Tanaman

Lobelia Cardinalis, Tanaman Klasik untuk Tema Dutch Style

Harga Lobelia cardinalis dan Cara Perawatannya

Lobelia Cardinalis, merupakan tanaman klasik yang banyak digunakan untuk tema aquascape dutch Style. Bila ditanam rapat akan membentuk pagar yang rimbun dan menarik. Lobelia cardinalis, tanaman asli Amerika yang awalnya ditemukan di wilayah timur dan tengah Amerika Serikat di tanah yang lembab disekitar anak sungai, kolam, dan parit jalan.

Bentuk emersednya berupa daun hijau dengan bagian bawah ungu dan bunga berbentuk lonceng merah yang menarik, menjadikannya tanaman hias yang sangat populer dan indah di tanah asalnya. Tanaman yang tenggelam berdaun air berwarna hijau muda. L. cardinalis telah digunakan untuk aquaria gaya Belanda untuk waktu yang lama, dan cukup banyak menyebar dipasaran.

Baca Juga:  Sagittaria Subulata Tanaman Karpet Seperti Rumput yang Menawan

Plant info

Type: Stem
Origin: North America
Country or continent where a plant is the most common. Cultivars arise or are bred in cultivation.
Growth rate: Medium
Growth rate of the plant compared to other aquatic plants.
Height: 20 – 30+
Average height (cm) of the plant after two months in the tank.
Light demand:
The average or medium light demand of an aquarium plant is 0,5 W/L.
CO2 :
A medium need in CO2 is 6-14 mg/L. A high demand in CO2 is approx. 15-25 mg/L.

 

Perawatan Lobelia Cardinalis

Lobelia Cardinalis adalah tanaman yang mudah dirawat. Pencahayaan setidaknya harus moderat, watt yang lebih tinggi menghasilkan pertumbuhan yang lebih padat dan lebih lusher. Injeksi CO2 tidak diperlukan, tetapi masih disarankan untuk pertumbuhan sehat yang kuat.

Baca Juga:  Bucephalandra Merah, Tanaman Asli Kalimantan Favorit Aquascaper

Dosis pupuk cair rutin diperlukan agar tumbuh optimal. Tingkat nitrat 10-20 mg / l dan tingkat fosfat dalam kisaran 1-2 mg / l serta mikronutrien dan zat besi yang cukup menyebabkan pertumbuhan yang cepat dan vital. Dalam kondisi ini, L. cardinalis akan menyebarkan tunas lateral dengan massif.

Tanaman batang yang tidak biasa ini hanya tumbuh di permukaan air dengan kecepatan sedang. Ia juga cenderung menumbuhkan sejumlah besar akar putih pada simpul batangnya. Ini bisa disembunyikan jika tanaman dipotong kembali dengan hati-hati. Pemangkasan dilakukan dengan memotong ujung pucuk, yang dapat ditanam kembali.

Pertumbuhannya yang agak lambat dan tinggi yang terkendali dengan baik membuat L. cardinalis sangat cocok untuk tank Leiden bergaya Dutch. Ukurannya dan struktur daunnya yang unik menjadikannya pilihan yang sangat baik bagi penggemar aquascape.

Baca Juga:  Anubias Nana, Tipikal Tanaman dan Teknik Perawatan Anubias Nana

 

Harga Lobelia Cardinalis

Lobelia cardinalis banyak dijual baik melalui online maupun di toko aquascape. Harganya cukup murah mulai Rp. 10.000 – Rp. 20.000 per pot.

Show More

Aquatic ID

Aquatic ID merupakan situs rintisan yang berusaha memberikan informasi detail mengenai berbagai seluk beluk aquascape dan segala peralatan pendukungnya. Semoga memberi manfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detect

Kami tumbuh dan besar dari advertising, Mohon non aktifkan adblocker pada browser.