Ikan Hias

5 Jenis Ikan Hias Kecil Terbaik yang Mudah Dipelihara

Sedang mencari ikan hias kecil untuk dipelihara? Ikan hias berukuran kecil memang menjadi daya tarik tersendiri, terutama bagi mereka yang baru memelihara ikan. Salah satu alasan memilih ikan hias berukuran kecil adalah karena mudah dipelihara dan harganya tidak terlalu mahal. Berikut ini beberapa jenis ikan hias berukuran kecil yang bisa Anda pelihara di rumah.

Jenis Ikan Hias Kecil Untuk Dipelihara

1. Ikan Cupang

ikan hias kecil

Ikan cupang merupakan jenis ikan hias pertama yang bisa menjadi pilihan Anda. Ikan ini sudah dibudidayakan sejak tahun 1970 dan masih populer hingga saat ini. Ikan ini pun juga biasanya dijadikan sebagai ikan aduan. Ikan cupang mempunyai sifat yang cukup agresif dan suka menyerang. Tidak heran jika ikan cupang memiliki umur yang lebih panjang dibandingkan ikan hias yang lain.

Baca Juga:  Ciri-Ciri Ikan Molly Akan Melahirkan yang Harus Diketahui

Memelihara ikan cupang tidaklah sulit. Anda tidak perlu menyiapkan tempat tinggal yang besar maupun harus mengeluarkan biaya yang mahal untuk membuatnya tumbuh sehat. Selain itu, makanannya pun bisa didapatkan dengan mudah seperti cacing rambut, cacing darah, dan lain-lain. Harga ikan ini bervariasi, mulai dari Rp. 5.000 sampai Rp. 1.000.000.

2. Ikan Guppy

Ikan Guppy merupakan ikan hias yang berasal dari Amerika Selatan. Ikan ini termasuk salah satu ikan hias kecil dengan ukuran berkisar antara 2 sampai 3,5 cm. Sekilas ikan ini memang memiliki tampilan yang hampir sama dengan ikan cupang. Padahal keduanya memiliki sifat yang berlawanan. Ikan guppy mempunyai sifat tidak agresif dan cocok dipelihara bersama dengan ikan yang lain. Harganya berkisar antara Rp. 25.000 sampai Rp. 45.000.

Baca Juga:  5 Rekomendasi Akuarium Terbaik dan Terbaru 2020

3. Ikan Corydoras

Termasuk salah satu ikan hias berkuran kecil termurah yang bisa Anda pelihara. Pasalnya, ikan ini dijual dengan harga sekitar Rp. 3.000 sampai Rp. 10.000 saja per ekor. Ikan ini memiliki habitat asli di Amerika Selatan dan mempunyai karakter pendiam. Meskipun begitu, ikan corydoras juga bisa hidup berdampingan dengan ikan yang lainnya.

Bagaimana dengan perawatannya? Selain murah, ikan corydoras juga termasuk ikan hias yang mudah perawatannya. Anda tidak perlu memberi makan secara rutin. Ikan ini dapat memakan alga, lumut, maupun sisa-sisa makanan dari ikan lainnya yang terdapat di dasar akuarium.

4. Ikan Bandit

ikan hias kecil

Meskipun memiliki nama bandit, namun ikan bandit merupakan jenis ikan hiasyang cinta damai. Artinya, ikan ini bisa hidup berdampingan dengan ikan yang lainnya. Jadi, Anda tidak perlu khawatir meletakkan ikan ini di satu akuarium bersama jenis ikan hias Anda. Harga ikan bandit juga sangat murah yaitu mulai dari Rp. 5.000 sampai Rp. 10.000.

Baca Juga:  Ikan Guppy: Pengertian, Habitat, Karakteristik, dan Cara Merawatnya

5. Ikan Molly

Ikan Molly atau yang juga disebut sebagai ikan balon ini pasti tidak asing lagi di telinga Anda, khususnya para pecinta ikan. Anda bisa membelinya dengan harga yang sangat Rp. 1.000 sampai Rp. 5.000 saja. Ikan balon sangat mudah beradaptasi dengan lingkungannya dan juga mudah berbaur dengan ikan lainnya.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detect

Kami tumbuh dan besar dari advertising, Mohon non aktifkan adblocker pada browser.