AquascapeTips & Trick

Memunculkan Warna Merah Tanaman Aquascape? Ini Tipsnya

Cara memunculkan Warna Merah pada Tanaman Aquascape

Memunculkan Warna Merah Tanaman Aquascape? Ini Tipsnya. Salah satu hal yang cukup membingungkan dalam aquascape adalah mampu memunculkan warna merah tanaman dengan sangat initens terutama tanaman stem plants. Ada beberapa faktor agar sukses memacu munculnya warna merah pada tanaman aquascape.

Mungkin sudah banyak diberbagai forum yang membahas cara memunculkan warna merah tanaman aquascape, namun berikut ini adalah tips yang layak untuk dicoba:

 

Memunculkan Warna Merah Tanaman: Cahaya Adalah Kunci

Pertama dan terpenting: cahaya terang adalah kuncinya. Ada beberapa tanaman yang akan berwarna merah cerah bahkan di bawah kondisi pencahayaan sedang (Ludwigia sp red mini adalah contoh yang baik), tetapi sebagian besar rotalas dan ammania membutuhkan pencahayaan yang intens (dalam spektrum / panjang gelombang yang tepat) untuk mencapai potensi penuh warna.

Baca Juga:  Carbon Cair untuk Aquascape, Apakah Bermanfaat untuk Tanaman?

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pigmen merah yang diperbesar berfungsi sebagai semacam tabir surya untuk sel-sel tumbuhan; dengan teori ini, masuk akal bahwa meningkatkan intensitas cahaya akan memberi tanaman tertentu intensitas warna merah sebagai mekanisme perlindungan dari cahaya.

 

Memilih Tanaman yang tepat

Pilih tanaman yang tepat! Tidak semua tanaman batang akan berubah menjadi merah di bawah cahaya terang. Sebagai contoh, beberapa varietas rotala akan berwarna hijau bahkan di bawah lampu yang terang; yang lain akan berwarna merah terang di bawah cahaya yang kuat, tetapi oranye kehijauan di bawah cahaya sedang sampai rendah.

Sangat penting untuk memilih tanaman dengan hati-hati yang benar-benar berpotensi menjadi merah di bawah kondisi yang tepat; periksa kembali apakah Anda membeli kultivar yang benar, atau Anda mungkin mengecewakan diri sendiri.

Baca Juga:  5 Tips Merawat Ikan Louhan Agar Warnanya Tetap Bagus

 

Nutrisi yang Lengkap dan Berimbang

Nutrisi yang baik juga penting. Pupuk cair lengkap memiliki segala yang dibutuhkan untuk mencapai warna merah cerah. Ini adalah kesalahpahaman bahwa zat besi tambahan diperlukan untuk merah terang. Seperti semua tanaman, jumlah trace zat besi diperlukan, tetapi dosis zat besi tambahan melebihi jumlah trace tidak menyebabkan peningkatan pigmen merah atau intensitas pigmen.

Sementara pigmen merah yang dihasilkan oleh tanaman memang mengandung zat besi, tanaman tidak akan menghasilkan lebih banyak pigmen merah daripada yang mereka butuhkan hanya karena lebih banyak zat besi: sedikit zat besi bisa bertahan lama. Bahkan, overdosis pada besi lebih cenderung menyebabkan kerusakan pada invertebrata seperti udang (yang sangat sensitif terhadap tembaga bebas dan kation besi) daripada menguntungkan tanaman.

Baca Juga:  Aquascape Bebas Alga, Berikut Tips dan langkahnya

 

Memunculkan Warna Merah Tanaman: Mengurangi Limbah Nitrogen

Menurunkan nitrat mungkin penting untuk mencapai puncak kemerahan. Dengan demikian, jika Anda telah mencoba semua poin sebelumnya tidak berhasil, tambahkan langkah terakhir ini ke dalam campuran dan akhirnya Anda dapat mencapai tujuan memerahkan tanaman! kita dapat membatasi nitrat dengan melakukan pergantian air yang sering (lakukan 3 pergantian 20-30% seminggu), menghindari memberi makan ikan Anda secara berlebihan, dan menggunakan filter yang cukup (menambah luas permukaan bakteri yang memetabolisme limbah nitrogen).

 

Show More

Aquatic ID

Aquatic ID merupakan situs rintisan yang berusaha memberikan informasi detail mengenai berbagai seluk beluk aquascape dan segala peralatan pendukungnya. Semoga memberi manfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detect

Kami tumbuh dan besar dari advertising, Mohon non aktifkan adblocker pada browser.