Tips & Trick

Tips Memilih Ikan Koi yang Bagus dan Berkualitas

Untuk memilih ikan koi yang bagus memerlukan kecermatan dan ketelitian. Bisa dikatakan untuk mendapatkan ikan koi yang bagus dan berkualitas gampang-gampang susah. Namun dengan tips yang kami berikan di bawah ini, akan mempermudah Anda menemukan ikan koi yang Anda cari selama ini.

Beberapa Tips Memilih Ikan Berkualitas

memilih ikan koi

1. Perhatikan Kesan Pertama

Tips pertama dalam memilih ikan koi yaitu Anda harus memperhatikan kesan pertama Anda. Dari sini Anda bisa menilai seperti apa kondisi umum dari ikan yang Anda lihat tersebut. Jika ikan koi sudah membuat Anda tertarik pada pandangan pertama, Anda bisa mulai menilai ikan tersebut secara lebih spesifik. Namun jika ikan tersebut membuat Anda biasa-biasa saja, Anda bisa mencari ikan koi yang lain.

Baca Juga:  Memunculkan Warna Merah Tanaman Aquascape? Ini Tipsnya

2. Tubuh Ikan Koi

Perlu Anda tahu bahwa ikan koi yang sehat mempunyai bentuk yang proporsional, tidak gemuk dan tidak kurus. Yang paling bagus adalah ikan koi yang anatominya mirip torpedo. Dengan kata lain, ikan tersebut bentuk tubuhnya agak gemuk di bagian tengah serta mengecil di bagian kepala dan ekor. Anda bisa melihatnya dari atas dan jangan dari samping.

3. Warna

Tips memilih ikan koi yang ketiga adalah memperhatikan warnanya. Ikan koi yang bagus dan bekualitas memiliki warna yang cerah sesuai dengan jenisnya. Salah satu contohnya yaitu kohaku yang mempunyai warna terang serta putih bersih dan tidak kekuningan. Jadi, pastikan Anda mengetahui warna khas dari ikan koi incaran Anda kemudian Anda bisa menentukan apakah warnanya cerah dan sesuai dengan ciri khas ikan tersebut.

Baca Juga:  5 Tips Merawat Ikan Louhan Agar Warnanya Tetap Bagus

4. Garis Warna

Selain warna, garis warna juga merupakan bagian yang tidak boleh Anda lewatkan. Garis warna adalah batas antara warna corak. Ikan koi kualitas bagus mempunyai garis pembatas yang jelas serta tidak memiliki gradasi warna. Misalnya pada perbedaan warna merah dan putih tidak ditemukan gradasi.

5. Sisik Ikan

Perhatikan sisik ikan koi yang akan Anda beli. Pastikan sisiknya utuh serta tidak terdapat bintik-bintik warna. Jika Anda menemukan sisik ikan tersebut rusak, kemungkinan disebabkan oleh goresan atau bisa juga karena salah penanganan.

6. Sirip

Selain sisik, sirip juga menjadi hal yag harus Anda perhatikan. Sisik ikan yang grepes memang bisa tumbuh dengan sendirinya. Akan tetapi, jika sirip ikan koi tersebut grepes sejak ada di toko, lebih baik Anda mencari ikan yang lainnya karena tujuan Anda datang ke toko tersebut adalah mencari ikan koi yang bagus.

Baca Juga:  Cara Memelihara Ikan Koi Agar Tidak Mati Untuk Pemula

7. Gerakan Ikan

Perhatikan apakah ikan koi yang akan Anda beli gesit, aktif, serta berenang secara berkelompok. Jika Anda menemukan ikan koi pasit dan bahkan hanya berada di pojokan, kemungkinan ikan tersebut sedang sakit dan jangan sampai Anda membelinya kecuali niat Anda memang ingin merawat ikan tersebut.

Incoming search terms:

nama jenis ikan koi,ikan koi merah hitam,jenis koi
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detect

Kami tumbuh dan besar dari advertising, Mohon non aktifkan adblocker pada browser.