Tanaman

Jenis Moss Aquascape dan Metode Perawatan Moss Agar optimal

Harga java moss, Cristmast Moss, Fisiden Moss

Jenis Moss Aquascape dan Metode Perawatan Moss Agar optimal. Moss atau lumut air merupakan salah satu tanaman favorit di aquascape. Terutama jika di tanam dan diikat pada ranting driftwood atau batuan aquascape. Moss membuat aquascape tampak natural dan alami sehingga ekosistem aquascape semakin menarik.

 

Jenis Moss untuk Aquascape

Untuk menambah keindahan aquascape, berikut beberapa jenis moss yang paling cantik jika digunakan untuk menghias aquarium kita.

  • Moss Fissidens fontanus

Moss jenis fissiden fontanus ini berasal dari Amerika Serikat, namun untuk persebarannya kini ada di benua Australia. Fissidens akan memberikan tampilan almai pada aquacsape Anda terlebih lagi jika terikat pada potongan kayu atau melakat pada bebatuan.

Sayangnya moss ini cenderung lambat dalam pertumbuhannya, terlebih setelah Anda melakukan pemangkasan. Namun setelah lewat satu bulan, maka moss akan tumbuh dengan subur dan mekar. Untuk perawatannya cukup mudah, bahkan tidak membutuhkan CO2 terlalu banyak.

 

  • Java Moss

Java moss adalah jenis moss yang sangat mudah dijumpai dan sudah umum pula dipakai sebagai penghias aquarium. Moss ini berasal dari Asia Tenggara, dan dalam pertumbuhannya tidak membutuhkan banyak perawatan karena begitu melakat pada hardscape, maka moss akan segera tumbuh denagn subur.

Kita dapat membentuk Java moss menjadi bentuk yang menarik atau mengikuti bentuk medianya. namun pada saat penanaman kita tidak boleh meletakkan moss secara berlebihan pada satu hardscape akan menyebabkan moss cepat membusuk.

Baca Juga:  Anubias Petit, Info tanaman Anubias Petit dan Kisaran Harganya

aneka jenis moss

  • Chrismast moss

Moss yang memiliki bentuk mirip dengan pohon cemara ini berasal dari negara Brasil. Tanaman ini merupakan tanaman yang paling sering dicari para penggemar aquascape. Tumbuh secara padat, warnanya dominan hijau terang dengan pertumbuhan yang tidak teratur.

Mengingat pertumbuhannya yang padat, maka penanaman yang terbaik adalah dengan meletakkannya pada celah-celah agar saat tumbuh chrismast moss dapat lebih merenggang. Jadi tidak perlu diikat karena tidak akan cocok dengan gaya alami aquascape.

 

  • Pellia liverwort

Asal tanaman ini adalah dari Timur seperti India, Jepang, China, dan juga Hawaii. Untuk menumbuhkan moss ini pada aquascape kita, maka kita perlu mempersiapkan Nitrogen dalam jumlah yang tinggi, oleh sebab itu pemupukan sangat dibutuhkan agar pertumbuhannya maksimal.

Liverwort tidak berdaun namun talus yang memungkinkan untuk berkembang biak serta memberi bentuk staghorn yang khas. Liverwort dapat tumbuh pada area dengan cahaya rendah hingga tinggi. Saat diberikan CO2 yang melimpah, maka akan muncul gelembung kecil oksigen pada sisi bawah talusnya.

 

  • Crystalwort atau Riccia fluitans

Crystalwort atau Riccia fluitans adalah moss dengan bentuk yang sangat cantik dan unik. Perawatan Riccia fluitans tergolong susah karena tanaman ini sangat mudah mengapung dan tidak mau melekat pada hardscape.

Baca Juga:  Anubias Gracilis, Tanaman Aquascape yang Tangguh dan Elegan

Maka dari itu, Anda harus mengecek ulang dan mengikatnya berulang kali setiap minggu, jika tidak demikian, maka ia akan merobek harnet dan terlepas. Selain itu, butuh perlakuan khusus jika kita menghendaki Riccia fluitans nampak bersinar berkilauan, berikan CO2 dengan konsentrasi yang tinggi.

Namun jika rencana tersebut gagal, maka justeru akan merusakĀ  dan membuat tanaman jadi mudah rapuh, lemah, dan warnanya pucat.

 

Perawatan Moss di Aquascape

Merawat moss di aquascape susah-susah gampang. Artinya perlu ketekunan dan kesabaran agar kita paham karakter pada masing-masing moss. namun ada beberapa prinsip dasar yang bisa dilakukan saat merawat moss di aquascape.

 

  • Moss Tumbuh Baik dengan Menempel di Batu dan kayu

Ini adalah sifat epifit dari moss. Moss hampir dapat menempel ke semua hal menggunakan serat akar yang kuat, tapi pilihan terbaik untuk menempelkan moss tetap pada batu atau kayu.

Cukup ikat moss dengan mengunakan benang ke obyek yang akan ditumbuhi moss dan dalam satu atau dua minggu moss sudah menempel dan menyebar. Jika moss ini dibiarkan mengambang disekitar hardscape,tentunya pertumbuhannya akan kurang menarik karena akar moss sulit untuk menempel.

 

  • Cahaya

Meskipun moss dapat bertahan di dalam pencahayaan minim (terutama Java Moss) namun pertumbuhannya akan tumbuh kurus dan tumbuh sangat lambat. Semakin banyak cahaya yang Anda berikan moss akan lebih cepat tumbuh dan lebih rimbun.

Baca Juga:  Alternanthera Reineckii Pink, Ciptakan Kontras Menarik di Aquascape

 

  • Kebutuhan CO2

Meskipun CO2 tidak diperlukan, pertumbuhan moss akan sangat jauh dramatis karena pertumbuhan moss sangat dipengaruhi oleh CO2. Ketika saya pertama kali menambahkan CO2, Xmass moss tumbuh dengan sangat pesat. Apalagi jika dikombinasikan dengan pencahayaan yang lebih tinggi , hal itu juga yang akan membuat lumut lebih padat dan sehat.

 

  • Trimming

Proses pemangkasan (/trimming/) itu sangat bagus untuk moss dan moss akan tumbuh kembali lebih tebal dan lebih lengkap. Ada sedkit tips untuk proses pemangkasan moss ini,yaitu anda harus membersihkan sisa sisa potongan moss dari yang besar sampai potongan yang sangat kecil.

Potongan moss kecil ini jika tidak dibersihkan maka moss akan menempel di bagian aquarium lain atau tanaman lain atau tumbuh dibagian yang tidak kita inginkan moss tumbuh disana.

 

Harga Moss Aquascape di Pasaran

moss untuk aquascape dipasaran banyak dijual dengan harga yang cukup bervariasi. Mulai dari Rp.10.000 – Rp. 30.000 tergantung kualitas perawatan moss yang dijual. Biasanya moss dijual dalam bentuk cup dan juga lempeng pakis.

Pilihlah moss yang terlihat segar dan hijau serta bebas dari alga dan penyakit tanaman.

Show More

Aquatic ID

Aquatic ID merupakan situs rintisan yang berusaha memberikan informasi detail mengenai berbagai seluk beluk aquascape dan segala peralatan pendukungnya. Semoga memberi manfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detect

Kami tumbuh dan besar dari advertising, Mohon non aktifkan adblocker pada browser.