Tips & Trick

Tips Memelihara Ikan Cupang Agar Sehat dan Tidak Mati

Ikan cupang atau ikan laga (ada juga yang menyebutnya ikan tarung) merupakan salah satu ikan hias yang banyak diminati. Ikan ini memiliki keindahan pada bentuk dan terutama ekornya. Sudah banyak orang yang memliharanya dan bahkan ada yang sampai memelihara ikan cupang dalam jumlah banyak. Nah, bagi Anda yang berniat memelihara ikan cupang, ada beberapa tips penting yang perlu Anda ketahui.

Beberapa Tips Penting Memelihara Ikan Cupang

memelihara ikan cupang

1. Pilih Ukuran Wadah

Tips pertama untuk memelihara ikan cupang dimulai dari menyiapkan wadahnya. Sama halnya dengan memelihara ikan koki, pastikan bahwa Anda memilih ukuran wadah yang pas dengan ikan cupang. Kami sarankan wadahnya tidak terlalu besar kira-kira memiliki ukuran 20 x 15 x 15. Anda juga bisa menambahkan beberapa batuan kecil maupun tanaman palsu agar ikan cupang semakin nyaman berada di dalam wadah tersebut.

Baca Juga:  Aquascape Tanpa Filter Apakah Bisa Tumbuh Baik?

2. Perhatikan Air untuk Ikan Cupang

Jenis air apa yang harus Anda gunakan? Kami menyarankan Anda menggunakan air tawar. Hal ini karena air tawar mempunyai karakteristik yang tidak berbeda jauh dengan habitat asli ikan cupang yakni sawah dan rawa-rawa. Pastinya menyiapkan air tawar tidak sulit dan bahkan Anda bisa menggunakan air PAM.

Namun perlu diperhatikan bahwa Anda harus membiarkan air tersebut dalam ember terlebih dahulu. Jangan menggunakan kloramin maupun klorin karena bisa membahayakan ikan cupang. Setelah Anda biarkan selama beberapa saat, baru air tersebut bisa dimasukkan ikan.

3. Perhatikan Volume Air

Selain memperhatikan jenis air, volume air juga menjadi faktor yang penting dalam memelihara ikan cupang. Jika Anda menggunakan wadah tanpa penutup, sebaiknya isi air kurang lebih 40% saja dari wadah tersebut. Hal ini bertujuan agar ikan cupang tidak sampai melompat keluar.

Baca Juga:  Cara Merawat Ikan Hias yang Baik dan Benar Agar Tidak Mati

4. Masukkan Ikan Cupang ke Wadah dengan Benar

Tips lain yang harus Anda perhatikan jika ingin memelihara cupang adalah Anda harus hati-hati pada saat memasukkan ikan cupang ke dalam wadah. Anda harus memasukkannya dengan hati-hati agar tidak mati. Selain itu, jangan langsung mengganti air secara drastis.

Kami menyarankan Anda mencampur air yang lama dengan air yang baru. Tujuannya agar ikan cupang lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Kami juga tidak menyarankan Anda menggunakan jaring ikan karena berpotensi merusak siripnya.

5. Mengganti Air

Tips terakhir adalah berkaitan dengan penggantian air. Anda harus memindahkan ikan cupang terlebih dahulu ke wadah sementara. Pindahkan menggunakan saringan khusus dan jangan menggunakan tangan atau jaring karena bisa merusak siripnya. Kemudian Anda bersihkan wadah dari lendir dan kotoran yang menempel.

Baca Juga:  5 Tips Merawat Ikan Louhan Agar Warnanya Tetap Bagus

Jangan cuci wadah dengan sabun maupun deterjen karena bisa meracuni cupang. Cukup bersihkan menggunakan spons sampai bersih. Setelah semuanya bersih, masukkan air baru dan tunggu beberapa saat. Baru kemudian Anda masukkan ikan cupang. Sebaiknya Anda mengganti airnya kurang lebih 3 hari sekali.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detect

Kami tumbuh dan besar dari advertising, Mohon non aktifkan adblocker pada browser.