AlatAquascape

Lily Pipe, Fungsi dan Berbagai Jenis Lily Pipe Aquascape

Berbagai Desain dan Model lily Pipe Aquascape

Lily Pipe, Fungsi dan Berbagai Jenis Lily Pipe Aquascape. Istilah kolektif “Lily Pipe” digunakan dalam aquascaping untuk menjelaskan aliran masuk dan keluar dari filter eksternal. “Pipa” adalah nama tabung filter dan “Lily” adalah istilah untuk emitor yang dimodelkan dalam bentuk bunga Zantedeschia (“Calla Lily”).

Di sisi hisap, menggunakan tabung melengkung yang dilengkapi dengan slot yang sesuai di mana air ditarik ke dalam filter. Tabung Gelas ini disebut “inflow”.

Lily Pipe biasanya terbuat dari kaca sehingga nampak transparan, Sehingga penonton dapat menikmati pemandangan yang tidak terhalang di aquascape-nya. Saat ini banyak model Lily Pipes yang ditawarkan dalam berbagai ukuran dan desain. Juga peralatan ekstra kecil, yang cocok dengan akuarium nano.

 

Jenis dan Model Lily Pipe

  • Lily Pipe Klasik

Bentuk asli Pipa Lily ini sangat cocok untuk akuarium berorientasi tanaman. Aliran di tangki serta pergerakan permukaan air agak moderat. Ini mencegah terlalu banyak mengeluarkan CO2, yang merupakan nutrisi penting bagi tanaman air. Permukaan air hanya diaduk dengan lembut, sehingga pertukaran gas masih sedikit meningkat.

Baca Juga:  Tanaman Aquascape In Vitro Tissue Culture, Pengenalan Dasar

lily pipe tipe klasik

Dalam akuarium yang baru disiapkan sering kali pusaran kecil akan terbentuk di ujung atas aliran keluar jika kinerja filter cukup. Pusaran ini bersifat permanen dan menghilangkan buih permukaan. Tapi ini bukan masalahnya. Dengan kolonisasi bakteri yang sesuai pada permukaan, pusaran biasanya menghilang setelah beberapa hari.

Namun demikian, Pipa Lily dapat digunakan untuk mengurangi buih permukaan dengan memasang cerat sedikit lebih tinggi di tepi tangki semalaman. Sampah permukaan berkurang oleh gerakan permukaan yang sekarang meningkat.

 

  • Lili Pipe Gelembung

Jenis “gelembung” menunjuk Lily Pipes khusus dengan ujung bundar. Aliran keluar juga diarahkan lebih ke atas, yang menghasilkan agitasi permukaan air yang jauh lebih intens. Akibatnya, air lebih diperkaya dengan oksigen dan buih permukaan berkurang.

Baca Juga:  Aquascape Bebas Alga, Berikut Tips dan langkahnya

lily pipe gelembung

 

  • Pipa Jet

Jika aliran yang lebih kuat diinginkan, arus keluar dengan bukaan lurus direkomendasikan. Khusus untuk spesies ikan yang suka berada di aliran di area kolam atas, Pipa Jet dianjurkan.

 

lily pipe jet pipe

 

  • Lily Pipe Jenis Loop atau Spin

Aliran berbentuk luar biasa ini memiliki dua bukaan lateral. Outlet cincin bola secara drastis memperlambat jet air dan menyebarkan air di kedua sisi. Alirannya sangat melambat. Jenis Pipa Lily ini dapat digunakan pada tangki yang lebih kecil yang telah dilengkapi dengan filter yang terlalu kuat. Selain itu, sangat cocok sebagai outlet filter di akuarium di mana ikan pembangun sarang seperti Betta disimpan.

 

lily pipe tipe loop

 

  • Jenis Violet atau Efflux F2

Produsen peralatan gelas terkenal seperti Do! Aqua dan Cal Aqua Labs dengan model Efflux F2 / F3 dan Violet mereka, menawarkan Lily Pipes, yang menciptakan aliran berorientasi ke bawah. Untuk tujuan ini, bagian bawah outlet pada Violet Outflow memanjang untuk memandu aliran air ke arah ini.

Baca Juga:  Pencahayaan Aquascape, Menghitung Kebutuhan Lampu Aquascape

Violet or Efflux F2 Type

The Lily Pipes Efflux F2 dan F3 memberikan efek yang sama, tetapi dirancang sedikit berbeda. Bagian atas dari pembukaan outlet filter lebih panjang daripada yang lebih rendah untuk mengarahkan aliran ke bawah. Akibatnya, hampir tidak ada aliran permukaan, dan air dipindahkan di bagian bawah akuarium. Gelas ini direkomendasikan untuk memelihara ikan yang lebih suka permukaan air yang tenang. Ini termasuk, misalnya, ikan labirin bersarang busa seperti cupang atau gurami.

 

  • Skimmer Kaca

Permukaan skimmer khas tersedia sebagai gelas Inflow yang dirancang secara klasik juga. Tekukan inlet terbuat dari kaca, sedangkan pelampung di bagian atas dan sekrup penyetel di bagian bawah terbuat dari kaca akrilik. Skimmer memberikan permukaan air yang jernih dan bersih tanpa buih permukaan.

simmer kaca

 

Show More

Aquatic ID

Aquatic ID merupakan situs rintisan yang berusaha memberikan informasi detail mengenai berbagai seluk beluk aquascape dan segala peralatan pendukungnya. Semoga memberi manfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detect

Kami tumbuh dan besar dari advertising, Mohon non aktifkan adblocker pada browser.