Ikan Hias

Cara Memelihara Ikan Koki di Akuarium Bagi Pemula

Anda berencana memelihara ikan koki di akuarium? Ikan koki memang menjadi salah satu ikan hias yang populer. Memeliharanya pun tidak terlalu sulit dan tidak perlu penanganan khusus. Namun tetap saja Anda perlu memahami beberapa tips memelihara ikan koki yang benar agar ikan Anda tumbuh sehat dan cepat besar.

Tips Memelihara Ikan Koki Untuk Pemula

1. Sediakan Akuarium

Tips memelihara ikan koki yang pertama yaitu Anda harus menyediakan akuarium. Anda harus memastikan bahwa akuarium yang akan Anda pilih memiliki ukuran yang cukup dan membuat ikan koki nyaman tinggal di dalamnya. Untuk ukuran idealnya dari volume air sekitar 38 sampai dengan 55 liter per ekor. Ketika Anda ingin menambahkan ikan, kami menyarankan untuk menambah airnya yaitu 38 liter per ikan koki.

2. Beli Alas Akuarium

Tips yang kedua yaitu Anda harus memberi alas khusus pada akuarium Anda. Kenapa hal ini perlu? Pemberian alas bertujuan untuk membuat kondisi akuarium semirip mungkin dengan habitat ikan koki. Anda bisa memambahkan alas berupa gravel. Kami menyarankan gravelnya berukuran besar dan jangan terlalu kecil atau terlalu halus sehingga tidak sampai tertelan ikan koki.

Baca Juga:  Ikan Oscar: Pengertian, Habitat, Jenis, Tips Merawatnya

Sebelum gavel dimasukkan ke dalam akuarium, jangan lupa merendamnya terlebih dahulu kurang lebih 2 malam. Anda juga perlu menambahkan batu kecil atau kerikil karena kerikil tidak mempengaruhi tingkat keasaman pada akuarium.

3. Tambahkan Lampu

Mengapa perlu menambahkan lampu? Lampu bertujuan untuk menghantarkan panas. Biasanya lampu yang digunakan adalah lampu LED atau lampu pijar redup dan jangan menggunakan lampu bukan pijar berwarna putih karena cahanya terlalu panas. Penggunaannya cukup 10 jam saja seperti halnya siklus cahaya matahari.

4. Pasang Filter

Sama dengan ketika Anda memelihara ikan koi, memelihara ikan koki di akuarium pun juga memerlukan filter air. Filter air berfungsi menjaga kualitas air agar tetap bersih. Jika kualitas air terjaga, maka ikan bisa hidup dengan nyaman dan sehat serta terhindar dari berbagai macam parasit. Selain memasang filter, Anda juga perlu memasang aerator agar bisa mengalirkan udara di dalam air yang kemudian akan menjadi oksigen.

Baca Juga:  Budidaya Udang Amano, Panduan Pemeliharaan Udang Amano

5. Beri Tanaman Air

Tips memelihara ikan koki yang kelima yaitu tambahkan tanaman air. Berdasarkan keterangan para ahli, tanaman air memiliki peran penting untuk membantu dan menjaga pertumbuhan dan perkembangan ikan koki. Ketika tanaman airnya sudah mati, segera ganti dengan tanaman air yang baru.

6. Menguras Air Secara Rutin

Tips yang tidak kalah penting adalah Anda harus membiasakan menguras air kolam secara rutin. Meskipun sudah dilengkapi dengan filter, namun Anda tetap harus mengurasnya. Kuras kurang lebih 2 kali dalam sebulan. Ingat, jangan langsung menguras semua airnya agar ikan tidak stress. Anda bisa menggunakan piring di atas akuarium sambil memegangnya dengan tangan kiri. Kemudian ambil air menggunakan gayung dan siramkan air di atas piring sehingga air tidak langsung masuk ke dalam akuarium.

Baca Juga:  Budidaya Ikan Neon Tetra, Panduan Ternak Ikan Tetra Untung Maksimal

7. Beri Makan Secara Rutin

Selain menguras secara rutin, Anda juga perlu memberinya makan secara rutin juga. Akan tetapi, jangan sampai terlalu sering dan pastikan takarannya sesuai dengan jumlah ikan di dalamnya. Ketika terlalu banyak memberi makan, sisa makanan malah akan menjadi kotoran di dalam akuarium dan berpontesi mengganggu kenyamanan ikan koki. Anda harus memberinya makanan yang mengandung protein tinggi agar ikan cepat tumbuh besar.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detect

Kami tumbuh dan besar dari advertising, Mohon non aktifkan adblocker pada browser.