Tanaman

Hygrophila Pinnatifida Tanaman Aquascape Endemik dari India

Harga Hygrophila pinnatifida dan Cara Perawatannya

Hygrophila Pinnatifida Tanaman Aquascape Endemik dari India. Hygrophila pinnatifida dari India tumbuh daun lobed yang unik dengan warna hijau zaitun, coklat kasar sampai merah kecoklatan dengan pola kuning muda di akuarium.

Bagian bawahnya berwarna merah anggur. Tanaman menumbuhkan tunas lateral horizontal yang akarnya akan menempel pada batu atau kayu apung. Ini hanya dibudidayakan di akuarium sejak 2008, hari ini menjadi tanaman yang sangat populer dengan banyak kegunaan dalam aquascaping.

Ketika pucuk pucuk dipangkas secara teratur, tanaman mempertahankan kebiasaan pertumbuhannya yang kompak. Jika pucuk tidak dipotong, batang tumbuh tinggi dan tegak dengan daun panjang. Ketika ditanam dalam kelompok yang lebih kecil di depan latar belakang yang tenang, kebiasaan dan warna pertumbuhan tanaman ini menarik perhatian.

Habitat dan Karakteristik Hygrophila Pinnatifida

Hygrophila pinnatifida adalah hygro langka yang endemik di India. Di sana tumbuh di anak sungai di wilayah pesisir barat di kaki Ghats Barat (Maharashtra, Goa, Karnataka, Tamil Nadu), dan dalam literatur, temuan tanaman ini juga didokumentasikan untuk negara bagian Uttar Pradesh di India utara.

H. pinnatifida telah dikenal dalam ilmu pengetahuan selama lebih dari 150 tahun, namun baru dibudidayakan sebagai tanaman akuarium sejak awal tahun 2008. Sampai saat ini (2010) masih tergolong jarang di hoby, namun beberapa pembibitan tanaman air besar telah sudah memasukkannya ke dalam rangkaian produk mereka sebagai hal baru.

Baca Juga:  Jenis Moss Aquascape dan Metode Perawatan Moss Agar optimal

Tanaman ini berbeda dari spesies Hygrophila yang sampai sekarang dipelihara di akuarium. Daunnya dari bentuk emersed dan submersed yang menyirip ke pinnatisect dan dengan demikian sangat dekoratif. Selain itu, daun yang tenggelam memiliki warna khusus yang mengingatkan pada beberapa spesies Cryptocoryne: sisi atasnya berwarna coklat hingga hijau zaitun dengan pola kekuningan muda di mana urat daun lateral bercabang dari pelepah, bagian bawahnya berwarna merah Burgundy.

Ketika dibudidayakan di bawah air, H. pinnatifida mengembangkan tunas tegak dan juga tunas menjalar, yang dapat menempel pada batu atau kayu apung dengan akarnya. Di ujung tunas yang bercabang banyak ini, tunas tegak berkembang. Mereka bisa tetap agak pendek untuk jangka waktu yang lebih lama, terlihat seperti roset. Batangnya berwarna coklat dan agak keras.

H. pinnatifida tumbuh normal di bawah cahaya sedang, namun, pencahayaan yang lebih intensif membantunya tumbuh lebih kompak. Kebiasaan tumbuh kompak juga dapat ditingkatkan dengan melepaskan ujung pucuk secara teratur. Suplai nutrisi dan CO2 yang baik direkomendasikan. Hygrophila ini rupanya cukup rentan terhadap kekurangan kalium, yang gejalanya berupa lubang kecil seperti tusukan jarum pada daun yang lebih tua.

Substrat tampaknya tidak terlalu penting. Tanaman membentuk sistem akar yang agak kecil, tidak terlalu dalam. Saat mencabut tanaman dari tanah, Anda akan melihat bahwa akarnya menempel pada pasir atau butiran kerikil.

Baca Juga:  Aponogeton crispus, Tanaman Aquascape Cantik dari Sri Lanka

Untuk perbanyakan, paling baik digunakan tunas lateral. Telah diamati bahwa stek pucuk pucuk berkembang dengan buruk. Tanaman yang sudah menumbuhkan akar atau tanaman dari budidaya emersed cenderung tumbuh lebih cepat di akuarium daripada stek tanpa akar.

Tingkat pertumbuhan sedikit berbeda tergantung pada kondisi tanaman disimpan dan tahap perkembangannya. Di bawah cahaya sedang dan pasokan nutrisi dan CO2 terbatas, ia tumbuh dan berkembang biak agak lambat, namun, di bawah cahaya intensif dan pasokan makronutrien dan CO2 yang cukup, pucuk tegak tanaman kuat akan segera mencapai permukaan air.

Di tangki terbuka, mereka mungkin akan tumbuh di atas permukaan air dan mengembangkan bunga dalam waktu yang relatif singkat.

Pada substrat yang lembab, dengan pencahayaan yang baik dan dengan suplai nutrisi yang cukup, H. pinnatifida dapat dibudidayakan dengan cara dibudidayakan. Tunas yang muncul tumbuh tegak dan mengembangkan rambut kelenjar. Daun yang muncul berwarna hijau sedang dan tumbuh lebih lebar dan lebih pendek dari bentuk bawah air. Ketika dibudidayakan di siang hari, tanaman mulai mekar terutama di musim semi.

Hygrophila yang unik ini mungkin paling efektif jika ditanam dalam kelompok kecil di tengah-tengah akuarium, di depan latar belakang yang tenang, di mana bentuk dan pola daunnya yang khas paling menonjol. Apalagi bila tanaman tumbuh subur gagah kebiasaan tumbuhnya mengingatkan pada pakis. Planlet yang tumbuh sangat rendah yang tumbuh di ujung runner dapat ditanam di latar depan secara berkelompok. Karena H. pinnatifida memiliki spektrum warna yang agak gelap, tanaman tetangga dengan rona merah yang cerah dan intensif dapat dengan mudah mengalahkannya.

Baca Juga:  Echinodorus Reni, Tanaman Aquatic Hasil Persilangan yang Cantik

H. pinnatifida tentunya menawarkan lebih banyak kemungkinan untuk aquascaping yang belum terdeteksi, terutama terkait kemampuannya untuk menempel pada batuan atau kayu apung beserta akarnya.

 

Plant info

Type: Stem
Origin: Asia
Country or continent where a plant is the most common. Cultivars arise or are bred in cultivation.
Growth rate: Medium
Growth rate of the plant compared to other aquatic plants.
Height: 15 – 30+
Average height (cm) of the plant after two months in the tank.
Light demand: Medium
The average or medium light demand of an aquarium plant is 0,5 W/L.
CO2 : Medium
A medium need in CO2 is 6-14 mg/L. A high demand in CO2 is approx. 15-25 mg/L.

 

Harga Hygrophila pinnatifida

Harga Hygrophila pinnatifida dipasaran termasuk cukup murah. Biasanya dijual per cup atau per ikat dengan beberapa batang. Harganya bervariasi Mulai Rp. 12.000 – Rp. 20.000

Show More

Aquatic ID

Aquatic ID merupakan situs rintisan yang berusaha memberikan informasi detail mengenai berbagai seluk beluk aquascape dan segala peralatan pendukungnya. Semoga memberi manfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detect

Kami tumbuh dan besar dari advertising, Mohon non aktifkan adblocker pada browser.