Ikan Hias

5 Jenis Ikan Louhan yang Cocok Dipelihara dan Banyak Dicari

Tentu Anda tidak asing lagi dengan ikan louhan. Ikan yang identik dengan dahi berukuran besar dan bulat ini sampai sekarang masih tergolong salah satu ikan hias yang banyak diminati. Namun, tidak semua jenis ikan louhan yang banyak dicari. Ada beberapa jenis yang akan kami jelaskan di bawah ini dimana jenis-jenis ikan louhan tersebut banyak diburu oleh para pecinta ikan hias.

Beberapa Jenis Ikan Louhan yang Cocok Dipelihara

1. Ikan Louhan Cencu

jenis ikan louhan

Ikan louhan yang satu ini menjadi salah satu jenis ikan louhan yang kami rekomendasikan untuk Anda pelihara. Ciri kha dari ikan ini adalah mempuyai pola bintik di tubuhnya yang cenderung mempunyai warna merah. Maka dari itu, di Indonesia ikan louhan ini juga terkenal dengan sebutan ikan louhan mutiara.

Ciri lain yang bisa Anda temukan adalah tedapat dua warna di tubuhnya, yaitu emas dan perak. Mulai bagian kepala sampai bagian tengah tubuhnya terdapat warna merah. Sementara itu, di bagian tengah tubuhnya sampai dengan ekor memiliki warna kuning keemasan. Keunikan inilah yang menjadikan ikan louhan cencu memiliki banyak peminat.

Baca Juga:  Ikan Corydoras: Karakteristik, Habitat, dan Cara Merawatnya

Selain itu, harganya yang lumayan terjangkau di pasaran menjadi salah satu alasan kenapa banyak yang memlihara ikan ini. Adapun harganya bervariasi tergantung ukuran ikan tersebut. Biasanya berkisar mulai dari Rp. 200.000 sampai Rp. 750.000.

2. Ikan Louhan Bonsai

Sesuai dengan namanya ikan louhan yang satu ini mempunyai bentuk bonsai. Artinya, meskipun ikan tersebut sudah tumbuh dewasa namun tubuhnya tidak akan tumbuh besar. Diketahui bahwa ikan louhan bonsai mengalami kelainan genetik yang tidak Anda temukan pada jenis ikan louhan yang lainnya. Ciri khas yang Anda temukan pada ikan louhan bonsai yaitu mempunyai jenong besar yang memiliki warna beragam, ada warna merah, kuning, silver, putih, dan hijau.

Baca Juga:  Mengenal Ikan louhan: Temperatur, Usia, dan Ukurannya

Untuk harganya tidak terbeda jauh dengan ikan louhan cencu. Anda perlu menyiapkan dana sekitar Rp. 200.000 sampai Rp. 800.000 untuk bisa mendapatkan ikan louhan bonsai.

3. Ikan Louhan Super Red Dragon

Ikan louhan SRD atau Super Red Dragon bisa menjadi pilihan lain jika sekarang Anda memerlukan koleksi ikan louhan baru. Sekarang, ikan louhan SRD semakin banyak diminati karena mempunyai jenong yang unik dan warna yang cantik. Jenong yang dimiliki ikan ini lebih besar dbandingkan jenis yang lainnya.

Keunikan ikan louhan SRD dan tingginya permintaan pasar membuat ikan ini dijual dengan harga yang lebih mahal. Anda harus menyiapkan dana mulai dari Rp. 400.000 sampai Rp. 3.000.000.

Baca Juga:  Ikan Lion Fish, Cara Pemeliharaan dan Perawatan di Aquarium

4. Ikan Louhan Kemalau

Sama dengan ikan louhan SRD, ikan louhan kemalau juga mempunyai dua warna yang berbeda. Ciri khas ikan ini bisa Anda lihat pada kepala sampai ekor yang mempunyai bintik berwarna kuning. Harga ikan ini bisa mencapai Rp. 600.000 untuk ukuran dewasa. Sementara yang masih anakan cukup Anda siapkan uang sekitar Rp. 150.000.

5. Ikan Louhan Kamfa

Jenis ikan louhan yang terakhir kami bahas adalah ikan louhan kamfa. Ciri khas ikan ini yaitu memiliki warna dominan merah cerah dan juga bintik-bintik silver mulai dari kepala sampai ujung ekor. Ciri lainnya adalah terdapat bintik horizontal di tubuhnya yang terlihat lebih rapi dan juga solid dibandingkan ikan louhan yang lain. Harga ikan ini untuk anakannya berkisar Rp. 850.000 per ekor. Sementara untuk dewasa Rp. 3.500.000 per ekor.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detect

Kami tumbuh dan besar dari advertising, Mohon non aktifkan adblocker pada browser.