Budidaya IkanIkan Hias

Ikan Zebra, Si Cantik yang Cocok Buat Aquascape Tema Natural

Cara Budidaya Ikan Zebra Danio Rerio Agar Tumbuh Optimal

Ikan Zebra, Si Cantik yang Cocok Buat Aquascape Tema Natural. Ikan zebra (Danio rerio)merupakan golongan ikan cyprinid yang mempunyai ukuran tubuh kecil, yaitu antara 35 cm. Pada tubuh ikan zebra ditutupi oleh garisgaris berwarna putih kekuningan dan hitam yang berawal dari pangkal ekor sampai operculum. Garis horizontal ini memperlihatkan kesan angsing pada ikan jantan. Warna pada ikan jantan terlihat lebih cerah dan menarik dibandingkan dengan ikan betina. Bentuk tubuh ikan zebra pipih dengan perut sedikit membundar.

Pada betina yang sudah matang gonad, perut akan tampak sangat membundar. Dalam jumlah banyak, ikan zebra membentuk barisan lalu memperlihatkan gerakan serasi dan terlihat menawan. Ikan ini juga mempunyai kebiasaan untuk tidak berganti pasangan bila memijah, walaupun pemijahannya secara masal. Pakan yang dikonsumsi oleh ikan zebra jenisnya beragam, khususnya pakan hidup seperti artemia dan cacing sutera.

Ikan zebra umumnya ditemukan tumbuh dan berkembang pada perairan yang mengalir. Berikut klasifikasi Danio rerio:

  • Filum: Chordata
  • Kelas: Actynopterygii
  • Ordo: Cypriniformes
  • Famili: Cyprinidae
  • Genus: Branchyndanio
  • Spesies: Branchyndanio rerio

 

Makanan Ikan Zebra

Ikan zebra merupakan ikan yang tergolong ikan omnivora. Pakan terbaik untuk ikan zebra adalah artemia hidup. Selain artemia, ikan zebra juga dapat diberi pakan daphnia, moina dan cacing tubifex, namun pada umumnya cacing tubifex jarang diberikan sebagai pakan ikan zebra karena berpotensi sebagai pembawa penyakit.

Pakan buatan dengan kandungan nutrisi yang sesuai untuk kebutuhan reproduksi ikan zebra juga dapat diberikan kepada induk ikan zebra. Selain itu,Danio rerio juga senang memakan pakan alami permukaan seperti pupuk air karena ikan ini hidupnya di kolam air. Selain itu, berbagai bentuk pakan buatan seperti bubuk, maupun butiran (pelet) juga cocok untuk pemeliharaan ikan zebr.

 

Baca Juga:  Ikan Botia: Jenis, Harga, dan Cara Merawatnya

Pertumbuhan Ikan

Pertumbuhan merupakan dalam individu pertambahan jaringan akibat dari pembelahan sel secara mitosis. Hal ini terjadi apabila ada kelebihan input energi dan asam amino (protein) yang berasal dari makanan yang dikonsumsi.

Pertumbuhan ikan dipengaruhi dua faktor utama, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal dalam pertumbuhan ikan sulit dikontrol, faktor ini meliputi keturunan, sex, umur, parasit dan penyakit.

Sedangkan faktor eksternal yang dapat mempengaruhi pertumbuhan ikan yaitu, makanan dan suhu perairan, apabila keadaan faktorfaktor lainnya normal, maka ikan dengan makan secara berlebih akan tumbuh lebih cepat pertumbuhan merupakan ukuran baik panjang, berat atau volume dalam jangka waktu tertentu.

Pertumbuhan secara fisik dapat dilihat dengan adanya perubahan jumlah atau ukuran dari individu ikan dalam periode waktu tertentu. Sedangkan pertumbuhan energi dapat dilihat adanya perubahan kandungan total energi tubuh. Pertumbuhan dapat terjadi apabila energi bebas setelah energi yang tersedia dipakai untuk aktifitas metabolisme standart.

 

Baca Juga:  Ciri-Ciri Ikan Mas Hias yang Wajib Anda Tahu Sebelum Membelinya

Persiapan Aquarium Atau Kolam

Tempat memelihara Danio rerio bisa di aquarium maupun di kolam untuk budidaya secara massif. Namun Jika untuk skala hobi bisa memelihara di aquarium. Hal-hal yang perlu Anda perhatikan dalam menyiapkan aquarium antara lain :

  1. Sebaiknya gunakan aquarium ukuran sedang – besar (kapasitas 40 liter keatas).
  2. Lengkapi aquarium dengan filter daya eksterior, bio-wheel, dan pemanas. Walaupun sebenarnya ikan zebra dapat dibudidayakan tanpa pemanas, penggunaan pemanas dapat menjaga kondisi ikan agar optimal, khususnya dalam budidaya ikan zebra pink.
  3. Siapkan larutan natrium tiosulfat untuk menghilangkan kandungan klorin karena biasanya air minum yang Anda gunakan di rumah mengandung bahan kimia seperti klorin.
  4. Tambahkan lapisan kerikil setebal ½ cm di dasar aquarium karena Danio rerio pink sangat menyukainya.
  5. Selalu tambahkan air ke dalam aqurium, air yang ditambahkan adalah air keran yang telah didiamkan selama 24 jam, tambahkan air sampai memenuhi bagian atas aquarium untuk menjaga ketersediaan oksigen.
  6. Jaga pH pada kisaran 6-8 namun

Jika aquarium sudah siap, Tahapan berikutnya adalah memasukkan benih ikan zebra pink ke dalam aquarium. Berikut adalah hal-hal yang harus Anda perhatikan dalam tahap ini :

  1. Pilih ikan yang sehat, aktif dan tidak terserang penyakit.
  2. Minimal jumlah ikan yang dimasukkan ke dalam aquarium adalah 6 dengan jenis kelamin yang berbeda-beda. Untuk membedakan jenis kelaminnya, Anda dapat memperhatikan garis-garis kuning pada ikan, ikan jantan memiliki garis-garis kuning pada tubuhnya sedangkan ikan betina tidak, dan ukurannya relatif lebih besar.
  3. Ikan ini tidak tahan berada di dalam kantong plsatik lebih dari 8 jam sehingga lakukan pemindahan ikan ke dalam aquarium dengan segera. Dan kantong plastik harus dibuang karena mengandung ammonium.
  4. Termasuk ke dalam jenis ikan yang cepat berkembang biak tanpa harus dijodohkan. Perkawinan cenderung terjadi secara alami, namun ikan ini cenderung memakan anaknya sendiri sehingga harus dipisahkan setelah telurnya menetas.
Baca Juga:  Cara Budidaya Ikan Molly lengkap dari Pembibitan Hingga Panen

Perawatan Ikan Zebra

  1. Secara umum pakan yang digunakan adalah pellet, namun Anda dapat memberikan variasi terhadap pakannya berupa cacing, udang air asin dan daphnia.
  2. Jaga kestabilan suhu aquarium. Suhu yang ideal untuk perkembangan Danio rerio pink berkisar antara 18-24℃. Sebenarnya tanpa menggunakan pemanas, kita dapat memperoleh suhu ini, namun adanya pemanas akan sangat membantu terlebih saat perkembang biakan ikan membutuhkan suhu 26℃.
  3. Bersihkan aquarium setiap hari dan bersihkan sampah-sampah yang menumpuk di bagian bawah aquarium dengan menggunakan siphon.
  4. Buang dan ganti air aquarium sebanyak 10-15%. Namun jangan mengelurkan ikan saat mengganti air karena dapat menyebabkan ikan stress. Gunakan ember khususnya untuk penggantian air, jangan menggunakan ember yang dipakai dalam pekerjaan rumah tangga karena bisa saja ember tersebut mengandung zat-zat kimia yang berbahaya.
Show More

Aquatic ID

Aquatic ID merupakan situs rintisan yang berusaha memberikan informasi detail mengenai berbagai seluk beluk aquascape dan segala peralatan pendukungnya. Semoga memberi manfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detect

Kami tumbuh dan besar dari advertising, Mohon non aktifkan adblocker pada browser.