Ikan Hias

5 Jenis Ikan Hias Air Tawar Terbaik Untuk Budidaya

Ikan hias air tawar mempunyai bentuk yang cantik. Dibandingkan dengan ikan laut, ikan air tawar lebih mudah dipelihara dan dibudidayakan. Anda tidak memerlukan keahlian khusus atau harus memiliki teknologi yang canggih. Selain itu, biaya untuk memelihara atau budidaya ikan hias tawar pun tidak sampai menguras kantong Anda.

Jenis Ikan Hias Air Tawar Terbaik Untuk Budidaya

Bagi Anda yang sekarang ingin membudidayakan ikan hias air tawar, di bawah ini kami akan merekomendasikan beberapa jenis ikan hias untuk menjadi referensi Anda.

1. Ikan Arwana

ikan hias air tawar

Ikan hias air tawar yang kami rekomendasikan pertama kali adalah ikan arwana. Ikan ini termasuk jenis endemik yang berasal dari Indonesia. Ikan arwana mempunyai nama latin yaitu Scrleopages sp. Ikan jenis ini banyak Anda jumpai di perairan air tawar serta daerah sungai yang ada di Kalimantan dan Papua.

Baca Juga:  Ikan Mas Koki: Pengertian, Habitat, Jenis, dan Cara Merawatnya

Ikan arwana juga termasuk jenis ikan ekslusif karena harga jualnya yang tinggi. Bahkan ikan hias yang satu ini dipercaya sebagai pembawa keberuntungan. Tidak heran jika banyak orang yang tertarik memelihara maupun membudidayakannya.

2. Ikan Louhan

ikan hias air tawar

Pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan ikan yang satu ini. Ikan louhan juga merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang banyak diminati. Bahkan ikan louhan setara dengan ikan arwana baik dari segi kepopulerannya serta harga jualnya.

3. Ikan Cupang

ikan hias air tawar

Sama dengan ikan arwana, ikan cupang juga termasuk ke dalam ikan endemik di beberapa negara yang ada di Asia Tenggara. Habitat asli ikan cupang di rawa daerah tropis sehingga membuatnya mampu hidup meskipun dengan volume air yang sedikit dan dengan kandungan oksigen yang minim. Bagi Anda yang ingin menekuni bisnis budidaya ikan, ikan cupang bisa menjadi pilihan terbaik Anda.

Baca Juga:  Budidaya Ikan Neon Tetra, Panduan Ternak Ikan Tetra Untung Maksimal

4. Ikan Koi

ikan hias air tawar

Siapa yang tidak kenal ikan koi? Ikan koi merupakan ikan hias air tawar yang pertama kali terkenal di Jepang. Daya tarik warnanya akan membuat semua orang tertarik memeliharanya. Budidaya ikan koi pun tergolong mudah. Akan tetapi, mendapatkan yang kualitas bagus itulah yang cukup sulit karena Anda harus benar-benar paham mana ikan koi berkualitas.

5. Ikan Guppy

ikan hias air tawar

Jenis ikan hias air tawar untuk budidaya yang terakhir kami jelaskan adalah ikan Guppy. Ikan ini juga termasuk yang mudah dipelihara serta dibudidayakan. Nilai jualnya pun juga menjanjikan. Salah satu kelebihannya adalah ikan guppy mampu bertelur sebanyak 3 kali dalam sekali perkawinan serta mampu menghasilkan burayak antara 100 sampai 300 untuk sekali melahirkan. Hal inilah yang menjadikan bisnis ikan guppy sangat menjanjikan.

Baca Juga:  5 Jenis Ikan Oscar yang Paling Banyak Dicari
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detect

Kami tumbuh dan besar dari advertising, Mohon non aktifkan adblocker pada browser.