Ikan Hias

Ikan Corydoras: Karakteristik, Habitat, dan Cara Merawatnya

Mengenal Ikan Corydoras

ikan corydoras

Ikan corydoras merupakan salah satu ikan hias yang cukup populer. Ikan ini ada yang yang menyebutnya sebagai ikan lele dan ikan tikus. Nama Corydoras berasal dari bahasa Yunani yang memiliki arti Cory (helm) dan juga Doras (kulit). Jika diterjemahkan ke Indonesia, kurang lebih artinya adalah Armor Ikan. Ikan corydoras tersebar di daerah neo-tropis yang jumlahlnya kurang lebih 142 spesies.

Sampai sekarang, corydoras menjadi salah ikan yang banyak diincar oleh para pecinta ikan hias. Terutama mereka yang sudah biasa main aquascape. Hal ini karena corydoras memiliki ukuran yang kecil sehingga akan memberikan pemandangan yang indah.

Habitat Ikan Corydoras

Habitat dari ikan corydoras adalah di sungai-sungai kecil dan rawa-rawa. Biasanya ikan ini akan hidup di pinggiran sungai yang bersih dan dangkal. Anda bisa menemukan corydoras di sela-sela tanaman yang tumbuh di pinggiran sungai. Corydoras juga bisa tinggal di berbagai jenis air. Akan tetapi, ikan ini akan lebih senang tinggal di tempat dengan air yang netral, lembut, dan juga sedikit asam maupun basa.

Baca Juga:  Ikan Koi: Taksonomi, Jenis, Habitat, dan Cara Merawatnya

Di habitat aslinya, corydoras akan mengkonsumsi serangga-serangga yang ada di bawah air. Ikan ini juga terkadang mengkonsumsi lava dan cacing. Meskipun pada dasarnya ikan ini termasuk ke dalam jenis predator, namun corydoras hanya akan memakan ikan yang sudah mati. Cara memakannya pun cukup unik karena posisi mulutnya yang ada di bawah. Jadi, corydoras akan menyedot makanannya.

Karakteristik Ikan Corydoras

Untuk karakter bawaan dari ikan corydoras yaitu tenang. Ikan ini juga jarang melakukan pergerakan dan lebih banyak menghabiskan waktunya untuk diam (namun tidak stagnan). Ikan ini termasuk jenis ikan penghuni bawah air yang mana Anda lebih sering menemukan corydoras berada di dasar akuarium. Sesekali corydoras akan naik ke permukaan meskipun jarang Anda bisa mendapatkan momen tersebut.

Baca Juga:  5 Jenis Ikan Hias Air Tawar Terbaik Untuk Budidaya

Namun perlu diingat bahwa meskipun corydoras termasuk ikan yang tenang, akan tetapi ikan ini mempunyai sifat penasaran yang tinggi. Ikan ini akan aktif menggosek pasir ke sana ke mari untuk mencari kemungkinan adanya makanan pada setiap sudut akuarium. Sementara itu, untuk ukuran tubuhnya hanya berkisar antara 2,5 sampai dengan 6 cm.

Jenis Ikan Corydoras yang Populer di Indonesia

Terdapat beberapa jenis ikan corydoras yang terkenal di Indonesia, di antaranya:

  • Corydoras aeneus
  • Corydoras barbatus
  • Corydoras adolfoi
  • Corydoras panda
  • Corydoras rabauti
  • Corydoras paleatus
  • Corydoras sterbai
  • Corydoras sychri
  • dan lain-lain

Cara Merawat Ikan Corydoras

Sebenarnya, cara merawat ikan corydoras cukup mudah. Anda tidak perlu melakukan perawatan khusus, termasuk makanannya pun tidak ribet. Ikan ini bahkan bisa makan sisa-sisa makanan yang berasal dari ikan yang lainnya. Akan tetapi, kami menyarankan agar Anda menambahkan pasir di akuarium. Tambahkan juga kerikil-kerikil berukuran kecil.

Baca Juga:  Ikan Mas Koki: Pengertian, Habitat, Jenis, dan Cara Merawatnya

Hal ini bertujuan untuk membuat ekosistem yang ada pada corydoras mirip seperti habitat aslinya. Jangan lupa untuk menambahkan tanaman air yang akan membuat corydoras semakin nyaman dan bahagia tinggal di akuarium.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detect

Kami tumbuh dan besar dari advertising, Mohon non aktifkan adblocker pada browser.