Aquascape

Mengikat Moss Aquascape Pada Kayu Driftwood

Cara menempelkan moss pada kayu dan hardscape.

Mengikat Moss Aquascape Pada Kayu Driftwood. Moss adalah tanaman air yang sangat populer untuk akuarium, terutama di akuarium udang aquascaper, karena menciptakan lingkungan alami yang hebat. Sangat efektif untuk menempelkan lumut akuarium ke dekorasi seperti batu atau kayu drift wood. Dalam beberapa tahun terakhir, merekatkan moss dengan lem tanaman menjadi sangat populer.

Sayangnya menempelkan moss dengan lem menimbulkan residu yang tidak menarik di hardscape bahkan terlihat bercak putih dan tidak semua spesies lumut cocok untuk direkatkan dengan lem. Secara klasik, lumut melekat pada benda dengan benang yang cocok, yang menciptakan tampilan yang lebih baik. Pada artikel ini kami akan menjelaskan cara mengikat mereka dengan baik.

Baca Juga:  Gaya Aquascape yang Mainstream di Seluruh Dunia

Mengikat moss pada hardscape atau kayu kita bisa menggunakan benang. Ada dua benang yang tersedia:

  • Benang Polyester.
  • Benang Organik Degradable.

Benang polyester merupakan benang yang terbuat dari serat polymer dan susah untuk terdegasi. Sementara Benang organi seperti benang milik ADA Aqua Design akan hancur dalam rentang waktu tertentu sehingga moss nampak natural melekat pada hardscape.

 

Cara Mengikat Moss Aquascape

Sebelum mengikat moss aquascape, Kita harus memutuskan terlebih dahulu apakah ingin mengikat moss di dalam atau di luar tangki akuarium.

  • Mengikat moss ketika hardsacpe atau kayu driftwood sudah posisi di aquarium cukup terbatas. Kita akan kesulitan untuk memindah, memiringkan karena ruang yang terbatas.
  • Mengikat lumut jauh lebih nyaman ketika semuanya bergerak bebas dan Anda dapat bekerja di luar tangki akuarium. Setelah semua terpasang barulah hardscape kita pindah kedalam aquascape.
  • Selanjutnya lumut diikat ke objek yang diinginkan. Dalam contoh kami, kami ingin mengikat Riccardia sp. ke sepotong kayu apung. Lumut yang akan diikat pertama-tama harus dibagi dengan tepat. Ini bisa dilakukan dengan memotong atau mencabutnya dengan jari Anda.
Baca Juga:  Parameter Air Aquascape, Pemahaman Tentang PH, KH, GH, dan TDS Air

membagi moss

 

 

  • Ambil potongan kayu apung dan ikatkan benang ke ujung dengan simpul ganda. Anda harus meninggalkan sepotong benang yang lebih panjang keluar dari simpul. Ini akan menjadi penting nanti untuk simpul terakhir.

mengikat moss

  • Kemudian proses penggulungan yang sebenarnya dimulai: Sebagian kecil lumut ditempatkan pada akar, dibungkus dengan benang dalam loop yang ketat.

menempelkan moss di kayu

 

  • Langkah demi langkah Anda akan mencakup seluruh jarak yang diinginkan di sepanjang kayu, Benang harus dililitkan dengan erat. Saat Anda telah mencapai ujung, lilitkan seluruh peregangan kembali hingga Anda mencapai titik awal.

  • Sekarang potongan kayu itu benar-benar hijau dan bisa digunakan di akuarium. Ini akan terlihat sangat alami, jika Anda hanya menutupi sisi atas hardscape seperti yang kami lakukan pada contoh kami.
Baca Juga:  Aquascape Low Tech, Tips Sukses Aquascape Tanpa Injeksi CO2

 

Beberapa tanaman Moss yang cocok untuk diikat adalah:

  • Riccia fluitans
  • Riccia sp. “Dwarf”
  • Spiky Moss
  • Weeping Moss
  • Fontinalis antipyretica

 

*) Kredit Foto dari Aquasabi.com

Show More

Aquatic ID

Aquatic ID merupakan situs rintisan yang berusaha memberikan informasi detail mengenai berbagai seluk beluk aquascape dan segala peralatan pendukungnya. Semoga memberi manfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detect

Kami tumbuh dan besar dari advertising, Mohon non aktifkan adblocker pada browser.