Ikan Hias

Ikan Buntal Totol: Ikan Buntal Khas Indonesia (Ikan Air Tawar)

Ikan buntal adalah salah satu ikan yang banyak dijadikan sebagai ikan hias karena memiliki bentuk yang lucu. Ikan ini mempunyai ratusan spesies yang sebagian besar hidup di laut. Namun ada juga ikan buntal yang habitatnya berada di air tawar. Salah satu ikan buntal air tawar yang terkenal adalah ikan buntal totol.

Ikan ini memiliki nama lain yaitu spotted green puffer yang memang memiliki warna agak kehijauan dengan motif bertotol-totol. Ikan yang satu ini banyak Anda temukan di sunga-sungai Sumatra dan Kalimantan. Di bawah ini kami akan memberikan informasi yang menarik seputar ikan buntal totol.

Habitat Ikan Buntal Totol

ikan buntal totol

Selain habitatnya berada di air tawar, ternyata ikan yang satu ini tidak terlalu suka berada di tempat yang terang. Jika Anda perhatikan, ikan ini kerap bersembunyi di balik dedaunan sampai menunggu mangsa menghampirinya. Air sungai yang ada di habitatnya memang terus mengalir dan mereka akan gelisah jika dipindahkan ke habitat dengan air yang tidak mengalir.

Baca Juga:  Ciri-Ciri Ikan Cupang Terbaik Harga Mahal

Maka dari itu, bagi Anda yang berniat memelihara ikan buntal totol maka pastikan tempat airnya harus terus mengalir. Jika Anda meletakkannya di akuarium, maka pastikan air dalam akuarium terus mengalir agar ikan ini tidak stress dan mungkin saja bisa mati.

Karnivora yang Suka Menyendiri

Meskipun ikan buntal totol memiliki bentuk yang lucu, namun Anda jangan terkecoh dengan penampilannya. Siapa yang menyangka jika dibalik bentuknya yang lucu ternyata ikan buntal merupakan ikan ini termasuk golongan karnivora. Itu artinya, ikan buntal totol hidup dengan memakan hewan lainnya.

Lalu apa saja makanan ikan ini? ikan buntal totol biasanya memakan kerang, siput, maupun ikan-ikan lainnya yang memiliki ukuran tubuh lebih kecil. Selain itu, Anda juga perlu tahu bahwa ikan ini tidak terlalu suka bergaul. Ikan buntal totol lebih suka menyendiri untuk mengamankan wilayahnya. Ketika Anda atau ada ikan lain yang berani mengganggu, maka ikan ini tidak akan segan-segan menyerangnya.

Baca Juga:  Ikan Guppy: Pengertian, Habitat, Karakteristik, dan Cara Merawatnya

Demikian informasi yang bisa kami berikan mengenai ikan buntal totol. Semoga bermanfaat.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detect

Kami tumbuh dan besar dari advertising, Mohon non aktifkan adblocker pada browser.