Aquascape

Mendesain Aquascape, Panduan Membuat Layout Aquascape Pemula

Tips Membuat Aquascape yang Menarik untuk Pemula

Mendesain Aquascape, Panduan Membuat Layout Aquascape Pemula. Tantangan bagi pemula yang meminati hobi aquascape adalah mendesain Aquscape dengan visual yang menarik, ada beberapa aturan dasar yang bisa dijadikan pedoman saat membuat desain aquascape.

Mendesain Aquascape: Aturan Per Tiga (Rule of Thirds)

Aturan Pertiga telah digunakan sejak manusia pertama kali mulai membuat objek visual. Untuk beberapa alasan, mata manusia tertarik pada hal-hal yang terbagi menjadi sebuah kisi, dan menempatkan benda pada garis yang dibuat oleh kisi ini hampir selalu menciptakan tata letak yang seimbang dan menarik secara visual. Hal yang sama berlaku untuk Aquascaping.

Desain pertiga Aquascape

Apa yang segera tampak pada gambar tersebut adalah dua hal: Tanaman karpet yang menarik, dan tangki ini pasti tersusun sesuai dengan Aturan Pertiga.

Saya telah menandai dua bidang penting:

  • Penempatan titik fokus

Kami akan membahasnya secara mendalam nanti, tetapi saya ingin Anda memperhatikan penempatan bagian tertinggi tangki: Ditempatkan hampir persis sepertiga dari sisi kanan. Itu bukan kecelakaan.

Entah disengaja atau tidak, aquascaper menemukan itu menjadi lokasi yang menyenangkan untuk titik fokus.

  • Melanggar aturan

Ini klise, tapi itu benar: setiap aturan dimaksudkan untuk dilanggar. Namun, itu adalah ketidakberaturan yang disengaja dan membuatnya menarik.

Baca Juga:  Iwagumi, Filosofi Desain dan Setting Aquascape Gaya Iwagumi

Jika batu yang lebih kecil ditempatkan tepat sepertiga dari sisi kiri, itu akan membuat tangki hampir seperti cermin, dan itu akan terlihat kaku.

 

Focal Point (Titik Fokus)

Focal point membuat tata letak tidak menjadi semrawut atau mengganggu. Dalam kebanyakan kasus, lebih sedikit lebih baik. Titik fokus secara alami dibuat dengan mengikuti pedoman gaya.

Gaya Iwagumi, misalnya, menggunakan kelipatan batu yang ditempatkan dalam pola tertentu, dengan batu pusat ditempatkan di salah satu garis ketiga tangki. Ini (dengan desain) menciptakan titik fokus sesuai dengan Aturan Pertiga.

Pastikan bahwa tangki Anda memiliki aspek visual yang mencolok, dan memandu mata pemirsa melintasi tangki Anda. Titik fokus dapat dibuat melalui penggunaan seleksi tanaman yang efektif, baik dengan warna, skala, atau tekstur.

 

Seleksi Tanaman

Penting untuk diingat ukuran & warna tanaman dewasa. Pilih tanaman yang berukuran tepat untuk tempat Anda meletakkannya.

Misalnya, dalam kebanyakan kasus, Kita tidak akan menempatkan tanaman batang di latar depan, karena kemungkinan tumbuh begitu tinggi sehingga menghalangi pandangan tangki.

Kita juga tidak akan menempatkan tanaman karpet yang tumbuh rendah di belakang aquascape Anda. Tidak akan ada gunanya, karena itu tidak akan pernah terlihat.

Baca Juga:  CO2 Aquascape, Kenapa Tanaman Aquascape Perlu Injeksi CO2?

Namun dalam kebanyakan kasus, titik fokus dibuat dengan satu prinsip yang mudah digunakan.

 

Mendesain Aquascape: Skala

Penggunaan skala yang tepat dalam aquascape adalah apa yang membuat ‘sihir’. Sekali lagi, sebagian besar dari kita belajar lebih baik secara visual, jadi inilah tata letak sampel:

Skala pada aquascape

Sekali lagi, Anda bisa melihat Rule of Thirds sangat lazim di tangki ini. Terlebih lagi, Anda mungkin memperhatikan skala yang ada di aquascape ini.

 

  • Ukuran Media

Ukuran media dapat memainkan peran besar dalam penampilan tangki Anda. Itu sebabnya Anda melihat hampir semua Aquascaper profesional menggunakan lapisan tanah jenis ADA bubuk. Butiran kecil memberikan rasa skala yang lebih besar antara hardscape, tanaman, dan substrat.

Jika Anda memiliki anggaran untuk menggunakan jenis bubuk, lakukanlah. Ingat saja: ini top coat, bukan substrat yang harus Anda ciptakan.

 

  • Batu Besar Sebagai Titik Fokus

Menggunakan batu yang lebih besar dalam tangki adalah cara yang bagus untuk menggunakan tidak hanya ruang horizontal di aquascape, tetapi juga vertikal.

Baca Juga:  Filtrasi Aquascape yang Tepat Agar Tanaman Tumbuh Optimal

Menggunakan batu yang lebih besar memanfaatkan ruang vertikal di aquascape Anda. Inilah yang kami gunakan.

Ini adalah masalah paling umum di tangki pemula Aquascape: mereka membuat keputusan yang relatif baik tentang substrat, penempatan tanaman, dan pemilihan ikan, tetapi hardscape mereka tidak menggunakan tangki penuh.

Batu-batu atau Driftwood tidak cukup besar untuk memanfaatkan ruang terbuka di atas substrat, sehingga semuanya tampak seperti tata letak ‘jongkok’ yang rendah.

 

  • Batu Kecil Sebagai Aksen Pendukung

Pemula hampir selalu melupakan batu-batu ini. Meskipun terkadang sulit untuk mendapatkannya dari pembelian batu (penjual hanya menyertakan batu besar / sedang), penting untuk menggabungkan ini untuk menciptakan varian di hardscape Anda. Letakkan batu-batu kecil secara alami di dalam tangki untuk menciptakan tampilan alami

 

Mendesain Aquascape: Kontras

Mengisi tangki aquarium dengan tanaman yang sejenis baik dari segi tampilan dan warna tentu akan sangat membosankan dan tidak terlihat atraktif. Gunakan perpaduan yang kontras untuk menciptakan focal point dan daya tarik tersendiri.

Kontras bisa berarti menempatkan tanaman delam ukuran yang berbeda atau warna yang berbeda. Penempatan kontras yang baik akan membuat aquarium semakin hidup dan berwarna.

Show More

Aquatic ID

Aquatic ID merupakan situs rintisan yang berusaha memberikan informasi detail mengenai berbagai seluk beluk aquascape dan segala peralatan pendukungnya. Semoga memberi manfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detect

Kami tumbuh dan besar dari advertising, Mohon non aktifkan adblocker pada browser.