AquascapeTips & Trick

Menjaga Akuarium dari Serangan Alga dengan 8 Langkah

8 Langkah Melawan dan Mencegah Alga Tumbuh di Akuarium

Menjaga Akuarium dari Serangan Alga dengan 8 Langkah. Alga dan akuarium menjadi dua hal yang nyaris selalu beriringan. Jumlah alga yang terlalu banyak bisa bersifat invasif dan merusak beberapa tanaman akuascape.

Mengontrol alga agar ekosistem tetap seimbang sangatlah penting agar akuarium tetap enak untuk dinikmati. berikut ini 8 Langkah mudah untuk menjaga Akuarium dari Serangan algae.

1. Kontrol Pemberian Makan Ikan

Salah satu waktu yang paling menyenangkan bagi penghobi baru adalah menyaksikan kesibukan di akuarium saat ikan menyantap makanan. Terkadang kita tergoda untuk memberi makan berlebihan, sebenanrnya tidak masalah jika ikan langsung menghabiskan dalam waktu 1 menit.

Masalahnya dimulai jika ada makanan berlebih, Makan berlebihan adalah sumber nutrisi alga yang paling umum, amonia dan fosfat. Alga berkembang biak dengan nutrisi yang dihasilkan dari makanan yang tidak dimakan dan kotoran ikan.

Banyak penghobi berpengalaman yang hanya memberi makan ikan sekali sehari – atau memberi makan porsi kecil 2-3 kali sehari untuk menjaga agar tanaman hijau yang tidak diinginkan tetap terkendali.

2. Kontrol Lampu

Menyalakan lampu akuarium terlalu lama akan mendorong pertumbuhan alga lebih cepat. Nyalakan lampu pada pengatur waktu untuk meniru jadwal siang / malam dan patuhi itu. Nyalakan lampu 8-10 jam per hari untuk akuarium yang ada tanaman 6-8 jam untuk akuarium yang hanya diisi ikan.

Baca Juga:  Tips Memilih Ikan Koi yang Bagus dan Berkualitas

3. Ganti Air Secara teratur

Di alam, arus hujan dan air menyegarkan kondisi air dengan mengencerkan dan membawa pergi nitrat (alias pupuk alga) sebelum menumpuk ke tingkat yang berlebihan. Namun, sistem akuarium di rumah yang tertutup membutuhkan penggantian air secara teratur untuk menghilangkan nutrisi berlebih.

Frekuensi ideal adalah 20% setiap minggu, tetapi untuk akuarium yang ikannya sedikit, cukup 30% setiap bulan. Ini juga merupakan kesempatan untuk menyedot semua lumpur dan tanaman mati di substrat.

4. Uji Air

Ini adalah praktik yang baik untuk menguji air keran sebelum diganti, karena air tersebut mungkin mengandung elemen yang mendorong alga langsung dari keran. Jika hasil tes menunjukkan tingkat fosfat yang signifikan atau elemen pemicu alga lainnya,usaha melawan alga melalui perubahan air akan sia-sia dan sebaiknya air di saring dengan filter ro dahulu.

3. Rawat Media Filter

Jauhkan nutrisi favorit alga dari akuarium dengan media pengontrol fosfat dan penguat biologis untuk sistem filtrasi Anda. Pilihan media filter yang tepat dapat membuat perbedaan besar dalam kadar fosfat. Produk Penghilang Karbon-Fosfat juga tersedia.

Karbon menjaga air Anda tetap jernih dan menghilangkan organik terlarut, fosfat menghilang, dan yang terbaik dari semuanya, begitu pula alga. Terakhir, gantilah media mekanis dan kimiawi sebulan sekali.

Baca Juga:  Panduan Aquascape Pemula Tips Dasar yang Harus Dipelajari

4. Pilih Senjata yang Tepat

Kontrol alga pada kaca dengan alat gosok kaca atau sikat akuarium yang banyak di jual. Atau, singkirkan ganggang yang tidak sedap dipandang dari perlengkapan, dekorasi, pompa, dan aksesori akuarium lainnya secara manual.

5. Perbanyak Tanaman

Semakin banyak tanaman di akuarium, semakin kecil kemungkinan ganggang untuk mengambil alih. Tanaman bersaing langsung dengan alga untuk mendapatkan cahaya dan nutrisi, dan tanaman paling sering menang jika diberi kondisi yang tepat. Untuk akuarium laut, pertimbangkan alga makro yang bermanfaat seperti Chaetomorpha ditempatkan di dalam refugium yang terhubung atau filter bah.

6. Alga Eater

Taruh beberapa ikan pemakan alga untuk melakukan tugas pembersihan. Sementara banyak Plecos pemakan ganggang tumbuh terlalu besar untuk akuarium kecil, Lele Dwarf Otocinclus memiliki ukuran yang tepat.

Pekerja tangguh ini tampaknya sibuk tanpa henti, mencari tanaman dengan sedikit ganggang untuk dimakan. Ikan lele kecil lainnya, Cory Cat, berpatroli di dasar akuarium, menyedot sisa makanan ikan sebelum membusuk dan berubah menjadi amonia dan nitrit yang berbahaya.

Untuk akuarium laut, pertimbangkan Paket Klan Terumbu Karang. Paket praktis ini memberikan solusi alami dan efektif bagi para penghobi akuarium laut.

Baca Juga:  Pencahayaan Aquascape, Menghitung Kebutuhan Lampu Aquascape

7. Ketahui karakter Alga

Alga Karpet Hijau, yang menutupi kaca dan strukturnya relatif mudah dibersihkan karena kita memiliki senjata paling banyak untuk memeranginya, termasuk: scrubber alga, dan lele dan invertebrata pemakan alga.

Alga Rambut Hijau lebih keras kepala, dan bahkan ikan lele dan pleco tidak mau memakannya. Sekali lagi, perlindungan terbaik dimulai dengan kualitas air sehingga tidak perlu menyingsingkan lengan baju buat bersih-bersih manual.

Beard Algae adalah momok hitam bagi penghobi aquascape. Invasi besar-besaran oleh tamu yang tidak sedap dipandang ini hanya dapat diatasi dengan memangkas daun yang tertutup dan menghilangkan kayu apung yang terkena.

8. Sedikit Alga masih Bisa Ditoleransi

Luangkan waktu sejenak untuk duduk dan melihat akuarium yang Anda tanam. Apakah itu terlihat alami? Apakah ada sedikit warna hijau yang menutupi kayu atau bebatuan yang membuat struktur berbaur dengan taman bawah air?

Jika tidak menutupi kaca atau mencekik daun tanaman Anda, tidak ada alasan untuk panik. Alga mungkin tidak sedap dipandang, tetapi sebenarnya ia mengonsumsi nutrisi berlebih dan menyediakan oksigen. Tidak ada yang “memenangkan” pertempuran melawan ganggang. Sukses adalah menemukan keseimbangan alami dalam ekosistem tertutup Anda.

Show More

Aquatic ID

Aquatic ID merupakan situs rintisan yang berusaha memberikan informasi detail mengenai berbagai seluk beluk aquascape dan segala peralatan pendukungnya. Semoga memberi manfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detect

Kami tumbuh dan besar dari advertising, Mohon non aktifkan adblocker pada browser.