Hama

Jenis Alga Aquascape yang Menyerang Tanaman dan Penanggulangannya

Tipe Alga yang Menyerang Tanaman Aquascape

Jenis Alga Aquascape yang Menyerang Tanaman dan Penanggulangannya. Alga menjadi salah satu hama yang cukup meresahkan bagi kalangan hobiis aquascape. Sebenarnya alga akan selalu ada didalam aquascape, namun pertumbuhannya harus ditekan.

Biota aquascape dan tanaman yang ada didalamnya jika tumbuh sehat akan bisa menanggulangi alga secara alami. namun ada kondisi tertentu yang membuat alga ini bisa tumbuh diluar kendali. Berikut ini adalah jenis alga aquascape yang sering menyerang dan cara mengatasinya.

Alga Plankton (Air Hijau Fitoplankton)

Alga Plankton (air hijau, atau fitoplankton) adalah kejadian massal alga bersel satu kecil dan biasanya disebabkan oleh konsentrasi nutrisi yang terlalu tinggi di dalam air.

Perawatan: Ganti air sesering mungkin.

Ganggang Plankton sering muncul di akuarium baru atau di akuarium di mana tata letak baru telah dibuat baru-baru ini. Mungkin sulit untuk dihilangkan, tetapi filter yang berfungsi baik dengan banyak bahan penyaring yang baik dapat membersihkan air lagi.

alga green water

Seringkali perawatan UV mungkin diperlukan, tetapi Tropica tidak merekomendasikan perawatan UV sebagai bantuan standar, karena sinar UV juga membunuh bakteri yang berguna. Kontrol biologis sulit, karena hanya sejumlah besar kerang penyaringan yang dapat mengatasi masalah tersebut. Seringkali alga plankton menghilang dengan sendirinya setelah perubahan air berulang-ulang.

Baca Juga:  Parasit Ikan, Pencegahan dan Pengobatan parasit Pada Ikan

 

Alga Serabut Atau Ganggang Rambut

Ganggang berserabut adalah koloni ganggang bersel satu, yang menempel bersama di benang hijau panjang.

Pengobatan: Sering mengganti air dan memberi populasi besar pemakan alga, terutama udang Amano.

Ganggang berserat bisa sangat sulit untuk dihilangkan, karena ada jenisnya yang tidak suka udang atau ikan pemakan ganggang.

Jenis Alga rambut
Jenis Alga rambut

Dalam insiden sulit – dan terutama jika itu adalah masalah ganggang merah / dulce yang merepotkan – mungkin diperlukan perawatan kimia. HATI-HATI, karena beberapa persiapan juga berbahaya bagi tanaman akuarium Anda.

Banyak ahli umumnya merekomendasikan untuk tidak menghilangkan alga benang dengan preparat kimia. Cobalah ganti air lebih sering dari biasanya dan taruh dalam populasi besar udang Amano; Hingga 2 udang per 5 L air mungkin diperlukan untuk periode transisi.

 

Alga Coating (Alga tipis)

Lapisan alga adalah lapisan tipis diatom satu-sel, ganggang merah dan ganggang hijau.

Perawatan: Populasi besar dan beragam ikan pemakan ganggang dan udang dan membersihkan kaca aquarium dengan spons lembut.

Jenis Alga layer

Ganggang Coating jarang merupakan masalah besar jika kita memiliki populasi udang dan ikan pemakan ganggang yang bagus di akuarium. Namun ada beberapa jenis, yang mungkin menyusahkan, dan ini adalah pelapis biru-hitam yang dibentuk oleh alga bluegreen, tetapi biasanya hanya muncul dengan memberi makan berlebihan di akuarium ikan. Pemberian makan yang kurang intens biasanya membuat alga bluegreen menghilang lagi.

Baca Juga:  Pemakan Alga Terbaik untuk Mengontrol Ganggang di Aquascape

 

Jenis Alga Aquascape Brown Algae (Alga Coklat)

Brown algae atau bisa disebut diatom biasanya tumbuh pada aquarium berumur baru. Biasanya teman-teman yang masih awam menyangka daun tanamannya kotor terkena debu, padahal itu adalah brown algae. Algae ini 90% menyerang pada aquarium yang masih baru (umur di bawah 3 bulan). Amat sangat jarang menyerang aquarium yang sudah stabil.

Penyebab terjadinya algae ini adalah setup yang masih baru. Bakteri dan keadaan ekologi di dalam aquarium masih belum terbentuk. Sehingga kandungan kimia di dalam aquarium yang tidak stabil menyebabkan tumbuhnya brown algae.

Penyebab selanjutnya adalah kelebihan nutrisi di dalam aquarium. Hal ini bisa terjadi dari bocornya pupuk dasar kurangnya pemakaian tanaman pada awal setup, tidak memakai carbon aktif pada bulan pertama sebagai media filter, atau tidak pernah mematikan lampu.

Penyebab terakhir yang mungkin adalah pemakaian bolhlam tua. Seperti yang kita tahu, spektrum warna yang dibutuhkan tanaman dari lampu adalah spektrum biru dan spektrum merah. Selain itu, pada bohlam terdapat pula spektrum hijau dan kuning. Kedua spektrum terakhir amat mungkin digunakan algae untuk berkembang biak.Hal ini bisa diselesaikan dengan mengganti bohlam yang baru.

Baca Juga:  Membersihkan Anubias dari Alga Metode Pencucian dengan Pemutih

Cara untuk menanggulangi algae ini adalah denganmencabutinya secara manual, mengganti air 30% setiap harinya, dan memasukkan pasukan pembasmi algae seperti ottocinclus, dan keong tanduk.

Jenis Alga Aquascape Blue Green Algae (BGA)

cara mengatasi blue green alga

Pada kenyataannya, jenis alga aquascape ini sebenarnya bukanlah sejenis ganggang, melainkan koloni bakteri berbentuk slime. Algae ini sangat mudah merajalela di dalam aquascape aquarium teman-teman. Warnanya bisa hijau, biru maupun ungu. Memiliki bau yang khas (baca: memuakkan) jika dikeluarkan dari tank.

Yang perlu diwaspadai adalah, jenis alga aquascape ini mengkonsumsi nitrogen yang dibutuhkan untuk biota aquascape. Penyebab yang mungkin menjadi pemicu algae ini adalah kurangnya nitrat di dalam aquarium. Bakteri baik yang merubah nitrit menjadi nitrat kalah berkembang dengan bakteri ini. Teman-teman bisa memasukkan bakteri starter untuk kasus yang satu ini.

Penyebab lainnya adalah kelebihan memberi pakan, pemakaian bohlam yang sudah tua, dan juga kurangnya arus di dalam aquarium.
Show More

Aquatic ID

Aquatic ID merupakan situs rintisan yang berusaha memberikan informasi detail mengenai berbagai seluk beluk aquascape dan segala peralatan pendukungnya. Semoga memberi manfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detect

Kami tumbuh dan besar dari advertising, Mohon non aktifkan adblocker pada browser.