Ikan Hias

9 Jenis Ikan Botia yang Banyak Dicari untuk Dipelihara

Pernah mendengar ikan botia? Mungkin nama ini masih kurang familiar. Hal ini tidak mengherankan karena di Indonesia ikan botia lebih terkenal dengan sebutan ikan badut. Ikan badut termasuk ikan hias yang banyak dipelihara dengan ciri khas tubuh kecil.

Ikan botia habitatnya berada di sungai, namun ketika musim pemijahan dan musim hujan, ikan ini biasanya akan bermigrasi ke hulu. Kemudian ikan tersebut akan menetap di aliran anak sungai yang lebih kecil. Ada banyak jenis ikan botia yang menjadi incaran para pecinta ikan untuk dipelihara. Beberapa jenis ikan tersebut antara lain:

Jenis Ikan Botia yang Laris Di Pasaran

1. Clown Loach Botia

Clown Loach Botia merupakan ikan botia yang memiliki nama latinChromobotia Macracanthus. Ikan ini termasuk yang paling populer di Indonesia. Ikan ini memiliki ukuran yang kecil serta memiliki warna dasar kuning keemasan yang dihiasi oleh 3 garis berwarna hitam. Ada juga yang menyebutnya sebagai ikan botia badut.

Baca Juga:  Udang Blue Velvet, Budidaya Udang di Aquascape dan Cara Perawatannya

Ciri ikan botia badut adalah mempunyai 4 sungut pada bagian depan. Ikan ini juga memiliki sepasang sirip di  bagian dada. Terdapat dua jenis ikan botia yang populer yaitu ikan botia Kalimantan dan ikan botia Sumatera. Ikan ikan botia Kalimantan mempunyai sepasang sirip di bagian perut serta memiliki warna hitam dan oranye kemerahan. Sementara ikan botia Sumatera memiliki sirip berwarna merah semua.

2. Blue Botia

jenis ikan botia

Sesuai dengan namanya, Blue Botia memiliki warna biru ini mempunyai nama latin Yasuhikotakia Modesta. Ciri khas ikan ini juga terletak pada ekor dan juga siripnya yang berwarna merah. Hal ini membuatnya disebut sebagai ikan red finned load, redtail botia, dan colored botia. Anda bisa menemukann Blue Botia di Kamboja, Laos, Thailand, dan juga Vietnam.

Baca Juga:  Pemakan Alga Terbaik untuk Mengontrol Ganggang di Aquascape

Untuk bentuk tubuhnya, Blue Botia mempunyai bentuk yang memanjang dan melengkung. Selain itu, warna pada siripnya bukan hanya merah melainkan juga ada yang berwarna oranye menyala. Ketika masih kecil, ikan ini cenderung memiliki warna abu-abu kehijauan.

3. Dwarf Botia

Dwarf Botia atau Ambastaia Sidhimunki juga memiliki berapa nama populer lainnya yaitu Chain Loach, Ladderback Loach, serta Pygmy. Ikan ini berasal dari Thailand, tepatnya berada di perairan lembah Mae Klong, sungai Utaran, dan sungai Khwae. Ciri khas ikan ini adalah pola yang memiliki bentuk seperti rantai serta memiliki warna hitam yang ada di tubuhnya mulai kepala sampai pangkal ekor.

Berdasarkan informasi yang kami dapatkan, populasi Dwarf Botia semakin lama semakin menurun. Hal ini disebabkan oleh perburuan liar. Akibatnya, Dwarf Botia masuk ke dalam salah satu ikan yang dilindungi oleh pemerintah Thailand.

Baca Juga:  Budidaya Udang Amano, Panduan Pemeliharaan Udang Amano

4. Morleti Botia

Morleti Botia memiliki nama latinYasuhikotakia Morleti. Ikan ini juga dinamakan Horae Botia, Skunk Botia, dan juga Skunk Loach. Morleti Botia juga merupakan ikan khas Thailand yang tepatnya berasal dari sungai Mekong, Chao Phraya, dan juga Mae Klong.

Ciri khas ikan ini adalah mempunyai mulut yang berbentuk runcing serta maju jika dibandingkan jenis ikan botia yang lain. Selain itu, di bagian rahang juga terdapat duri yang bisa membuka dan menutup. Warna khas ikan ini adalah abu-abu perak dengan garis tebal hitam di bagian pangkal ekor.

Demikian informasi yang bisa kami berikan. Sebenarnya masih ada beberapa jenis ikan botia yang tidak kalah populer seperti: Yoyo Botia, Zebra Botia, Bengal Botia, Botia Macan, dan Botia Myanmar yang hadir dengan ciri khasnya masing-masing.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detect

Kami tumbuh dan besar dari advertising, Mohon non aktifkan adblocker pada browser.