Aquascape

Gaya Aquascape yang Mainstream di Seluruh Dunia

Berbagai gaya Aquascape yang Perlu Kota Ketahui

Gaya Aquascape yang Mainstream di Seluruh Dunia. Ada beragam gaya dan style aquascape yang banyak digunakan para hobiist. Meskipun kita juga bisa membuat tipikal tersendiri. Namun, ada baiknya mengenal beberapa gaya Aquascape yang memperoleh banyak pengaruh di berbagai negara. Berikut ini daftarnya:

Gaya Aquascape Belanda

Gaya ini dicirikan oleh berbagai jenis tanaman dengan beberapa jenis daun yang berwarna warni. Terlihat seperti ‘lapisan’ yang terangkat, atau teras, yang dikenal sebagai ‘jalanan’ Belanda.

auqscape dutch style

Dasar aquarium ditutupi oleh tanaman karpet, dengan tanaman yang lebih tinggi melapisi bagian belakang tangki. Aquascape gaya belanda jarang kita temui Batu atau kayu sebagai salah satu ornamen aquascape.

 

Aquascape Taiwan Style

Gaya Ini sudah tidak umum lagi, dan di beberapa daerah sudah ‘ketinggalan gaya’ dibandingkan dengan gaya Iwagumi atau Nature Aquarium.

aquascape  taiwan

Meskipun demikian, biasanya terlihat dengan teras tinggi dengan kedalaman yang berbeda-beda, dan fitur teranehnya adalah benda-benda kecil atau patung-patung yang diletakkan di dalam tangki untuk menciptakan kesan ‘hidup’.

Baca Juga:  Mendesain Aquascape, Panduan Membuat Layout Aquascape Pemula

 

Gaya Iwagumi

Ini adalah salah satu gaya aquascaping paling populer saat ini. Pertama kali dipopulerkan oleh Bapak Aquascaping Modern Takashi Amano, ditandai dengan serangkaian batu yang disusun sesuai dengan Rasio Emas, atau Aturan Ketiga.

Ada jumlah batu ganjil untuk mencegah tata letak ‘menyeimbangkan’, karena mata manusia selalu mencoba melihat ‘split’ dalam tata letak seimbang.

Setidaknya ada tiga batu: batu ‘Induk’ yang lebih besar, dan setidaknya dua batu sekunder. Mungkin ada lebih, asalkan jumlah totalnya tetap ganjil.

aquascape gaya iwagumi

Tank-tank ini dapat meniru lanskap alami, dengan tema umum tentang kesederhanaan dan ruang terbuka. Ada warna terbatas pada tanaman & batu, dan jumlah flora dan fauna yang bervariasi dijaga seminimal mungkin untuk menciptakan minimalis.

Skala sangat penting dalam gaya ini. Substrat jenis bubuk digunakan untuk menciptakan rasa berskala lebih besar, dan batu induk harus menjadi objek terbesar di akuarium. Ikan nano seperti Neon Tetra juga digunakan untuk menjaga skala.

Baca Juga:  Substrat Aquascape, Jenis Substrat untuk Aquascape

 

Gaya Biotope

Gaya ini berusaha untuk meniru dengan sempurna lingkungan alami, termasuk kondisi air, spesies flora dan fauna, dan bahkan hardscape batu dan / atau kayu apung. Ini bisa sangat indah, dan berguna bagi beberapa ahli biologi untuk mempelajari lingkungan yang seharusnya menjadi tantangan untuk dipelajari.

Anehnya, tangki-tangki ini biasanya agak lebih mudah dipasang dan dipelihara, karena tidak ada penelitian yang diperlukan untuk menentukan apakah flora dan fauna yang Anda gunakan kompatibel — mereka ada berdampingan di alam liar.

gaya biotope

Gaya ini agak jelas. Tujuannya adalah untuk meniru hutan, apakah itu Amazon, atau lokasi lain. Mereka cukup populer di tangki yang lebih besar, di mana skala penuh gaya dapat digambarkan secara efektif.

 

Gaya Aquascape Nature Aquarium

Aquascape bergaya alami telah lama diperkenalkan salah satu maestro aquascaper (perancang aquascape) asal Jepang,Takashi Amano.

Baca Juga:  Tanaman Foreground, Midground and Background dalam Aquascape

Ciri khas dari gaya ini adalah menghadirkan layout pemandangan yang tumbuh secara alami dan terinspirasi dari konsep berkebun Wabi Sabi di Jepang.

aquascape nature

Bila gaya Belanda menekankan pada harmonisasi penggunaan dan penempatan bergai jenis tanaman laut, maka nature aquarium style lebih menekankan pada keselarasan dan pengelompokan batu, kayu apung, dan tanaman air dalam rangka menciptakan respresentasi miniatur air dari sebuah lanskap lingkungan tertentu.

Biasanya menghadirkan versi skala kecil dari hutan hujan, pegunungan, bukit atau pun lembah.

Meski efek yang dihadirkan dari gaya ini terkesan begitu natural, seakan terbentuk dengan sendirinya, pada dasarnya untuk membuat aquascape bergaya ini membutuhkan perencanaan yang matang.

Pastikan Anda menentukan konsep atau pun temanya terlebih dahulu dengan sematang mungkin, agar mendapatkan gambaran akan seperti apa aquascape bergaya alami Anda nantinya.

Show More

Aquatic ID

Aquatic ID merupakan situs rintisan yang berusaha memberikan informasi detail mengenai berbagai seluk beluk aquascape dan segala peralatan pendukungnya. Semoga memberi manfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detect

Kami tumbuh dan besar dari advertising, Mohon non aktifkan adblocker pada browser.