Ikan Hias

Jenis Ikan Arwana dengan Harga dan Nilai Ekonomis Tinggi

Ikan Arwana yang menjadi Favorit danmemiliki harga tinggi

Jenis Ikan Arwana dengan Harga dan Nilai Ekonomis Tinggi. Tingginya minat dan permintaan pasar menyebabkan harga dari arwana juga melangit seiring dengan keberadaannya di alam yang terancam punah.

Kendati demikian, perdagangan ikan arwana tetap diperbolehkan secara hukum meskipun status perlindungannya sudah masuk Appendix I CITES dengan syarat arwana yang diperdagangkan adalah hasil penangkaran. Adapun kisaran harga arwana sekitar ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah tergantung jenisnya.

Ikan Arwana merupakan suku kecil ikan air tawar primitif yang masih dijumpai hingga sekarang. Meskipun bersifat predator seperti kerabat dekatnya ikan Arapaima gigas, ikan ini merupakan ikan yang sangat populer dan juga sangat banyak dicari karena warna dan juga bentuknya yang sangat indah.

 

 

1. Arwana Golden (Cross Back, Cross Back Golden ,CBG) 

Ikan Arwana Golden varietas cross back merupakan bagian dari varietas arwana Golden. Varietas ini dijumpai di berbagai tempat di Malaysia, seperti Perak, Trengganu, Danau Bukit Merah dan Johor. Oleh karena itu, mereka sering diberikan julukan sesuai dengan tempat asalnya, seperti Golden Pahang, Bukit Merah Blue atau Malaysia Gold.

ikan arwana back golden

Disebut sebagai arwana cross back, karena varietas ini saat dewasa memiliki warna emas penuh hingga melewati punggungnya. Varietas ini harganya relatif lebih mahal bahkan paling tinggi dibandingkan lainnya karena termasuk jarang ditemui.

Ikan Arwana CBG dibagi menjadi beberapa kelas berdasarkan warna dasar sisik, yaitu Purple-Based (warna dasar ungu), Blue-Based (warna dasar biru), Gold Based (warna dasar emas), dan Silver-Based (warna dasar perak). Arwana Gold dengan warna dasar emas diketahui dapat mencapai warna penuh pada usia lebih muda dibandingkan dengan varietas lain.

2. Arwana Super Red Jenis Ikan Arwana Mahal

Ikan ini berasal dari berbagai tempat di Provinsi Kalimantan Barat, seperti dari Sungai Kapuas dan Danau Sentarum yang dikenal sebagai habitat dari Super Red (Chili dan Blood Red). Warna merah penuh tampak pada sirip ikan muda, pada bibir dan juga sungut.

Memiliki nama latin Scleropages legendrei dan dibandrol mulai dari Rp 2 jutaan hingga Rp 48 juta bergantung dengan varietas. Umumnya Arwana jenis ini terbagi atas 4 yaitu Merah Darah (Blood Red), Merah Cabai (Chili Red), Merah Orange (Orange Red), dan Merah Emas (Golden Red).

ikan arwana super red

Menjelang dewasa, warna merah akan muncul di berbagai bagian tubuh lainnya, terutama pada tutup insang dan pinggiran sisik, sehingga tubuh ikan terlihat berwarna merah. Ikan Arwana merah dikelompokkan menjadi 4 varietas, yaitu Merah Darah (Blood Red), Merah Cabai (Chili Red), Merah Orange (Orange Red), dan Merah Emas(Golden Red).

Keempat varietas ini secara umum diberi julukan Super Red atau Merah Grade Pertama (First Grade Red), meskipun dalam perkembangannya super red lebih merujuk pada Merah Cabai dan Merah Darah. Sedangkan dua varietas terakhir lebih sering di anggap sebagai super red dengan grade lebih rendah.

Baca Juga:  Ciri-Ciri Ikan Molly Akan Melahirkan yang Harus Diketahui

 

3. Arwana Golden Red (Red Tail Golden, RTG)

Ikan arwana ini Merupakan verietas dari arwana Golden dan sering disebut sebagai Arwana Golden Indonesia (Indonesian Golden Arwana). Varietas ini dijumpai di daerah Mahato, Riau. Berbeda dengan Cross Back Golden (CBG), warna emas pada verietas ini tidak akan berkembang hingga melewati punggung namun hanya akan mencapai baris ke empat sisik (baris sisik dihitung dari bawah, perut), atau lebih baik bisa mencapai baris ke lima.

Arwana Golden Red

Seperti halnya varietas crossback, warna dasar sisik RTG bisa biru, hijau, atau emas. Begitu pula dengan warna bibir, ekor, dan sirip, kedua varietas ini memiliki keragaan yang sangat mirip. RTG muda memiliki warna lebih kusam dibandingkan dengan varietas cross back muda. RTG boleh dikatakan lebih tahan banting dibandingkan dengan CBG dapat tumbuh lebih besar, dan juga lebih agresif.

Jumlahnya di alam relatif lebih banyak dibandingkan dengan CBG, meskipun demikian tetap merupakan varietas yang dilindungi CITES. CBG sekilas mirip dengan ikan arowana Golden red yang berasal dari negara kita. Perbedaan yang sangat mencolok dapat dilihat jika ukuran ikan sudah agak besar dengan ukuran 20 cm lebih.

Pada CBG warna emas menutupi seluruh tubuh sampai ke bagian punggung ikan ditutupi oleh ring yang berwarna keemasan. Sedangkan pada Golden red (RTG) punggung nya tidak. berwarna keemasan tapi tetap hitam (kelabu).

Membedakan CBG dan RTG pada ukuran kecil (10-12 cm) sulit dilakukan dan perlu kehati-hatian. Perbedaan harga juga sangat mencolok. Harga CBG ukuran 12 cm dihargai lebih dari 10 juta, ukuran 20-25 cm berkisar 15-25 juta. Golden  red berukuran 12 cm dihargai 2 juta, sedangkan ukuran 20-25 cm dihargai 2.5-3.5 juta.

4. Arwana Hijau (Green Arwana/ Golden Piano)

Arwana hijau ditemukan di Thailand, Malaysia, Myanmar, Komboja, dan juga di beberapa tempat di Indonesia. Variasi penampakan dan warna bisa saja ditemukan di masing-masing daerah. Meskipun demikian secara umum dapat dikatakan bahwa pada umumnya berwarna kelabu kehijauan dangan pola garis-garis berwarna gelap pada ekor. Kepala dan mulutnya lebih besar dan lebih membulat dibandingkan dengan jenis arwana asia lainnya.

Baca Juga:  Cara Memelihara Ikan Koki di Akuarium Bagi Pemula

ikan arwana hijau

Menjadi hewan yang populer karena memiliki perpaduan kuning, emas dan hijau yang indah. Karena kecantikan inilah kamu harus mengocek dompet cukup dalam yakni Rp4.000.000

5. Arwana Irian (Jardini) Jenis Ikan Arwana Eksotik

Warna yang dimiliki warna dasarnya adalah hitam kecoklat-coklatan dengan bintik-bintik kunign ke emasan pada bagian tengah sisik-sisiknya, bahkan di bagian kepala (pipi) sampai pada sirip & ekornya pun terdapat bintik-bintik kuning tersebut. Jardini berasal dari australia, meski sering ditemukan di pulau Irian.

jenis ikan arwana irian jardini

Maka dari itu jenis ini juga terkadang disebut arowana Irian oleh para hobbies. Jardini arowana sebenarnya ada dua jenis warna, yaitu warna dasar lebih gelap dan yang lebih terang. Yang memiliki warna dasar lebih gelap adalah Scleropages jardini dan yang memiliki dasar lebih terang adalah Scleropqges leichharti.

Sekilas tampilannya serupa dengan Arwana Asia namun memiliki palet yang lebih lembut. Untuk memiliki Arwana Papua ini kamu harus mengocek budget 4 juta rupiah.

6. Arwana Banjar Jenis Ikan Arwana Ekonomis

Ikan ini boleh dikatakan merupakan varietas arwana merah kelas 2 dan diketahui bukan merupakan strain murni arwana merah. Penampakannya ditunjukkan oleh warna sirip yang orange pucat, ekor berwarna orange atau kuning, dan tidak memiliki warna merah di badan maupun di pipi.

Sepintas Banjar Merah muda sangat mirip dengan Arwana Merah muda, sehingga tidak jarang hal ini dapat mengecoh para hobiis baru. Banjar dicirikan juga oleh bentuk kepala yang cenderung membulat dengan mulut yang tidak terlalu lancip.

arwana banjar

Memiliki nama julukan Banjar Red Arowana, meskipun tidak tampak berwarna merah, unik banget kan? yang ada ikan ini sangat menonjol dengan siripnya berwarna orange hingga ekor kekuning-kuningan. Jenis ikan Arwana ini bisa mencapai 90 cm dan dapat kamu beli dengan harga sekitar 2.000.000 rupiah.

 

7. Arwana Silver/Arwana Brazil

Ikan ini memiliki bentuk tubuh yang berbeda. Dengan bentuk tubuh yang panjang dan sirip yang panjang pula, mulai dari bagian tengah badan sampai pada ujung ekor memberi kesan yang sangat anggun saat berenang. Arwana ini dapat tumbuh sampai 50 – 60 cm.

Baca Juga:  Cara Budidaya Ikan Guppy, Metode Mudah Keuntungan Melimpah

jenis ikan arwana silver brazil

Jenis ini berasal dari Amerika Selatan, namun saat ini pemijahan ikan arwana sudah dapat di kembang biakkan di indonesia. Memang harga dari Arwana jenis ini lebih murah dari jenis Jardini. Namun jika arwana ini sudah berukuran besar sangat indah untuk di pandang. Belakangan tersiar kabar bahwa jenis ini sudah ada dengan warna platinum silver (warna silvernya menyerupai warna platinum & merata di seluruh tubuhnya).

Salah satu jenis ikan Arwana yang paling populer di wilayah Nusantara yang umumnya ada pada kisaran harga 2 juta rupiah.

Memiliki kemampuan untuk melompat tinggi di udara untuk menangkap mangsanya yaitu serangga. Hewan air yang memiliki ciri khas sisik berwarna silver dan sirip yang panjang ini, akan mencapai 1 meter saat dewasa

Ikan Arwana Platinum Jenis Ikan Arwana Termahal

Selain jenis ikan hias di atas, berikutnya ada Arwana platinum yang memiliki palet cantik mengkilap dan tekstur sisik yang halus.

ikan arwana platinum

Wajar sih kalau hewan ini menjadi salah satu varietas tercantik sekaligus ikan arwana termahal. Pasalnya untuk memilikinya kamu harus siap-siap merogoh kocek hingga 6 milyar rupiah untuk per/ekornya. Fantastis!

 

Daftar Harga Berbagai Jenis Ikan Arwana

Jenis Arwana Varian Harga dalam Poundsterling Inggris (GBP) Harga   (dalam jutaan  Rupiah) Harga jual di Negara
Arwana Hijau Green Arowana 120 1,68 Inggris/Great Britain
Arwana Perak Red Banjar 200 2,8 Inggris/Great Britain
Arwana Emas  Indonesia Red Tail Golden (RTG) 350 4,9 Inggris/Great Britain
Arwana Emas Indonesia Highback RTG 650 9,1 Inggris/Great Britain
Arwana Emas Malaysia Crossback     Golden 1300 18,2 Inggris/Great Britain
Arwana Emas Malaysia Blue Base Crossback 1350-2800 18,9 – 39,2 Inggris/Great Britain
Arwana Emas Malaysia (Sangat Jarang) Siamese Double Headed Crossback Golden (Kembar Siam 2 Kepala) 58000 812 Inggris/Great Britain
Arwana Merah Super Red 1200-5200 16,8 – 72,8 Inggris/Great Britain
Arwana Merah Chili Red 1100 15,4 Inggris/Great Britain
Arwana Merah Violet Fusion Super Red 1350 18,9 Inggris/Great Britain
Arwana Merah Super Red King 4000 56 Inggris/Great Britain
Hybrid: RTG x Super Red RTG Splendour 850 11,9 Inggris/Great Britain
Hybrid: Crossback x Super Red Red Splendour Crossback (Tong Yang) 1400 19,6 Inggris/Great Britain
Arwana Perak Brazil Silver Arowana USD 30 300 ribu Rupiah Thailand
Arwana Papua Jardini Arowana USD 30 300 ribu Rupiah Thailand
Show More

Aquatic ID

Aquatic ID merupakan situs rintisan yang berusaha memberikan informasi detail mengenai berbagai seluk beluk aquascape dan segala peralatan pendukungnya. Semoga memberi manfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detect

Kami tumbuh dan besar dari advertising, Mohon non aktifkan adblocker pada browser.