Tanaman

Hemianthus Callitrichoides Cuba, Tanaman Karpet Aquascape

Harga Hemianthus Callitrichoides Cuba dan Cara Merawatnya

Hemianthus Callitrichoides Cuba, Tanaman Karpet Aquascape. Hemianthus callitrichoides Cuba adalah salah satu tanaman akuarium terkecil di dunia. Awalnya diimpor oleh Holger Windelov, yang menemukannya di dasar sungai di Kuba, di sebelah barat Havana. Batangnya yang halus dengan daun bundar kecil hingga bulat telur memiliki kebiasaan tumbuh merayap.

Ketika ditanam dalam berkas kecil pada jarak beberapa sentimeter, tanaman akan segera menyebar dan membentuk karpet yang tidak terputus. Hemianthus callitrichoides adalah tanaman latar depan yang menarik untuk tangki kecil maupun besar.

 

Plant info

Type: Carpeting
Origin: North America
Country or continent where a plant is the most common. Cultivars arise or are bred in cultivation.
Growth rate: Medium
Growth rate of the plant compared to other aquatic plants.
Height: 3 – 5+
Average height (cm) of the plant after two months in the tank.
Light demand:
The average or medium light demand of an aquarium plant is 0,5 W/L.
CO2 :
A medium need in CO2 is 6-14 mg/L. A high demand in CO2 is approx. 15-25 mg/L.
Baca Juga:  Alternanthera Reineckii Mini, Favorit Tanaman Gaya Dutch Style

Hemianthus callitrichoides alias baby tear diimpor dari Kuba pada tahun 2004 oleh Tropica dan dengan demikian menemukan jalannya ke dalam hobi yang relatif baru. Tanaman itu ditemukan oleh Holger Windeløv sekitar 90 km di sebelah timur Havana di sungai berbatu selama musim kemarau.

Populasi padat, seperti bantal rooting di substrat kerikil tumbuh sekitar 50 cm di atas garis air, dan ia dengan aman berasumsi bahwa selama musim hujan, seluruh populasi tenggelam di perairan hingga kedalaman 1 m, dengan arus yang kuat.

Ukuran daunnya yang hanya empat hingga tiga milimeter menjadikan spesies Hemianthus ini tanaman akuarium terkecil di dunia. Selama beberapa tahun telah menjadi salah satu tanaman aquascaping paling populer.

Baca Juga:  Eleocharis montevidensis, Giant Hairgrass Buat Background Aquascape

 

Perawatan Hemianthus callitrichoides ‘Cuba’

Mayoritas tanaman Hemianthus callitrichoides bisa dibudidayakan emersed dan memiliki daun bundar. Di axils, kadang-kadang Anda bisa melihat bunga putih kecil. Bentuk yang tenggelam terlihat sangat mirip, dengan pertumbuhan karpet atau bantal yang rendah.

Ketika ditanam di petak-petak kecil beberapa sentimeter terpisah di latar depan akuarium yang cukup terang, Hemianthus callitrichoides tumbuh membentuk karpet tanaman hijau yang lebat dalam 3 hingga 4 minggu.

H. callitrichoides memiliki pertumbuhan yang lebih kompak dengan intensitas cahaya optimal. Temperatur optimumnya terletak sekitar 25 ° C, namun, juga mentolerir suhu dalam kisaran antara 20 dan 28 ° C.

Tidak selalu perlu untuk injeksi CO2, namun, tanaman tumbuh lebih sehat dengannya. Tanaman ini rentan terhadap kekurangan zat besi, yang gejalanya adalah ujung daun menguning. Ini juga harus dilengkapi dengan jumlah makronutrien yang cukup, terutama nitrat.

Baca Juga:  Echinodorus Reni, Tanaman Aquatic Hasil Persilangan yang Cantik

kerapatan dan penampilannya yang sangat bagus menjadikan H. callitrichoides tanaman akuarium yang sangat menarik dan direkomendasikan. Ini tidak hanya cocok untuk struktur seperti karpet di latar depan, tetapi juga untuk tata letak dengan banyak batu sebagai aksen yang bagus di celah-celah.

Bahkan dapat dilekatkan pada kayu apung, di mana ia membentuk bantal hijau cerah besar dengan pucuk yang menggantung. Tanaman mungil ini sangat cocok untuk tangki nano.

 

Harga Hemianthus callitrichoides Cuba

Tanaman Hemianthus callitrichoides Cuba cukup mudah ditemukan di pasaran. Biasanya dijual per Cup diperdagangkan melalui forum, toko online, maupun di toko aquascape. Harganya berkisar antara antara Rp. 15.000 – Rp. 25.000 per cup.

Show More

Aquatic ID

Aquatic ID merupakan situs rintisan yang berusaha memberikan informasi detail mengenai berbagai seluk beluk aquascape dan segala peralatan pendukungnya. Semoga memberi manfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detect

Kami tumbuh dan besar dari advertising, Mohon non aktifkan adblocker pada browser.