Ikan Hias

Mengenal Ikan louhan: Temperatur, Usia, dan Ukurannya

Ikan louhan atau yang memiliki nama cichild merupakan salah satu ikan peliharaan terbaik. Salah satu alasan mengapa banyak orang yang memeliharanya karena ikan ini mempunyai sifat yang interaktif. Mereka memang diktahui menanggapi manusia ketika diajak berinteraksi. Bahkan beberapa ikan louhan akan mengangkat jenongnya dari air seolah-olah meminta untuk dibelai.

Perlu Anda tahu bahwa ikan louhan termasuk golongan ikan hibrida yang didasarkan salah satu ikan buatan manusia paling awal yaitu blood parrot. Semenjak ikan ini muncul, louhan telah banyak dihibridasi dengan berbagai cichild yang lain. Untuk sejarah mereka sendiri masih belum banyak yang mengetahuinya serta sangat bervariasi pada setiap strain.

Mengenal Lebih Dekat Ikan Louhan

ikan louhan

Di bawah ini kami akan menyajikan informasi yang akan membantu Anda mengenal lebih dekat louhan.

Baca Juga:  5 Jenis Ikan Oscar yang Paling Banyak Dicari

1. Tempramen

Diketahui bahwa ikan louhan merupakan ikan yang cenderung lebih agresif terhadap teman seakuariumnya. Akan tetapi, beberapa jenis ikan diketahui mampu hidup berdampingan dengan louhan. Selain itu, ikan ini juga cenderung lebih agresif terhadap apapun yang berusaha memasuki daerah kekuasannya. Sebaliknya, ikan ini akan berperilaku seperti anak anjing pada pemiliknya.

2. Spesies Invasif

Ikan louhan merupakan ikan yang tidak memiliki habitat alami serta bukan spesies alami. Namun, beberapa diketahui sudah dilepas ke alam liar dan sekarang ikan ini digolongkan sebaga spesies invasif. Anda bisa menemukan ikan ini di sekitar Asia Timur. Namun, ternyata dampak spesies invasif ini tidak terlalu banyak karean diketahui bahwa ikan louhan merupakan ikan yang tidak terlalu subur.

Baca Juga:  9 Jenis Ikan Botia yang Banyak Dicari untuk Dipelihara

3. Usia

Penjelasan selanjutnya berkaitan dengan usia louhan. Ikan louhan bertubuh pendek memiliki usia yang cenderung pendek yaitu kurang lebih 4 sampai dengan 5 tahun. Sementara itu, untuk ikan louhan yang bertubuh panjang memiliki usia atau harapan hidup kira-kira 8 sampai dengan 12 tahun. Jika Anda memeliharanya di akuarium, maka perawatan ikan louhan merupakan kunci utama terhadap umurnya.

4. Ukuran

Lalu bagaimana dengan ukurannya? Ikan louhan memiliki ukuran yang bervariasi, tergantung dari jenisnya. Salah satu contohnya adalah louhan King Kamfa yang memiliki ukuran maksimal sekitar 30 sampai 40 cm. Sementara untuk ikan Thailand Silk memiliki ukuran maksimal 20 sampai dengan 30 cm.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detect

Kami tumbuh dan besar dari advertising, Mohon non aktifkan adblocker pada browser.