Tanaman

Glossostigma Elatinoides, Tanaman Karpet Aquascape yang Artistik

Harga Glosso Tanaman Karpet Aquascape

Glossostigma Elatinoides, Tanaman Karpet Aquascape yang Artistik. Glossostigma elatinoides, umumnya dikenal sebagai glosso, berasal dari Selandia Baru di mana ia dapat ditemukan tumbuh di rawa dan rawa. Glooso tidak digunakan dalam akuarium sampai akhir 1980-an ketika Takashi Amano mengimpornya ke Jepang dan mulai membuat aquascapes menakjubkan yang dilapisi dengan tanaman kecil. Glosso sekarang populer di seluruh dunia dan dianggap sebagai salah satu pilihan latar depan paling populer untuk aquaria yang ditanam.

Saat menanam Glossostigma elatinoides di akuarium, rumpun kecil (sekitar 1/8 pot) harus ditempatkan dengan interval beberapa sentimeter untuk membantu tanaman tumbuh bersama lebih cepat. Penambahan CO2 dan air lunak meningkatkan pertumbuhan secara signifikan.

Info Tanaman

Type: Carpeting
Origin: Australia
Country or continent where a plant is the most common. Cultivars arise or are bred in cultivation.
Growth rate: High
Growth rate of the plant compared to other aquatic plants.
Height: 3 – 5+
Average height (cm) of the plant after two months in the tank.
Light demand: High
The average or medium light demand of an aquarium plant is 0,5 W/L.
CO2 : High
A medium need in CO2 is 6-14 mg/L. A high demand in CO2 is approx. 15-25 mg/L.
Baca Juga:  Bacopa Compact, Tanaman Aquascape Hijau Segar yang Mudah Tumbuh

 

Penempatan Glossostigma elatinoides di Aquascape

Tanaman ini harus digunakan sebagai tanaman latar depan, dan hanya ditempatkan di tempat yang memiliki banyak cahaya. Ketika cahaya tidak cukup kuat, atau tanaman diarsir oleh tanaman lain dan dekorasi, glosso akan tumbuh secara vertikal, menjadi kurus dan tidak menarik. Untuk alasan ini, berhati-hatilah saat menempatkan glosso untuk memastikannya tidak berbayang dari sumber cahaya.

Faktor penting lain dalam menempatkan glosso adalah kebutuhannya akan substrat yang kaya nutrisi; Zat besi sangat penting bagi tanaman ini untuk berkembang. Beberapa petani dan peternak yang sukses telah merekomendasikan Flora-base sebagai media substrat yang baik. ADA Aqua Soil dan Power Sand juga merupakan media yang disarankan. ADA Iron Bottom adalah suplemen zat besi yang sangat baik untuk setiap substrat yang Anda pilih, dan substrat tidak boleh terlalu kasar.

Baca Juga:  Cryptocoryne Crispatula var. Balansae Tanaman Aquascape dari Thailand

Ketika awalnya dibeli, Glossostigma elatinoides biasanya di pot. Keluarkan dari bahan pot, kemudian pisahkan ke dalam tanaman individu dengan memisahkannya sehingga masing-masing adalah satu set daun dengan satu akar. Masing-masing tanaman harus berjarak sekitar 1 cm di area di mana mereka akan menerima cahaya penuh.

Dengan menggunakan pinset, letakkan setiap tunas kecil di dalam substrat dengan hati-hati agar tidak ada bagian akar yang terpapar. Daunnya harus hampir tidak terlihat dan terletak tepat di atas substrat. Beberapa mengubur seluruh tanaman, lalu dengan lembut menyeka cukup substrat untuk hanya mengekspos daun. Dikatakan bahwa tidak mungkin menanam glosso terlalu dalam.

 

Perawatan Tanaman Glosso

Cahaya adalah kunci sukses tanaman Glossostigma elatinoides, serta substrat yang kaya nutrisi dan penggunaan karbon dioksida (CO2). Tanpa tambahan CO2, ganggang dapat menjadi masalah yang bersaing, dan pertumbuhan akan jauh lebih lambat. CO2 harus berada pada level minimal 20-30 mg / L. Airnya harus lunak dengan pH sedikit asam.

Baca Juga:  Anubias Nana, Tipikal Tanaman dan Teknik Perawatan Anubias Nana

Pencahayaan harus minimal 3 hingga 4 watt per galon untuk memastikan pertumbuhan horisontal yang tepat. Jika tanaman mulai tumbuh secara vertikal itu merupakan indikasi terlalu sedikit cahaya. Daun yang semakin gelap umumnya merupakan indikasi terlalu sedikit zat besi. Daun kuning juga merupakan pertanda nutrisi terlalu sedikit. Daun tipis dan ramping akan terjadi bila ada terlalu banyak CO2.

Ketika cahaya dan nutrisi berlimpah, Glossostigma elatinoides menyebar dengan cepat dengan mengirimkan tunas lateral. Saat tanaman tumbuh, sering akan tumbuh di atas dirinya sendiri dan harus dipangkas untuk menjaga tanaman padat dan rendah ke dasar tangki.

Show More

Aquatic ID

Aquatic ID merupakan situs rintisan yang berusaha memberikan informasi detail mengenai berbagai seluk beluk aquascape dan segala peralatan pendukungnya. Semoga memberi manfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detect

Kami tumbuh dan besar dari advertising, Mohon non aktifkan adblocker pada browser.