Tanaman

Java Moss, Tanaman Low Light Favorit Aquascaper

Profil Tanaman Java Moss, Harga, dan Cara Perawatannya

Java Moss merupakan tanaman aquascape yang mudah perawatannya serta membutuhkan intensitas cahaya rendah. Java Moss bisa ditumbuhkan di berbagai substrat baik soil, batu, maupun kayu. java moss membuat aquascape tampak lebih natural.

Profil Java Moss

Lumut Jawa dikenal dengan sejumlah nama umum, termasuk lumut Natal, lumut kandung kemih yang meragukan, mini lumut, lumut Singapura, lumut segitiga, dan lumut willow.

  • Nama ilmiah: Taxiphyllum barbieri
  • Sinonim: Vesicularia dubyana
  • Asal: Asia Tenggara
  • Tinggi: Hingga 4 inci (10 cm)
  • Lebar: Hingga 4 inci (10 cm)
  • Tingkat Pertumbuhan: Lambat ke Menengah
  • Penempatan: Mid dan foreground
  • Kebutuhan Pencahayaan: Rendah
  • Suhu: 59-82 Fahrenheit (15-28 Celcius)
  • pH: 5.5-8.0
  • Kekerasan: 6-20 dGH
  • Kesulitan: Mudah

Asal dan Distribusi

Java Moss (Lumut Jawa) berasal dari Asia Tenggara, termasuk Indonesia, Jepang, Jawa, Malaysia, Filipina, Singapura, Vietnam, dan pulau-pulau di kepulauan India Timur. Ini sangat umum di daerah beriklim tropis lembab, sering terlihat tumbuh dengan kuat di atas batu, batang pohon, dan tepian sungai. Ini adalah lumut yang paling umum digunakan di akuarium dan dijual secara luas di seluruh dunia baik di toko aquascape maupun dijual online.

Baca Juga:  Echinodorus Reni, Tanaman Aquatic Hasil Persilangan yang Cantik

Awalnya diidentifikasi sebagai Vesicularia dubyana, Java moss baru-baru ini telah direklasifikasi sebagai Taxiphyllum barbieri. Banyak referensi masih menggunakan klasifikasi asli dan debat terus tentang keakuratan pergantian nama. Beberapa menyatakan bahwa Vesicularia dubyana adalah spesies yang berbeda, yang dikenal dengan nama lumut Singapura. Namun, pandangan itu juga sangat diperdebatkan dan banyak yang percaya bahwa tanaman ini, pada kenyataannya, adalah lumut yang sama.

 

Perawatan

Mempertahankan kualitas air yang baik adalah cara terbaik untuk lumut Jawa, tetapi memberi pupuk cair akan mendorong pertumbuhan baru dan menjaga lumut Anda tetap sehat. Lumut jawa di bagian bawah tangki rentan terhadap pengumpulan puing-puing, yang bisa merusak pemandangan dan bahkan merusak tanaman jika jumlahnya besar dan menumpuk. Untuk membersihkan lumut ini, lepaskan dari tangki dan bilas dengan baik dalam air. Jangan khawatir karena java moss cukup tangguh.

Baca Juga:  Anubias Broad Leaf, Varian Anubias Barteri Daun Lebar yang Menawan

Masalah umum yang dihadapi dengan java adalah pertumbuhan algae. Begitu ganggang mulai tumbuh di lumut, hampir tidak mungkin untuk dihilangkan, dan seluruh tanaman harus dibuang. Cara terbaik untuk mencegah pertumbuhan ganggang adalah dengan menghindari cahaya yang berlebihan dan menjaga air tetap bersih. Nitrat dan fosfat yang tingg karena water change tidak dilakukan secara teratur mendorong pertumbuhan alga.

 

Pertumbuhan dan Perbanyakan Java moss

Java moss merupakan tanaman yang cukup lambat dan bisa diperbanyak dengan membagi dalam beberapa porsi. Untuk memulai tanaman baru, cukup bagikan potongan dari tanaman utama dan letakkan di lokasi lain. tanaman akan menempel pada permukaan apa pun dengan menggunakan rizoid seperti akar.

Baca Juga:  Limnophila Hippuridoides, Memepercantik Tampilan Aquacsape

Namun, rizoid ini tidak menyerap nutrisi seperti akar; satu-satunya tujuan yang mereka layani adalah untuk menempelkan tanaman ke objek. Semua nutrisi diserap melalui batang dan daun.

Secara umum, lumut Jawa tumbuh agak lambat. Suhu air yang hangat cenderung memperlambat pertumbuhan lumut ini. Ketika tumbuh, tanaman menyebar baik secara horizontal maupun vertikal, sering membentuk berkas tebal pertumbuhan yang lebat. Ini harus dipangkas untuk mempertahankan bentuk yang baik dan untuk mempromosikan pertumbuhan lebih lanjut. Potongan yang dipangkas dapat digunakan untuk memulai tanaman baru.

 

Harga Java Moss

Dipasaran tanaman ini banyak dijual baik di toko Aquascape maupun secara online. Dipasaran harga java moss cukup murah karena dijual antara Rp. 15.000 –  Rp. 20.000 baik dengan demasan pot maupun kemasan lempeng.

Show More

Aquatic ID

Aquatic ID merupakan situs rintisan yang berusaha memberikan informasi detail mengenai berbagai seluk beluk aquascape dan segala peralatan pendukungnya. Semoga memberi manfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detect

Kami tumbuh dan besar dari advertising, Mohon non aktifkan adblocker pada browser.