Ikan Hias

Ikan Neon Tetra, Ikan Berkelompok Favorit untuk Aquascape

Panduan memelihara Ikan Tetra di Aquascape

Ikan Neon Tetra, Ikan Berkelompok Favorit untuk Aquascape . Ikan Tetra adalah salah satu ikan tropis paling umum dan populer. Ini karena ukurannya yang kecil, temperamen tenang, biaya rendah, tahan banting dan warna yang kuat.

Tetra sangat mudah dirawat dan dapat ditempatkan bersama hampir semua spesies non-agresif lainnya. Ukuran kecil dan sifat ikan Tetra sering berkelompok bersama di akuarium. Sifat yang diinginkan dalam spesies air tawar dan dapat menambahkan efek cemerlang untuk akuarium besar.

Ada banyak spesies tetra, yang paling umum Neon Tetra, Kardinal Tetra, Penguin Tetra, Harlequin Tetra, Rummynose Tetra, Glowlight Tetra, Ember Tetra & Glowlight Tetra. Spesies ini memiliki warna yang sangat baik, kepribadian yang hidup dan kurang sensitif terhadap kondisi air daripada ikan lainnya. Mereka memiliki ukuran maksimum 2 “dan dapat hidup hingga 10 tahun di penangkaran jika dirawat dengan benar.

 

Lingkungan ideal untuk Tetra

 

  • Suhu ~ 74 ° F

Suhu akuarium optimal untuk Tetras adalah sekitar 72 ° F – 78 ° F (22 ° C-26 ° C). Ketika ditempatkan dengan Discus pada 80 ° F + Tetras umumnya akan memiliki metabolisme yang lebih tinggi dan menjadi lebih mudah stres. Rentang hidup mereka juga akan menjadi lebih pendek.

  • pH ~ 6,5 | Kekerasan 6.0

Pertahankan pH Anda antara sekitar 5,5 dan 7. Tetras yang dibesarkan dengan tangki dapat menerima pH lebih rendah atau lebih tinggi tergantung pada parameter air penyimpanan. Pastikan untuk memeriksa ini saat membeli.
Kekerasan air relatif harus 4kH – 8kH. Ini akan mereplikasi kondisi yang relatif lunak mirip dengan amazon.

  • Ukuran Maks ~ 2 “

Baik pria dan wanita dapat tumbuh sekitar 2 “.

  • Nitrit 0ppm
Baca Juga:  9 Jenis Ikan Botia yang Banyak Dicari untuk Dipelihara

Nitrit harus selalu 0.

  • Amoniak 0ppm

Tetra sensitif terhadap paku amonia. Mereka mungkin kehilangan warna dan bernafas dengan cepat.

  • Nitrat> 40 ppm

Nitrat harus selalu sedekat mungkin dengan 0ppm. Setiap bacaan di bawah 40ppm cocok untuk menjaga Tetras. Level yang tinggi dapat dikurangi dengan menambahkan tanaman air dan meningkatkan jumlah perubahan air.

Jenis ikan tetra Blood Fin

Memelihara Ikan Neon Tetra

Ikan tetra bisa diberi makan seperti ikan hias lainnya. Mulai dari yang makanan hidup, buatan, hingga beku. Tetapi yang harus diperhatikan bahwa makanan tersebut memiliki ukuran kecil karena mulut dari ikan ini juga mungil. Ada pula santapan hidup favoritnya merupakan cacing darah, cacing putih, cacing tubifex, serta udang air asin.

Tapi jika menurutmu makanan hidup terlalu repot, kamu bisa memilih memberinya pakan buatan seperti pelet ikan hias, yang harus diperhatikan bahwa kandungan pelet tersebut sudah sesusai dengan yang dibutuhkan ikan neon tetra kamu selain itu pilih lah merk yang sudah terkenal dan bagus.

Karena ikan ini sangat sensitif akan perubahan kondisi air, maka harus hati-hati untuk pertama memasukkan air di akuarium. Jika kamu habis membeli ikan neon tersebut maka jangan buru-buru untuk memindahkannya ke akuarium.

Pertama-tama masukkan ikan neon tetra yang masih dibungkus plastik ke akuarium yang sudah ada airnya. Tunggu sekitar 45 menit setelah itu baru buka bungkus plastik dari ikan tersebut.

Untuk merawatnya tidak terlalu rumit, kamu hanya cukup menjaga kualitas air dan suhu nya agar stabil. Jaga kehangatan air di angka 70- 81 derajat Fahrenheit ataupun 21- 27 derajat Celcius. Pakai filter internal ataupun eksternal. Lalu ganti airnya sekitar 25% dari total air yang ada diakuarium seminggu sekali.

Baca Juga:  Budidaya Ikan Neon Tetra, Panduan Ternak Ikan Tetra Untung Maksimal

 

Harga Ikan

Ikan ini sangat mudah ditemukan diperbagai lapak ikan hias ataupun di online. Biasanya dijual perkantong bisa berisi 5-10 ikan dan harganya juga cukup ramah sekitar Rp. 10.000 – Rp. 15.000 satu kantong isi 5-10 ekor tergantung kebijakan penjual.

 

Cara Memijahkan Ikan Neon Tetra

Persiapkan Akuarium khusus untuk pemijahan, isikan dengan air sekitar 10 liter untuk 1 pasang neon tetra dan 20 liter jika ingin memijah beberapa pasang ikan. Usahakan akuarium ini tidak terpapar cahaya atau setidaknya taruh ditempat yang minim cahaya, atau bisa dengan menutupi akuarium.

Dan untuk tanaman, kamu bisa menaruh lumut, hal ini berujuan agar ikan neon betina bisa lebih nyaman dalam bertelur di sana. Dan juga berikan tanaman akuatiuk untuk berlindung ikan betina saat akan mengeluarkan telur.

Sebaiknya kamu melakukan pemijahan, dimulai malam hari, karena ikan akan mulai berkembangbiak pada pagi hari buta. Setelah pemijahan berhasil, segera pisahkan induk ikan neon dari akuarium tersebut, karena dikhawatirkan indukan akan memakan telurnya sendiri.

Kemudian kurangi air di dalam akuarium, atur ketinggian air setidaknya 7 hingga 10 cm saja. Setelah itu bibit ikan tidak boleh terkena cahaya, karena masih sangat sensitif dan dikhawatirkan bisa mematikan bibit ikan tersebut.

Setelah sekitar 7 hari larva ikan mulai keluar dari telurnya dan mulai berenang kesana kemari dan pastikan tidak terdapat lendir di permukaan air akuarium, supaya juvenile ikan bisa bernafas dengan mudah.

Berikan makan juvenile dengan infusoria dan kuning telur, dan jangan memberikan secara berlebihan. Setelah sekitar 14 hari, mulai tambahkan air secara bertahap.

Baca Juga:  Budidaya Udang Amano, Panduan Pemeliharaan Udang Amano

Dan jangan menggunakan filter akuarium, karena 8ikan masih berukuran sangat kecil, sangat rentan ikan akan tersedot masuk ke dalam akuarium.

 

Penyakit Ikan Neon Tetra

Ikan tetro juga memiliki ancaman penyakit yang harus diperhatikan agar tidak mati. penyakit neon tetra disease(NTD) adalah penyakit yang jadi momok peternak dan hobiis yang memelihara ikan tetra. Ciri penyakit ini:

  • Warna ikan memucat dan disertai dengan hilangnya garis merah.
  • Pada infeksi ringan bisa tidak menunjukkan gejala (subklinis).
  • Pada infeksi menengah sampai parah, selain warna memucat dan kehilangan warna merah, juga sering disertai dengan timbulnya bercak-bercak putih dibawah kulit akibat kerusakan pada jaringan otot ikan.
  • Malas atau lesu
  • Sulit berenang
  • Turunnya berat badan

Bagaimana cara mencegah penyakit ikan Neon tetra Ini, berikut panduannya:

  • Hindari memberikan makanan hidup pada ikan tetra seperti cacing tubifex karena tubifex merupakan salah satu hospes intermediet dari parasit ini. Berikan makanan ikan complete feed untuk ikan tetra yang memiliki kandungan kandungan protein yang tinggi dan diperkaya dengan nutrisi yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh ikan seperti wheat germ,vitamins, mineral, immune substance, dan antioksidan.
  • Selalu jaga kualitas air akuarium tempat tinggal ikan tetra fish dengan memberikan filter akuarium sehingga sirkulasi air akuarium tetap terjaga baik.
  • Selalu perhatikan kadar  pH, nitrit, nitrat, GH, dan KH untuk menghindari ikan dari stress yang dapat menurunkan kesehatannya.

Ikan Cantik

Schooling Fish

Ikan Neon Tetra yang selalu berkelompok membuat tampilan aquascape semakin menarik

User Rating: Be the first one !
Show More

Aquatic ID

Aquatic ID merupakan situs rintisan yang berusaha memberikan informasi detail mengenai berbagai seluk beluk aquascape dan segala peralatan pendukungnya. Semoga memberi manfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detect

Kami tumbuh dan besar dari advertising, Mohon non aktifkan adblocker pada browser.