Aquascape

Pemupukan Pada Aquascape, Kapan Waktu yang Tepat?

Waktu Pemupukan yang Tepat Setelah Setting Awal Aquascape

Pemupukan pada Aquascape. Banyak pertanyaan yang menyertai aquascaper pemula tentang kapan waktu ideal pemberian pupuk setelah setting aquascape. Sebenarnya Soil komersial yang banyak digunakan untuk aquascape sudah memiliki beberapa nutrisi yang diperlukan oleh tanaman.

Namun biasanya soil aquascape mempunyai cukup kandungan nutrisi nitrat dan amonia namun kurang diperkaya oleh potasium dan magnesium yang mudah terdegradasi di bawah air.

Selain itu, tanaman yang baru ditanam biasanya mengalami stress dan adaptasi sehingga sistem perakaran belum optimal untuk mampu menyerap nutrisi dalam soil. Pemberian nutrisi melalui kolom air bisa membantu tanaman menyerap nutrisi melalui daun dan batang sehingga pertumbuhannya lebih stabil.

pada 2 bulan pertama adalah masa dimana tanaman pada aquascape membutuhkan perawatan yang intensif. terutama asupan CO2 dan nutrisi.

Baca Juga:  PH Air Aquascape, Konsep Dasar dan Panduan PH yang Tepat

Berikut adalah langkah-langkah yang wajib dilakukan dalam 2 bulan pertama, terutama dalam hal pemupukan pada aquascape

  • 50% isi air di ganti setiap 1 kali dalam seminggu karena penggantian air secara berkala bermanfaat untuk cara mengurangi kadar NH4 di dalam aquarium dan tidak mudah terserang lumut. Suhu air yang baik berkisar 25-27 °C, gunakanlah fan bila di perlukan.
  • Pemupukan pada aquascape di lakukan sebelum lampu dinyalakan atau pada saat awal lampu menyala, karena pada saat itu stomata daun membuka sehingga efektif untuk menyerap nutrisi dan proses fotosintesis. Nyalakan lampu 6 sampai 9 jam sehari. Untuk memudahkan, gunakanlah timer agar pencahayaannya konstan setiap harinya, serta menyesuaikan waktu anda untuk menikmati aquascape anda.
  • Setelah lewat seminggu, fauna boleh dimasukan ke dalam tank. Kenapa harus menunggu seminggu? Hal ini dilakukan guna mencegah rusaknya tanaman karena akar dari tanaman tersebut belum bertumbuh secara maksimal. Setelah fauna dimasukkan jangan diberi makan terlebih dulu, biarkan ikan/udang merasa lapar sehingga mereka memakan semua algae pada daun dan berdampak pada kebersihan tank.
  • Ikan bisa ditambahkan di minggu ketiga, namun harus sesuai dengan kapasitas akuarium dan jangan berlebihan. Ikan bisa diberi pakan dan usahakan habis dalam waktu 5 menit, jika pakan berlebih buanglah dengan cara disedot menggunakan selang agar tidak berimbas pada kualitas air.
Baca Juga:  Pupuk Aquascape, Kandungan Pupuk dan Cara Menggunakanya

Gunakan pupuk cair dengan komposisi makro dan mikro yang seimbang. Sebab ada beberapa kandungan pupuk yang mudah terurai dalam air terutama pupuk yang mengandung magnesium dan potasium wajib ada.

Show More

Aquatic ID

Aquatic ID merupakan situs rintisan yang berusaha memberikan informasi detail mengenai berbagai seluk beluk aquascape dan segala peralatan pendukungnya. Semoga memberi manfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detect

Kami tumbuh dan besar dari advertising, Mohon non aktifkan adblocker pada browser.