sedikit hambatan dalam rangkaian filter karena pengurangan bahan filter.

Baca Juga:  Aquascape Low Tech, Tips Sukses Aquascape Tanpa Injeksi CO2

 

Perlindungan intake

Banyak aquascapes dan akuarium tanaman, terutama di jajaran nano, dipenuhi dengan spesies ikan dan udang kerdil yang agak kecil.

Hewan kecil seperti itu dan terutama keturunannya harus dilindungi agar tidak tersedot melalui slot pemasukan dari aliran masuk filter. Untuk itu, pelindung penyaring dapat digunakan yang sesuai. Keranjang yang sangat halus ini terbuat dari jaring baja tahan karat yang bebas karat dan dapat digeser di atas pipa intake hingga rata. Perlu diingat, bahwa karena ukuran pori yang kecil, banyak endapan akan berakhir di pelindung filter, yang akan mengurangi daya isapnya. Karena itu, pastikan untuk membersihkan pelindung filter secara teratur.

Show More

Aquatic ID

Aquatic ID merupakan situs rintisan yang berusaha memberikan informasi detail mengenai berbagai seluk beluk aquascape dan segala peralatan pendukungnya. Semoga memberi manfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detect

Kami tumbuh dan besar dari advertising, Mohon non aktifkan adblocker pada browser.