Aquarium Laut

Mengubah Aquascape Tawar Menjadi Aquarium Laut, Apa Bisa?

Cara mengubah Aquascape Menjadi Aquarium Laut

Mengubah Aquascape Tawar Menjadi Aquarium Laut, Apa Bisa?. Banyak orang dengan akuarium air tawar berpikir untuk mengubah menjadi Aquarium Laut atau tangki terumbu karang.

Jika Kita memiliki sistem akuarium air tawar yang berfungsi, Anda mungkin sudah memiliki sebagian besar peralatan yang diperlukan untuk ke sistem akuarium air asin. Mari segera kita bahas peralatan yang Anda perlukan untuk memulai sistem akuarium air asin baru Anda.

Tangki Aquarium

Tentunya, jika beralih dari akuarium air tawar ke akuarium air asin, Anda sudah memiliki akuarium. Apakah itu kaca atau akrilik? Tidak masalah, asalkan menahan air tanpa bocor. Ukuran akuarium memang penting. Untuk sebagian besar (ada pengecualian) semakin besar akuarium untuk akuarium air asin, semakin baik.

Satu hal yang awalnya tidak dipahami oleh banyak aquarists air tawar adalah bahwa Anda tidak bisa memasukkan ikan air asin sebanyak mungkin ke dalam tangki berukuran tertentu seperti yang Anda lakukan di tangki air tawar. “Aturan praktis” air tawar untuk jumlah ikan dalam tangki adalah 1 “dari panjang tubuh ikan dewasa per 3 liter air” Aturan praktis “air asin adalah 1” ikan untuk setiap 15 Liter air tangki.

Substrat Aquarium laut

Kebanyakan akuarium air tawar menggunakan kerikil sebagai substrat. Di akuarium air asin, pasir atau karang yang dihancurkan digunakan sebagai substrat. Sementara kerikil akan bekerja di akuarium air asin untuk dasar filter biologis, pasir atau karang yang hancur bekerja lebih baik untuk berbagai makhluk (yaitu ikan dan invertebrata) yang akan menempati tangki terumbu. Karang yang hancur atau substrat lain yang mengandung kalsium juga akan membantu menstabilkan kualitas air.

Baca Juga:  Aquarium Laut, Panduan Dasar Membangun Aquarium Air Laut

 

Filter dan Filtrasi

Akuarium air asin membutuhkan lebih banyak filtrasi daripada akuarium air tawar. Umumnya, makhluk air asin membutuhkan kualitas air yang lebih baik daripada makhluk air tawar. Untungnya, tidak sulit untuk meningkatkan filtrasi akuarium air tawar untuk memenuhi persyaratan akuarium air asin.

Jika tangki air tawar Anda memiliki satu filter hang on tank (H.O.T.), cukup tambahkan satu lagi untuk menggandakan kapasitasnya. Sebagian besar, H.O.T. Filter hanya menyediakan filtrasi mekanis, menghilangkan partikel makanan yang tersuspensi dan kotoran lainnya dari air. Di akuarium air asin, batuan hidup yang dipasang sebagian besar aquarist air asin di tangki mereka menyediakan sebagian besar platform filtrasi biologis.

Filter tabung canister bekerja cukup baik di akuarium air laut. Canister memberikan fleksibilitas filtrasi yang cukup untuk memungkinkan aquarist menambah atau mengurangi pilihan filtrasi yang berbeda (mekanis, kimiawi dan biologis) dengan mengubah media dalam keranjang di dalam tabung agar sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga:  Cara Budidaya Karang Akuarium Laut di Rumah dengan Cepat

Under Gravel Filter (U.G.F.’s), yang masih digunakan di banyak pengaturan akuarium air tawar (dan bahkan air asin) dianggap sudah ketinggalan zaman, kecuali untuk aplikasi tertentu, seperti sistem yang membutuhkan aliran air rendah. U.G.F. membutuhkan sedikit perawatan agar tetap bersih dan bebas dari bahan tangki penghasil nitrat seperti makanan yang tidak dimakan dan detritus.

Pompa dan Powerhead Aquarium laut

Sebagian besar akuarium air tawar tidak menggunakan powerhead atau pompa untuk menimbulkan efek gelombang atau ombak, tetapi hampir semua pompa dan powerhead yang digunakan di akuarium cocok untuk air tawar atau air asin.

Lampu dan Pencahayaan

Lampu yang digunakan pada tangki biasanya adalah lampu Led yang akan bekerja dengan baik untuk tangki air asin khusus ikan atau hanya ikan dengan batuan hidup. Namun, Anda dapat mempertimbangkan untuk menambahkan Lampu biru royal marine.

Jika Anda berencana memiliki tangki terumbu, Anda perlu meningkatkan pencahayaan air tawar Anda untuk mengakomodasi karang dan beberapa invertebrata lain seperti anemon yang memerlukan cahaya berkualitas lebih tinggi dalam kisaran spektrum yang tepat. Kemunculan L.E.D. Penerangan untuk akuarium telah membuat pencahayaan tangki terumbu karang berkualitas tinggi tidak hanya memungkinkan tetapi juga hemat biaya (konsumsi daya rendah dan umur Lampu 50.000 jam).

Baca Juga:  Cara Setting Live Rocks di Akuarium Air laut untuk Hasil Optimal

 

Mengubah Aquascape Tawar: Pemanas Akuarium

Kemungkinan besar pemanas yang digunakan tidak perlu diganti, cukup pastikan peralatan ini dinilai aman untuk digunakan di air asin, terutama unit jenis kabel di bawah kerikil yang sering digunakan di akuarium tanaman air tawar.

Mengubah Aquascape Tawar: Dekorasi

Kecuali batu atau bebatuan besar, sebagian besar dekorasi akuarium air tawar tidak berguna di akuarium air asin. Kebanyakan ikan laut adalah “pemakan rumput” dan memiliki kecenderungan untuk menggigit segala sesuatu. Jenis batuan dan karang hias yang sesuai, baik non-hayati atau sintetis, umumnya digunakan untuk dekorasi tangki air laut jika Anda tidak berencana menambahkan batuan hidup dan / atau memelihara sistem terumbu karang.

Secara keseluruhan, konversi dari tangki air tawar ke tangki air laut tidak terlalu rumit. Tentu saja, perbedaan terbesar adalah kebutuhan untuk menambahkan garam laut ke dalam air untuk menciptakan lingkungan laut.

Barang tambahan yang dibutuhkan selain garam laut adalah hidrometer untuk mengukur salinitas, alat uji air, buku akuarium air asin, dan beberapa perlengkapan lainnya, tetapi dengan dapat menggunakan “beberapa” peralatan yang sudah Anda miliki, Anda siap untuk memulai aquarium air laut dengan cukup bagus.

Show More

Aquatic ID

Aquatic ID merupakan situs rintisan yang berusaha memberikan informasi detail mengenai berbagai seluk beluk aquascape dan segala peralatan pendukungnya. Semoga memberi manfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detect

Kami tumbuh dan besar dari advertising, Mohon non aktifkan adblocker pada browser.