Aquascape

Iwagumi, Filosofi Desain dan Setting Aquascape Gaya Iwagumi

Cara Membuat Aquascape Gaya Iwagumi

Iwagumi, Filosofi Desain dan Setting Aquascape Gaya Iwagumi. Tata letak gaya Aquascape Iwagumi adalah bentuk khusus dalam desain lansekap akuarium. Takashi Amano, pencetus aquaristik alam, menemukan konsep Iwagumi. Formasi batuan alam atau lanskap diciptakan kembali Berdasarkan prinsip kebun batu Jepang.

Amano berhasil menciptakan aliran alami yang dinamis melalui batu-batu yang diposisikan dengan hati-hati di tangki akuarium. Melalui pengalamannya sebagai fotografer satwa liar dan keterampilan pengamatannya untuk memercayai aliran air di alam, ia mampu menggambarkan skenario unik dan menakjubkan ini dalam sebuah aquascape.

 

Filosofi Kemurnian Alam

Iwagumi ditandai oleh desain murni mereka. Kriteria fundamental menggunakan hanya satu jenis batu tertentu sebagai elemen dekorasi. Kayu apung atau akar tidak digunakan dalam Iwagumi. sedikit tanaman air memang digunakan dalam tata letak Iwagumi, fokusnya adalah pada batu.

Mereka memberikan kekuatan dan cahaya khusus untuk lay outnya. Desain dasar Iwagumi “Tanshoku Tanei” diterjemahkan menjadi “satu jenis tanaman, satu jenis ikan”. Ini berarti bahwa desainer aquascape selain penggunaan batu secara eksklusif, membatasi dirinya untuk hanya menggunakan satu spesies tanaman air dan satu spesies ikan.

Baca Juga:  CO2 Aquascape, Kenapa Tanaman Aquascape Perlu Injeksi CO2?

Pendekatan puristik ini memberikan aquascape tampak lebih ekspresif. namun, ada juga interpretasi lain dari gaya Iwagumi, di mana berbagai jenis tanaman dan ikan digunakan, untuk memberikan tampilan yang lebih menyenangkan.

 

Hardscape Iwagumi

Ada banyak nilai filosofi yang dimasukkan dalam konsep penataan batu iwagumi. Untuk membuat gaya tampak sealami mungkin, batu dengan ukuran berbeda digunakan. Bahkan sejumlah batu dekoratif dihindari.

gaya desain iwagumi

  • Batu utama (1), juga Oyaishi, adalah daya tarik utama dalam tata letak. Ini adalah batu terbesar dan paling mencolok.
  • Fukuishi (2) adalah batu yang lebih kecil berikutnya, yang membentuk tandingan visual dengan batu utama. Ini berarti bahwa orientasinya mengganggu garis batu utama dan dengan demikian memberikan penyeimbang visual. Ini menciptakan drama tertentu.
  • Batu Soeishi yang lebih kecil (3) mendukung kesan batu utama.
  • Suteishi (4) adalah elemen batu terkecil dan membentuk detail akhir dalam desain seperti itu.
Baca Juga:  Wave Maker Akuarium Apa Fungsi dan Manfaatnya?

Jenis batu yang populer dalam desain ini misalnya batu naga atau Seiryu. Karena batu adalah satu-satunya elemen dekoratif yang menonjol, perhatian khusus harus diberikan untuk menjaga aliran yang harmonis dalam posisi dan tekstur batu. Tekstur batu sudah menentukan garis-garis tertentu. Ini harus dipertimbangkan dan digabungkan menjadi konsep keseluruhan yang harmonis.

 

Tanaman

gaya ini biasanya hanya mengandung sangat sedikit spesies tanaman. Karena kesan keseluruhan tata letak seharusnya mengingatkan pada lanskap berbatu, penutup tanah atau tipe berumput digunakan.

aquascape gaya iwagumi

Untuk mengurangi kesan batu yang sangat besar, Iwagumi klasik menggunakan tanaman berumput yang tumbuh lebih tinggi di latar belakang, seperti Eleocharis vivipara atau Vallisneria nana.

Baca Juga:  Aquascape Biotope, Membangun Aquarium Mendekati Habitat Aslinya

iwagumi gaya klasik

 

Tentu saja, tanaman batang juga dapat digunakan di Iwagumi. Tata letak seperti itu memberikan kesan keseluruhan yang lebih lembut dan lebih hangat daripada Iwagumis murni dalam arti paling klasik, terutama ketika tanaman yang lebih merah digunakan.

 

Ikan dalam Desain Iwagumi

Jika tetap setia pada kredo “Tanshoku Tanei”, kita tidak harus memilih sejumlah besar ikan campuran untuk gaya ini. sangat ideal jika menggunakan ikan kecil yang suka berkelompok untuk memberi kesan aliran yang natural. Ikan jenis tetra banyak digunakan sebagai penghuni aquascape gaya ini.

Dengan sedikit keberuntungan dan keterampilan, segerombolan akan memposisikan dirinya sedemikian rupa untuk fotografi, sehingga akan tampak seperti kawanan burung di lanskap.

 

Show More

Aquatic ID

Aquatic ID merupakan situs rintisan yang berusaha memberikan informasi detail mengenai berbagai seluk beluk aquascape dan segala peralatan pendukungnya. Semoga memberi manfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detect

Kami tumbuh dan besar dari advertising, Mohon non aktifkan adblocker pada browser.