Ikan Hias

Jenis-Jenis Ikan Arwana Terbaik yang Banyak Dicari

Ikan arwana adalah salah satu spesies ikan air tawar yang populer. Ikan ini juga termasuk yang banyak dibudidayakan karena memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Harga ikan arwana juga terbilang mahal, terlebih jika Anda membeli jenis arwana yang memang sangat terkenal di pasaran.

Populasi ikan arwana tersebar ke seluruh dunia., mulai dari Amerika Serikat, Amerika Selatan, Asia, Afrika, sampai dengan Australia. Ikan ini juga banyak ditemukan di Indonesia yang dijual dengan harga yang bervariasi, tergantung ukuran, jenis, dan beberapa faktor lainnya.

Inilah Jenis-Jenis Ikan Arwana Populer

1. Arwana Super Red

ikan arwana

Jenis ikan arwana yang pertama kali akan kami bahas adalah Arwana Super Red. Anda bisa menemukan ikan ini di Borneo, terutama di kawasan Kalimantan Barat. Salah satu ciri utama yang membedakan ikan arwana Super Red dengan jenis ikan lainnya adalah warnanya. Sesuai dengan namanya, sirip, sungut, dan juga bibir ikan ini berwarna merah ketika masih muda.

Baca Juga:  Pemakan Alga Terbaik untuk Mengontrol Ganggang di Aquascape

Ketika ikan arwana Super Red sudah beranjak dewasa, warna merah akan mulai muncul pada berbagai bagian tubuh yang lainnya. Untuk varian dari arwana Super Red ini dikelompokkan menjadi beberapa varietas seperti Merah Cabai (Chili Red), Merah Darah (Blood Red), dan juga merah orange atau (Orange Red). Untuk mendapatkan ikan ini, Anda harus mengeluarkan uang mulia 2 juta sampai dengan 50 juta, tergantung ukuran, jenis, dan faktor lainnya.

2. Arwana Banjar

Arwana Banjar merupakan ikan arwana yang berasal dari Banjar, Kalimantan Selatan. Ikan ini memang memiliki warna merah. Akan tetapi, warna merah pada arwana Banjar tidak setegas seperti yang dimiliki oleh Super Red. Salah satu ciri yang menonjol dari ikan ini adalah siripnya yang berwarna oranye dengan ekornya yang memiliki warna kekuningan.

Baca Juga:  Ikan Neon Tetra, Ikan Berkelompok Favorit untuk Aquascape

Arwana Banjar mampu tumbuh sepanjang 90 cm. Jadi, jika Anda memelihara ikan ini, maka pastikan tempatnya luas agar ikan tersebut dapat bergerak secara bebas. Ikan arwana Banjar dijual dengan harga sekitar 2 juta. Salah satu ikan arwana termahal namun masih memiliki banyak peminat.

3. Arwana Golden Pino

ikan arwana

Ikan arwana yang satu ini juga disebut sebagai arwana Hijau maupun Golden Arowana. Ikan ini tersebar di berbagai negara yang ada di kawasan Asia Tenggara, termasuk di dalamnya Indonesia, Thailand, Malaysia, Vietnam, sampai Kamboja. Salah satu keunikan yang dimiliki arwana Golden Pino yaitu perpaduan warnanya.

Ikan ini memiliki gabungan warna yang memberikan nilai keunikan tersendiri. Perpaduan warna seperti emas, kuning, dan juga hijau membuat Golden Pino banyak diminati. Selain itu, ciri lainnya yang terdapat pada arwana Golden Pino adalah kepalanya yang memiliki ukuran lebih besar dibandingkan ikan yang lan. Anda harus menyiapkan dana sekitar 4 juta untuk membawanya pulang.

Baca Juga:  Cara Memelihara Ikan Koki di Akuarium Bagi Pemula

4. Arwana Papua

Ikan arwana Papu mampu tumbuh sepanjang 90 cm dengan berat sebesar 17 kg. Ikan ini mempunyai ciri yaitu warna keemasan namun warna tersebut tidak terlalu mencolok. Habitat arwana Papua yaitu di perairan Papua sampai dengan Australia. Cii fisiknya adalah warna dasar hitam kecoklatan yang dipadukan dengan bintik-bintik kuning keemasan bahkan di bagian kepala sampai ekornya. Ikan ini dijual dengan harga sekitar 4 juta.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detect

Kami tumbuh dan besar dari advertising, Mohon non aktifkan adblocker pada browser.