Ikan Hias

Ikan Black Ghost: Karakteristik, Makanan, dan Cara Merawatnya

Mengenal Ikan Black Ghost

ikan black ghost

Pernah mendengar ikan Black Ghost? Ikan ini termasuk salah satu jenis ikan hias yang banyak digemari. Mereka yang biasanya memelihara black ghost adalah orang-orang yang suka membuat aquascape. Salah satu alasan kenapa ikan ini populer adalah karena memiliki bentuk yang unik. Jika Anda perhatikan, black ghost memiliki bentuk tubuh yang panjang dan tubuhnya memiliki warna dominan hitam.

Ada juga sedikit coretan putih di bagian ekornya. Ada juga yang menyebut ikan black ghost sebagai ikan Flag Fish. Hal ini karena gerakan ikan ini yang jika diperhatikan mirip dengan bendera yang berkibar. Ikan ini juga masih tergolong sebagai sauddara dari ikan Brown Ghost dan White Ghost. Yang menjadi pembeda di antara ketiga jenis ikan tersebut adalah warna tubuhnya.

Baca Juga:  Jenis-Jenis Ikan Arwana Terbaik yang Banyak Dicari

Karakteristik Ikan Black Ghost

Sama halnya dengan ikan hias pada umumnya, ikan black ghost juga memiliki karakteristiknya tersendiri. Salah satu ciri khas ikan ini adalah black ghost bukan termasuk ikan yang agresif. Black ghost merupakan ikan yang cenderung pendiam dan kalem. Bahkan jarang menampakkan tubuhnya di mana ikan ini lebih sering menghabiskan waktunya untuk bersembunyi di balik batu atau tempat lain yang memang bisa dijadikan sebagai tempat persembunyian.

Namun perlu diingat bahwa dibalik sifatnya yang kalem, ternyata black ghost mampu menghasilkan listrik. Tegangan listrik yang dihasilkan memang tergolong lemah yaitu kurang dari 1 volt/cm. Sementara itu, untuk frekuensinya berkisar antara 0,1 sampai dengan 10 kHz. Tegangan listrik yang dihasilkan digunakan untuk berburu dan juga mencari makan. Selain itu, tegangan listrik tersebut juga bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan black ghost yang lainnya.

Baca Juga:  5 Jenis Ikan Hias Air Tawar Terbaik Untuk Budidaya

Nama Lain Ikan Black Ghost

Selain dinamakan sebagai ikan black ghost, ternyata ikan ini juga memiliki banyak sebutan yang lain. Penyebutan tersebut memang berdasarkan bentuk tubuhnya yang unik. Adapun beberapa sebutan lain dari black ghost yaitu:

  • Ikan bulu ayam
  • Ikan listrik
  • Ikan penari balet
  • Ikan pisau
  • Ikan bendera
  • Ikan setan hitam

Makanan Ikan Black Ghost

Ikan black ghost termasuk ikan yang cenderung makan apa saja. Namun yang harus menjadi perhatian Anda adalah ukuran mulutnya yang kecil. Jadi, pastikan memberi makanan berukuran kecil. Ikan ini biasanya makan pelet atau cacing. Beri makan secara rutin dengan takaran yang sewajarnya.

Cara Merawat Ikan Black Ghost

Lalu bagaimana cara merawat ikan black ghost? Ikan hias yang satu ini termasuk ikan yang tangguh. Dengan kata lain, merawat ikan ini tidak sulit dan juga tidak memerlukan perawatan yang khusus. Ikan ini juga tidak suka tinggal di air yang keruh meskipun sebenarnya black ghost menyukai akuarium gelap. Untuk menjaga kualias ikan di dalam akuarium, Anda harus mengganti airnya secara rutin minimal 2 bulan sekali atau ketika airnya sudah terlalu keruh.

Baca Juga:  Cara Budidaya Ikan Cupang, Cara Sederhana Bisa untung Jutaan

 

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detect

Kami tumbuh dan besar dari advertising, Mohon non aktifkan adblocker pada browser.